Profile

PROFIL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA PROGRAM MAGISTER

LATAR BELAKANG

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 279/KPT/I/2017. Pendirian program studi ini bertujuan memperkuat dan mendukung peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidik, khususnya guru bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan menengah, pengawas, dan calon dosen program studi pendidikan bahasa Indonesia program sarjana.

TUJUAN

Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister FKIP UNTIDAR bertujuan menghasilkan lulusan dengan karakteristik sebagai berikut:

  • Memiliki pemahaman mendalam tentang paradigma keilmuan dan pengajaran di bidang bahasa-susastra Indonesia.
  • Memiliki keterampilan pokok dalam melakukan interaksi atau negosiasi dalam pengajaran bahasa Indonesia.
  • Memiliki kecakapan akademik dalam merespon tantangan dan permasalahan di bidang pendidikan bahasa Indonesia sehingga dapat menjawab perubahan-perubahan dunia di bidang pendidikan.
  • Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang hasilnya dapat diimplementasikan secara nyata pada bidang pendidikan bahasa Indonesia, dapat dipublikasi dalam skala nasional dan internasional, dan dihilirisasi pada dunia usaha dan industri.
  • Merealisasikan kerja sama dengan stake holder baik institusi pendidikan maupun nonpendidikan dalam skala Asia Tenggara di bidang akademik, kolaborasi penelitian, dan kerja sama implementasi hasil penelitian.
  • Menghasilkan sistem tata kelola dan layanan akademik yang profesional dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku.

PROFIL LULUSAN

  • Memiliki pemahaman mendalam tentang paradigma keilmuan dan pengajaran di bidang bahasa-susastra Indonesia.
  • Memiliki keterampilan pokok dalam melakukan interaksi atau negosiasi dalam pengajaran bahasa Indonesia.
  • Memiliki kecakapan akademik dalam merespon tantangan dan permasalahan di bidang pendidikan bahasa Indonesia sehingga dapat menjawab perubahan-perubahan dunia di bidang pendidikan.
  • Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang hasilnya dapat diimplementasikan secara nyata pada bidang pendidikan bahasa Indonesia, dapat dipublikasi dalam skala nasional dan internasional, dan dihilirisasi pada dunia usaha dan industri.
  • Merealisasikan kerja sama dengan stake holder baik institusi pendidikan maupun nonpendidikan dalam skala Asia Tenggara di bidang akademik, kolaborasi penelitian, dan kerja sama implementasi hasil penelitian.
  • Menghasilkan sistem tata kelola dan layanan akademik yang profesional dengan prosedur yang rasional, transparan, dan baku.