Prodi PBSI FKIP UNTIDAR Gelar Pengabdian Masyarakat Secara Daring

0
84

Rabu (5/8) program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar melaksanakan pengabdian masyarakat di MTs Negeri dan Swasta se-Kecamatan Windusari dan Bandongan. Acara diselenggarakan secara daring untuk mematuhi protokol kesehatan.

Pengabdian masyarakat tersebut disambut dengan baik oleh Drs. Ahmad Zaeni Riyadi Budiyuwono, M.Pd. selaku Kepala Sekolah MTs N 3 Kabupaten Magelang. Zaeni menyampaikan bahwa pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Prodi PBSI diharapkan bisa menambah pengetahuan dan keterampilan bagi para guru. “Pengabdian ini juga bermanfaat untuk para bapak dan ibu guru ketika membuat instrumen penilaian dan menyusun karya tulis ilmiah,” ujar Zaeni.

Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bentuk pengamalan tridharma perguruan tinggi yang dilaksanakan para dosen UNTIDAR. Pengabdian ini diselenggarakan dengan dana dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau DIPA Universitas Tidar. Pengabdian ini terlaksana atas kerja sama antara FKIP Universitas Tidar dengan Kementerian Agama Kabupaten Magelang.

Kegiatan pengabdian masyarakat diawali dengan sambutan Dr. Farikah, M.Pd selaku Wakil Dekan I FKIP Untidar dan  H. Fatchur Rochman, M.Pd.I. selaku Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang.

Pengabdian dilakukan oleh dua kelompok dengan tema yang berbeda. Kelompok pertama terdiri dari  Delfiyan Widiyanto, S.Pd., M.Pd, Novitasi, S.Pd., M.Pd., dan Yasnanto, S.IP., M.Pd. dengan tema “Pengabdian Masyarakat: Evaluasi Penilaian Proses dan Hasil Belajar”. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tiga tahap yaitu seminar, pendampingan, dan penugasan mandiri. Pengabdian kelompok pertama diikuti oleh 55 guru yang berasal dari MTs N 3 Magelang, MTs Nu Ma’arif Banjarsari, MTs Al Huda Wonoroto, MTs Nur Huda Tanjung Sari, MTs Al Fatah Ngemplak, MTs Al Munir Bandongan, MTs Ma’arif Rejosari, MTs Roudlotuddin Salamkanci  dan MTs Al Wasliyah.

Pengabdian kelompok kedua diisi oleh Herpindo, S.Pd., M.Hum. dan Susanti Malasari, M.Hum. dengan mengankat tema “Penulisan Karya Ilmiah”. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tiga tahap, yaitu seminar, pendampingan, dan penugasan mandiri. Pengabdian kelompok pertama diikuti oleh 56 Bapak/Ibu yang berasal dari MTs N 3 Magelang, MTs Nu Ma’arif Banjarsari, MTs Al Huda Wonoroto, MTs Nur Huda Tanjung Sari, MTs Al Fatah Ngemplak, MTs Al Munir Bandongan, MTs Ma’arif Rejosari, MTs Roudlotuddin Salamkanci  dan MTs Al Wasliyah.

Melalui program pengabdian masyarakat ini, diharapkan para guru bisa pengetahuan terkait evaluasi proses belajar dan penulisan karya ilmiah. Adanya penugasan selama pengabdian berlangsung diharapkan juga bisa memberikan gambaran hasil dari pelatihan yang sudah dilaksanakan (Delfiyan W.)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY