Prodi PBSI FKIP UNTIDAR Gelar Pengabdian Masyarakat di SMK Kota Magelang

0
71

Rabu (10/8) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar melaksanakan pengabdian masyarakat di SMK Yudha Karya Magelang dan SMK Adipura Magelang. Acara diselenggarakan secara daring untuk mematuhi protokol kesehatan.

Sasaran pengabdian ini adalah para siswa SMK. Adanya isu demonstrasi yang dilakukan oleh siswa yang berujung tindakan anarkis membuat tim pengabdian tergerak untuk membuat kegiatan yang dapat memberikan pendidikan politik bagi siswa. Kegiatan ini dirasa penting guna memberikan pendidikan demokrasi secara beradab bagi warga negara berusia muda.

Pengabdian masyarakat ini menjadi bagian dari Tridharma perguruan tinggi yang diselenggarakan dengan dana bantuan DIPA Universitas Tidar. Pengadian yang dimotori oleh Achmad Busrotun Nufus, S.Pd., M.Pd. dan Delfiyan Widiyanto, S.Pd., M.Pd. ini mengangkat tema “Aksi Demonstrasi Pelajar Indonesia”. Kegiatan pengabdian terdiri dari dua tahap, yaitu konseling kepada siswa dan seminar pendidikan politik generasi muda. Kegiatan pengabdian diikuti oleh guru pengampu mata pelajaran Bimbingan Konseling, guru pengampu mata pelajaran PPKn, dan siswa SMK Yudha Karya serta SMK Adipura.

Hasil dari Pelaksanaan pengabdian masyarakat berupa penyegaran dan penambahan pengetahuan tentang pendidikan politik untuk generasi muda yang tidak diajarkan secara penuh dalam mata pelajaran PPKn. Selain itu, tahapan konseling bisa membantu siswa untuk memahami tentang dirinya sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.(Delfiyan)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY