VISI KEILMUAN
Menjadi Program Studi Magister yang unggul dalam mengembangkan Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan pemikiran kritis berwawasan nilai nilai kewirausahaan dan kearifan lokal.
PROFIL LULUSAN S2 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Setiap lulusan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris dapat menjalankan peran profesional sebagai:
- Pengajar Bahasa Inggris pada jenjang Sarjana, Diploma, SMA/Sederajat, dan SMP/Sederajat
- Peneliti bidang Pendidikan Bahasa Inggris
- Pengelola lembaga/Satuan Pendidikan
- Edutechnopreneur Bidang Pendidikan bahasa Inggris
Tabel 1. Profil Lulusan Magister PBI
Profil | Deskripsi |
Pendidik Bahasa Inggris pada jenjang Sarjana, Diploma, SMA/Sederajat, dan SMP/Sederajat | Dosen Pendidikan Bahasa Inggris pada jenjang Sarjana maupun Diploma dan/atau guru Bahasa Inggris pada jenjang SMA/Sederajat maupun SMP/Sederajat yang menguasai teori dan implementasi pengajaran Bahasa Inggris, mengembangkan pengajaran Bahasa Inggris dengan melakukan riset yang inovatif dan teruji, memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan pendekatan inter/multidisipliner, mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam menunjang pembelajaran Bahasa Inggris, serta berjiwa kepemimpinan pendidikan. |
Peneliti bidang Pendidikan Bahasa Inggris | Peneliti bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang menguasai metodologi penelitian, memahami problematika Pendidikan Bahasa Inggris, dan mampu mengintegrasikan penggunaan teknologi dalam penelitian, serta memiliki kemampuan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam forum ilmiah dan jurnal berstandar nasional maupun internasional. |
Pengelola lembaga/satuan pendidikan | Pengelola lembaga/satuan pendidikan yang memiliki kemampuan manjerial yang mumpuni, kemampuan menganalisis masalah dan memberikan solusi yang tepat dan efisien. |
Wirausahawan (Edutechnopreneur) Bidang Pendidikan Bahasa Inggris | Magister pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, tanggung jawab sebagai wirausahawan di bidang pendidikan Bahasa Inggris yang menguasai dan mampu menerapkan prinsip-prinsip pengembangan program, mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan meningkatkan secara berkelanjutan, serta memasarkan program-program layanan pendidikan Bahasa Inggris dan inovasi bisnis berbasis teknologi untuk kesejahteraan masyarakat. |
Tabel 2. Capaian Pembelajaran
No | Capaian Pembelajaran (CP) | Sumber Acuan |
I | Aspek Sikap | Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi |
I.1 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | ||
I.2 menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; | ||
I.3 berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | ||
I.4 berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | ||
I.5 menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | ||
I.6 bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | ||
I.7 taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | ||
I.8 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | ||
I.9 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan | ||
I.10 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | ||
II | Aspek Pengetahuan | Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Surat Keputusan NO. 075/APSPBI/VII/2021 Tentang Capaian Pembelajaran Program StudiĀ Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
II.1 menguasai konsep teoritis dan memiliki kemampuan profesional dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris; | ||
II.2 menguasai konsep pengetahuan bidang studi Bahasa Inggris yang terkait dengan tugasnya sebagai pendidik Bahasa Inggris di perguruan tinggi; | ||
II.3 menguasai konsep dasar pedagogi yang terkait dengan tugasnya; | ||
II.4 menguasai konsep teoritis pedagogik dan konsep dasar teoritis pengetahuan bidang studi Bahasa Inggris yang sesuai dengan tugasnya; | ||
II.5 menguasai konsep, prinsip dan aplikasi berbagai metode pembelajaran inovatif khususnya beorientasi pada kecakapan hidup; | ||
II.6 menguasai prinsip, konsep, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran; | ||
II.7 menguasai pengetahuan faktual dan prosedural tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan Bahasa Inggris; dan | ||
II.8 mengembangkan model pembelajaran yang inovatif berbasis TIK yang menarik dan up to date. | ||
III | Aspek Keterampilan Umum | Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi |
III.1 mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional; | ||
III.2 mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; | ||
III.3 mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; | ||
III.4 mampu mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; | ||
III.5 mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; | ||
III.6 mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; | ||
III.7 mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan | ||
III.8 mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | ||
IV | Aspek Keterampilan Khusus | Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Surat Keputusan NO. 075/APSPBI/VII/2021 Tentang Capaian Pembelajaran Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
IV.1 memiliki pengetahuan pedagogik terkait dengan lingkup pembelajaran dan pendidikan Bahasa Inggris; | ||
IV.2 mampu merancang, melaksanakan dan menilai proses pembelajaran yang saintifik, inspiratif, inovatif, menantang, menyenangkan dan memotivasi dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks dan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu pendidikan tinggi; | ||
IV.3 mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif; | ||
IV.4 mampu melakukan riset tingkat madya dengan menggunakan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternative pemecahan masalah Bahasa Inggris dan kependidikan Bahasa Inggris; | ||
IV.5 mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas dan lembaga pendidikan tinggi yang menjadi tanggung jawabnya; | ||
IV.6 mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan; | ||
IV.7 mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji; | ||
IV.8 mampu menjalin hubungan professional dan interpersonal secara konstruktif dan bertanggung jawab untuk membantu menyelesaikan persoalan pendidikan dan pembelajaran baik secara individu maupun kelompok; | ||
IV.9 mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, serta membangun hubungan interpersonal dan intrapersonal yang produktif; | ||
IV.10 mampu merencanakan karirnya sendiri baik dibidang Pendidikan maupun kewirausahaan Pendidikan; dan | ||
IV.11 terampil dalam mengintegrasikan TIK baik dalam bidang pembelajaran maupun dalam mengembangkan kewirausahaan Pendidikan. |
Tabel 3. Struktur Kurikulum
No | Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS | Body of Knowledge |
1 | KBG601 | Technology for Language Teaching and Learning | 3 | Utama |
2 | KBG602 | Curriculum and Instructions | 3 | Utama |
3 | KBG603 | Research Methods in Language Education | 3 | Utama |
4 | KBG604 | Second Language Acquisition | 2 | Utama |
5 | KBG605 | Entrepreneurship in ASEAN Economic Community | 2 | Lainnya |
6 | KBG606 | TEFL: Theory, Practice, and Research | 2 | Utama |
7 | KBG607 | Statistics for ELT Research | 3 | Utama |
8 | KBG608 | Analysis of Pedagogical Discourse | 2 | Utama |
9 | KBG710 | Current Issues in Language Teaching | 3 | Utama |
10 | KBG711 | Discourse Studies | 3 | Utama |
11 | KBG712 | Sociolinguistics in Language Teaching | 3 | Utama |
12 | KBG713 | Corpus Linguistics in Language Teaching | 3 | Utama |
13 | KBG714 | Entrepreneurship in Practice | 2 | Lainnya |
14 | KBG715 | Assessment in Language Teaching | 3 | Utama |
17 | KBG716 | Educational Management & Supervision | 3 | Utama |
18 | KBG617 | English Education Policy* | 3 | penunjang |
19 | KBG618 | English Across Curriculum * | 3 | penunjang |
20 | KBG619 | Digital Business * | 3 | penunjang |
21 | KBG620 | English for Specific Purposes* | 3 | penunjang |
22 | KBG721 | Material Developments | 3 | Utama |
23 | KBG722 | Seminar in Language Teaching | 3 | Utama |
24 | KBG623 | Thesis | 6 | Utama |
Tabel 3. Struktur Kurikulum
Semester | Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | RPS | |
Teori | Praktik | ||||
I | KBG608 | Analysis of Pedagogical Discourse | 2 | 0 | OK |
KBG601 | Technology for Language Teaching and Learning | 3 | 0 | OK | |
KBG602 | Curriculum and Instructions | 3 | 0 | OK | |
KBG603 | Research Methods in Language Education | 3 | 0 | OK | |
KBG604 | Second Language Acquisition | 2 | 0 | OK | |
KBG605 | Entrepreneurship in ASEAN Economic Community | 2 | 0 | OK | |
KBG606 | TEFL: Theory, Practice, and Research | 2 | 0 | OK | |
KBG607 | Statistics for ELT Research | 3 | 0 | OK | |
Jumlah | 20 | 0 | |||
20 | |||||
II | KBG710 | Current Issues in Language Teaching | 3 | 0 | OK |
KBG711 | Discourse Studies | 3 | 0 | OK | |
KBG712 | Sociolinguistics in Language Teaching | 3 | 0 | OK | |
KBG713 | Corpus Linguistics in Language Teaching | 3 | 0 | OK | |
KBG714 | Entrepreneurship in Practice | 0 | 2 | OK | |
KBG715 | Assessment in Language Teaching | 3 | 0 | OK | |
KBG716 | Educational Management & Supervision | 3 | 0 | OK | |
Jumlah | 18 | 2 | |||
20 | |||||
III | KBG617 | English Education Policy/ | 3* | 0 | OK |
KBG618 | English Across Curriculum* | 3* | 0 | OK | |
KBG619 | Digital Business* | 3* | 0 | OK | |
KBG620 | English for Specific Purposes* | 3* | 0 | OK | |
KBG721 | Material Developments | 0 | 2 | OK | |
KBG722 | Seminar in Language Teaching | 0 | 3 | OK | |
Jumlah | 3 | 5 | |||
8 | |||||
IV | KBG623 | Thesis Research | 0 | 6 | |
Jumlah | 6 | ||||
Total SKS | 41 | 13 | |||
54 |