Butir | Rincian |
– | SK ijin operasional PS |
| SK dan sertifikat akreditasi PS sebelumnya |
1,1 | · Dokumen renstra dan renop PS |
| · SK tim akreditasi/taskforce |
| · Dokumen mekanisme penyusunan visi keilmuan dan tujuan PS (daftar hadir, notulen rapat, keterlibatan para pemangku kepentingan, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat) |
| · Dokumen penyusunan visi keilmuan dan keselarasan dengan visi kelembagaan UPPS dan PT. |
| · Instrumen, pelaksanaan dan hasil survei visi keilmuan dan tujuan PS. |
| · Dokumen strategi pencapaian visi keilmuan dan tujuan PS. |
| SK penetapan visi keilmuan PS |
2,1 | · Dokumen mekanisme pemilihan pimpinan PS dan UPPS |
| · Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan. |
| · Dokumen sistem tata pamong |
| · Dokumen struktur organisasi, uraian tugas, dan tanggung jawab (job description) |
| · Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan |
| · Dokumen renstra dan renop PS |
| · Dokumen SOP |
2,3 | · Dokumen tentang jaminan mutu, struktur organisasi, uraian tugas dan tanggung jawab, dan dokumen mutu. |
| · Dokumen hasil audit mutu internal |
| · Dokumen monev hasil penjaminan mutu |
| · Dokumen bukti tindak lanjut temuan |
| · Dokumen terlaksananya siklus PPEPP dan pelaksanaan penjaminan mutu. |
3,1 | · Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi: |
| 1. Kebijakan penerimaan mahasiswa baru |
| 2. Kriteria penerimaan mahasiswa baru |
| 3. Instrumen penerimaan mahasiswa baru |
| 4. Sistem pengambilan keputusan |
| · Dokumen upaya peningkatan animo calon mahasiswa dalam negeri dan luar negeri. |
| · Dokumen data mahasiswa reguler 5 tahun terakhir |
| · Daftar lulusan dalam 5 tahun terakhir termasuk IPK lulusan. |
| · Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penerimaan mahasiswa baru. |
3,2 | · Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa. |
| · Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain: |
| 1. Minat dan bakat |
| 2. Bimbingan konseling |
| 3. Pembinaan softskill |
| 4. Keprofesian |
| 5. Beasiswa |
| 6. Kesehatan |
| · Dokumen kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan. |
| · Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan. |
| Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan program layanan dan pembinaan mahasiswa. |
4.1 dan 4.2 | · Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan. |
| · Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan. |
| · Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan. |
| · Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan. |
| · Data dosen homebase, DTPS dan tenaga kependidikan. |
| · Dokumen sertifikat pendidikan, ijazah pendidikan terakhir, dan jabatan fungsional dosen dan tenaga kependidikan. |
| · Data beban kerja dosen tetap pada tahun akademik terakhir (TS). |
| · Data kegiatan mengajar dosen tetap pada semester gasal dan genap pada TS. |
| · Data jumlah bimbingan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi dosen dalam 3 tahun terakhir. |
| · Data prestasi/rekognisi DTPS baik ditingkat internasional, nasional, dan lokal dalam 3 tahun terakhir. |
| · Dokumen bukti prestasi/rekognisi DTPS |
| · Data prestasi dan dokumen bukti prestasi tenaga kependidikan dalam 3 tahun terakhir. |
| · Data pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan. |
| Dokumen bukti pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan. |
5,1 | · Dokumen bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana. |
| · Data penggunaan dana pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi, prasarana dan sarana pendidikan dalam 3 tahun terakhir. |
| · Data rincian dana penelitian dalam 3 tahun terakhir |
| · Data rincian dana pengabdian kepada masyarakat (PkM) dalam 3 tahun terakhir. |
| · Dokumen pengelolaan dana |
| · Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan dana dan administrasi umum. |
5,2 | · Daftar inventaris prasarana dan sarana pembelajaran baik di PS, UPPS dan PT. |
| · Dokumen kondisi dan kualitas prasarana dan sarana |
| · Dokumen bukti penggunaan prasarana dan sarana |
| · Dokumen bukti aksesibilitas prasarana dan sarana dalam kegiatan perkuliahan, pembimbingan, ujian, seminar, lokakarya dan lain-lain. |
| · Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan prasarana dan sarana. |
6,1 | · Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum |
| · Dokumen analis dan evaluasi pemutakhiran kurikulum |
| · Bukti keterlibatan berbagai pihak (dosen, mahasiswa, alumni, stakeholder, asosiasi, kesepakatan prodi sejenis) dalam pengembangan kurikulum PS. |
| · Dokumen kurikulum (profil lulusan, CPL, bidang kajian, daftar mata kuliah, dan perangkat pembelajaran) |
| · RPS mata kuliah |
| · Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir untuk lima mata kuliah keahlian berikut RPS. |
| · Dokumen bukti dukungan UPPS dalam pengembangan kurikulum PS |
| · Dokumen bukti kurikulum mendukung kebijakan MBKM |
| · Dokumen evaluasi peningkatan kualitas kurikulum PS. |
| · Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan kurikulum PS. |
6,2 | · Dokumen pelaksanaan tridarma |
| · Dokumen tentang kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan |
| · Dokumen sistem pengembangan suasana akademik |
| · Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pembelajaran. |
| · Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian dan PkM. |
6.2.2 | · Data hasil penelitian dan PkM yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran. |
| · Dokumen bukti integrasi |
6.2.3 | · Dokumen mekanisme monitoring perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa) |
| · Data dan bukti hasil monitoring perkuliahan |
| · Dokumen tindak lanjut hasil monitoring perkuliahan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. |
6,3 | · Dokumen panduan penilaian pembelajaran |
| · Dokumen pelaksanaan penilaian pembelajaran sesuai yang ditetapkan dalam kurikulum. |
| · Dokumen sistem informasi dalam proses penilaian pembelajaran. |
6,4 | · Dokumen tertulis terkait pembelajaran mikro dan teknis pelaksanaannya. |
| · Bukti ketersediaan dan kelayakan prasarana dan sarana dalam pembelajaran mikro. |
| · Instrumen penilaian pembelajaran mikro |
| · Dokumen bukti pelaksanaan pembelajaran mikro |
| · Data rekaman pembelajaran mikro |
6.5.2.1 | · Dokumen bukti pembimbingan akademik, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan. |
| · Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan akademik. |
6.5.2.3 | · Dokumen bukti pembimbingan magang kependidikan, topik bimbingan, jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan. |
6.5.2.5 | · Dokumen panduan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi |
| · Dokumen bukti pembimbingan tugas akhir/skripsi, tesis dan disertasi. |
| · Data jumlah mahasiswa bimbingan dan frekuensi pertemuan dalam 3 tahun terakhir di semua PS. |
| · Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi. |
6.6.2.1 | · Dokumen kegiatan akademik diluar perkuliahan yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS. |
| · Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan |
6.6.2.2 | · Dokumen kegiatan dosen tamu dan tenaga ahli yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS. |
| · Dokumen laporan pelaksanaan kegiatan. |
6,7 | · Instrumen survei kepuasan mahasiswa dalam kinerja mengajar, layanan administrasi akademik, dan prasarana dan sarana. |
| · Dokumen pelaksanaan survei kepuasan mahasiswa |
| · Hasil survei kepuasan mahasiswa |
| · Dokumen tidak lanjut pengukuran kepuasan mahasiswa |
7,1 | · Dokumen pedoman penelitian |
| · Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian |
7.2.1 | · Hasil penelitian (rekapitulasi judul dan dokumen laporan penelitian) yang tertulis dalam LED. |
7.2.2 | · Data penelitian yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir. |
| · Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam penelitian. |
8,1 | · Dokumen pedoman pengabdian kepada masyarakat |
| · Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pengabdian kepada masyarakat. |
8.2.1 | · Hasil pengabdian kepada masyarakat (rekapitulasi judul dan dokumen laporan PkM) yang tertulis dalam LED. |
8.2.2 | · Data PkM yang melibatkan mahasiswa dalam 3 tahun terakhir |
| · Dokumen bukti keterlibatan mahasiswa disertai deskripsi kegiatan dalam PkM. |
9.1.2.1 | · Data lulusan dalam 3 tahun terakhir |
| · IPK lulusan (minimum, maksimum, dan rata-rata) |
9.1.2.2 | · Data prestasi (juara 1, juara 2, juara 3, dan harapan 1) mahasiswa dalam 3 tahun terakhir |
| · Dokumen bukti prestasi mahasiswa |
9.1.2.3 | · Data mahasiswa yang diterima dan lulus sesuai yang tertulis pada LED. |
| · Dokumen bukti kelulusan dan keberhasilan studi |
| · Dokumen sistem informasi terkait kelulusan tepat waktu dan keberhasilan studi. |
9.1.2.4 | · Dokumen tertulis pelacakan lulusan |
| · Instrumen pelacakan lulusan |
| · Data lulusan dan lulusan yang terlacak sesuai yang tertulis pada LED. |
| · Dokumen bukti pelacakan lulusan dan hasilnya. |
| · Dokumen sistem informasi dalam kegiatan pelacakan lulusan. |
9.1.2.5 | · Data hasil pelacakan lulusan berdasarkan tingkat relevansi pekerjaan sesuai yang tertulis pada LED. |
9.1.2.6 | · Instrumen survei kepuasan pengguna lulusan |
| · Dokumen pelaksanaan dan hasil survei tingkat kepuasan pengguna lulusan. |
| · Dokumen tindak lanjut yang dilakukan UPPS/PS sesuai jenis kemampuan dan tingkat kepuasan pengguna. |
| · Dokumen sistem informasi dalam survei tingkat kepuasan pengguna lulusan. |
9.2.2.1 | · Artikel ilmiah (rekapitulasi judul dan dokumen artikel/tautan) yang jumlahnya tertulis dalam LED. |
9.2.2.2 | · Dokumen sitasi publikasi ilmiah |
9.2.2.3 | · Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang diadopsi masyarakat. |
| · Dokumen bukti adopsi |
9.2.2.4 | · Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang ber-HKI atau Paten. |
| · Dokumen bukti adopsi yang sah (dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan HAM atau pihak lain yang berwenang) |
Dokumentasi Video/Live | · Fasilitas laboratorium, ruang kelas, perpustakaan, pengelola sistem informasi, ruang dosen, ruang tenaga kependidikan, fasilitas umum, dan fasilitas pendukung lainnya. |