Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Pendidikan IPA

Ketua : Harsi Admawati, S.Pd., M.Pd.

Deskripsi singkat      :

Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Pendidikan IPA melakukan koordinasi serta melaksanakan kegiatan pengembangan dan penerapan IPTEK pada Program Studi S1 Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Tidar. KBK Pendidikan IPA menaungi beragam minat serta keahlian dosen. Selain itu, KBK mengelompokkan dosen-dosen dengan minat sejenis sehingga dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara optimal. KBK Pendidikan IPA berfungsi mengatur regulasi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara berkelompok sesuai bidang keahlian. Program Studi S1 Pendidikan IPA, FKIP Universitas Tidar memiliki empat KBK utama sebagai berikut.

KBK Pembelajaran IPA berbasis Kearifan Lokal

KBK ini mewadahi minat dan keahlian para dosen di bidang Pembelajaran IPA berbasis Kearifan Lokal. Kearifan lokal Indonesia menjadi bahan kajian dalam penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

Nama anggota KBK:

  1. Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
  2. Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
  3. Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.

KBK Keterampilan Berpikir dan Model Kognitif dalam Pendidikan IPA

Minat dan keahlian dosen dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat terkait keterampilan berpikir dan model kognitif dalam Pendidikan IPA diwadahi dalam KBK ini. Bahan kajian ini penting untuk menjawab tantangan-tantangan yang hadir seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nama anggota KBK:

  1. Siswanto, S.Pd., M.Pd.
  2. Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
  3. Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
  4. Agista Sintia Dewi Adila, M.Pd.

KBK Penilaian dan Asesmen dalam Pembelajaran IPA

KBK ini mewadahi minat dan keahlian dosen Pendidikan IPA pada segi penilaian dan asesmen dalam pembelajaran IPA. Bahan kajian tersebut menjadi topik utama pelaksanaan penelitian, pengajaran, serta pengabdian kepada masyarakat. Penilaian dan asesmen dalam pembelajaran IPA menjadi elemen evaluasi dan tindak lanjut sehingga upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPA dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Nama anggota KBK:

  1. Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
  2. Ismun Nisa Nadhifah, M.Pd
  3. Dea Santika Rahayu, M.Pd.

KBK Inovasi Pendekatan, Model, dan Strategi dalam Pendidikan IPA

Minat dan keahlian dosen pada inovasi pendekatan, model, dan strategi dalam pendidikan IPA diwadahi dalam KBK ini. Inovasi pendekatan, model, dan strategi menjadi bahan kajian penting dalam penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada Masyarakat karena perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam Pendidikan IPA semakin cepat terjadi.

Nama anggota KBK:

  1. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
  2. Harsi Admawati, M.Pd.
  3. Ayu Lestari, M.Pd.