KONTRIBUSI PBI FKIP UNTIDAR DALAM PROGRAM KAMPUS MENGAJAR PERINTIS (KMP)

0
292

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Untidar kembali menunjukkan prestasinya melalui Program Kampus Mengajar Perintis (KMP). Sebanyak 5 mahasiswa semester 5 atas nama Paramita Dewi Fortuna, Miftachul ‘Ulum, Indah Sekar Pertiwi, Elma Eskarina, dan Muhamad Reza Dewantara berhasil lolos seleksi program KMP yang dilaksanakan atas kerja sama Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Di bawah bimbingan Bapak Taufik Arochman, M.Pd. sebagai dosen pembimbing, kelima mahasiswa ini akan turut berperan dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar yang terletak di sekitar desa atau kota tempat tinggal mereka. Selain kelima mahasiswa PBI ini, ada 20 mahasiswa FKIP yang juga akan berpartisipasi dalam program KMP ini. Mereka berasal dari program studi Pendidikan Biologi (5), Pendidikan IPA (5), Pendidikan Matematika (5), dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (5).

Program ini akan dilaksanakan selama 3 bulan dengan 65 hari efektif yang berekuivalen dengan 15 jam per minggu dan minimal 5 SKS. Nantinya para mahasiswa ini akan membantu para guru dan kepala sekolah dalam proses pembelajaran baik secara daring maupun luring sesuai dengan kebutuhan sekolah yang ditugaskan kepada mahasiswa dan kondisi protokol kesehatan di lapangan.

Program KMP ini merupakan salah satu kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai upaya meningkatkan efektifitas proses pembelajaran selama masa darurat pandemi Covid-19. Kurangnya kesempatan mengasah kemampuan interpersonal dan kepemimpinan yang dimiliki mahasiswa selama pembelajaran daring menjadi salah satu faktor utama yang mendorong diluncurkannya program ini. Melalui program ini, diharapkan mahasiswa akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dapat mengembangkan jiwa kepemimpinan, karakter, serta kemampuan mengajarnya.

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY