PENGUMUMAN

Nomor : B/2207/UN57.F3/DT.01.18/2024

 

Sehubungan dengan pelaksanaan Perkuliahan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Calon Guru (Prajabatan) Gelombang 2 Tahun 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar, dengan ini kami sampaikan agar calon mahasiswa membuat akun terlebih dahulu di website https://smart.untidar.ac.id/ sebelum melakukan lapor diri secara daring dan luring pada tanggal 26-31 Agustus 2024 (terakhir jam 15.00).

Adapun kelengkapan dokumen lapor diri yang harus disiapkan mahasiswa PPG bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) Tahun 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Scan Kartu peserta PPG Pakta Integritas (dapat diunduh di SIMPKB)
  2. Scan Asli Fotocopy Ijazah S1/DIV yang dilegalisir;
  3. Scan Asli Transkrip Nilai S1/DIV;
  4. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  5. Scan Asli Kartu Keluarga (KK);
  6. Scan Asli Akte Kelahiran;
  7. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) minimal Polsek;
  8. Scan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dikeluarkan oleh instansi penyedia layanan Kesehatan;
  9. Scan Surat Bebas NAPZA (minimal 3 parameter) dari BNN/Kepolisian/RSUD/Puskesmas;
  10. Pas Foto Berwarna dimensi 4 x 6;

Dengan ketentuan:

  • Posisi badan menghadap depan, posisi seimbang sisi kiri-kanan, bagian atas kepala tidak berada tepat dibatas foto (ada sisa) dan proposional untuk ukuran pasfoto (4×6);
  • Memakai lata belakang (background) berwarna merah;
  • Bukan swafoto (selfie), bukan hasil repro dari foto cetak, bukan crop dari foto lain dan bukan foto hasil edit;
  • Lakukan pengambilan foto dari studio foto untuk mendapatkan hasil yang baik dan gunakan file dari studio tersebut;
  • Tidak ada teks apapun di dalam foto.

Ketentuan khusus untuk pria:

  • Memakai jas berwarna hitam, hem berwarna putih polos dan berkerah, dasi hitam;
  • Tidak memakai kacamata, tidak memakai kopyah/peci/topi.

Ketentuan khusus untuk wanita:

  • Memakai jas berwarna hitam, hem berwarna putih polos dan berkerah, tanpa dasi;
  • Bagi yang berkerudung: memakai kerudung berwarna hitam polos;
  • Tidak memakai kacamata;
  • Bagi yang berkerudung panjang, masih bisa diterima bila kerudungnya menutupi hem putih (dimasukkan ke dalam jas atau menutupi jas)

Seluruh berkas lapor diri diunggah melalui aplikasi lapor diri di https://smart.untidar.ac.id/ secara online dan wajib dibawa pada saat Lapor diri secara langsung ke FKIP Universitas Tidar.

 

Untuk mengakses laman https://smart.untidar.ac.id peserta PPG Calon Guru Universitas Tidar menggunakan:

Username   : email aktif (Email yang digunakan seleksi PPG calon guru)

Password    : tanggal lahir (format: tahun-bulan-tgl lahir)

 

Informasi lain-lain:

  1. Informasi lain yang berkaitan dengan orientasi akademik dan pembelajaran PPG akan disampaikan melalui website https://fkip.untidar.ac.id/prodi/pendidikan-profesi-guru/profile/ dan grup Whatsapp. Untuk informasi awal, orientasi akademik bagi mahasiswa baru akan dilaksanakan tanggal 6,7,8 September 2024 di Gedung FKIP Universitas Tidar Kampus Utama (Tuguran) Kota Magelang.
  2. Untuk seragam sewaktu kuliah hari Senin-Selasa: Hitam Putih, Rabu-Kamis: Baju Batik, Jumat: pagi pakaian bebas untuk dikelas
  3. Pertanyaan dan informasi seputar lapor diri dapat dilakukan pada hari dan jam kerja (Senin s.d. Jumat, Jam 08.00-15.00)

 

Kegiatan setelah lapor diri, silahkan bergabung ke grup whatsapp PPG Calon Guru (Pra Jabatan) Gelombang 2 Tahun 2024 FKIP melalui link berikut :

https://chat.whatsapp.com/E9j2InOQFMxE0JS8yBmjKW 

atau menggunakan scan barcode berikut:

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi WA helpdesk PPG FKIP 0822-4666-7660 

Untuk surat resminya bisa di unduh di sini

 

KALENDER AKADEMIK PPG-PRAJABATAN

No Kegiatan Waktu
1 Lapor diri mahasiswa 26-31 Agustus 2024
2 Matrikulasi 27 Agustus – 6 September 2024
3 Orientasi 2-6 September 2024
4 Perkuliahan Semester 1 9 September – 21 Desember 2024
5 UAS Semester 1 9 September – 21 Desember 2024
6 Masa Input Nilai Semester 1 2-8 Januari 2025
7 Perkuliahan Semester 2 20 Januari – 17 Mei 2025
8 UAS semester 2 19 Mei – 24 Mei 2025
9 Masa Input Nilai Semester 2 26 Mei – 31 Mei 2025

Catatan: Jadwal dapat berubah dan akan diinformasikan lebih lanjut