Pelaksanaan Program PDS dan SPADA

0
59

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNTIDAR tahun ini mendapatkan hibah Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) dan Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA). Kedua hibah program ini melibatkan semua program studi di FKIP UNTIDAR.

Hibah program PDS merupakan penugasan kepada dosen di sekolah untuk membina sekolah supaya terdapat keselarasan antara sekolah dan universitas. Menurut Widya Ratna Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd., M.Ed., salah satu latar belakang program PDS ini adalah karena adanya gap yang cukup besar antara sekolah dan universitas. Program PDS menjadi salah satu sarana kolaborasi antara sekolah dan universitas dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sementara itu pelaksanaan SPADA terbagi menjadi beberapa program, yaitu blended learning, pembelajaran daring (online), dan pembelajaran terbuka. Beberapa mata kuliah yang menggunakan  pembelajaran blended learning  adalah Public Speaking, Quantitative Research Methods in Language Education, dan Perkembangan Peserta Didik. Mata kuliah yang menggunakan daring  adalah Pengantar Pendidikan dan Profesi Kependidikan. Mata kuliah yang menggunakan pembelajaran terbuka adalah Educational Statistics, Psikologi Pendidikan, Kewirausahaan, dan Qualitative Research Methods. Menanggapi hal ini Dr.Ericka Darmawan, M.Pd. menjelaskan bahwa pelaksanaan program SPADA di UNTIDAR telah diintegrasikan dengan sistem pembelajaran daring dari UNTIDAR yaitu ELITA. (FR)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY