PENGUMUMAN
Nomor : B/2207/UN57.F3/DT.01.18/2024
Sehubungan dengan pelaksanaan Perkuliahan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Calon Guru (Prajabatan) Gelombang 2 Tahun 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar, dengan ini kami sampaikan agar calon mahasiswa membuat akun terlebih dahulu di website https://smart.untidar.ac.id/ sebelum melakukan lapor diri secara daring dan luring pada tanggal 26-31 Agustus 2024 (terakhir jam 15.00).
Adapun kelengkapan dokumen lapor diri yang harus disiapkan mahasiswa PPG bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) Tahun 2024 adalah sebagai berikut:
- Scan Kartu peserta PPG Pakta Integritas (dapat diunduh di SIMPKB)
- Scan Asli Fotocopy Ijazah S1/DIV yang dilegalisir;
- Scan Asli Transkrip Nilai S1/DIV;
- Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);
- Scan Asli Kartu Keluarga (KK);
- Scan Asli Akte Kelahiran;
- Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) minimal Polsek;
- Scan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dikeluarkan oleh instansi penyedia layanan Kesehatan;
- Scan Surat Bebas NAPZA (minimal 3 parameter) dari BNN/Kepolisian/RSUD/Puskesmas;
- Pas Foto Berwarna dimensi 4 x 6;
Dengan ketentuan:
- Posisi badan menghadap depan, posisi seimbang sisi kiri-kanan, bagian atas kepala tidak berada tepat dibatas foto (ada sisa) dan proposional untuk ukuran pasfoto (4×6);
- Memakai lata belakang (background) berwarna merah;
- Bukan swafoto (selfie), bukan hasil repro dari foto cetak, bukan crop dari foto lain dan bukan foto hasil edit;
- Lakukan pengambilan foto dari studio foto untuk mendapatkan hasil yang baik dan gunakan file dari studio tersebut;
- Tidak ada teks apapun di dalam foto.
Ketentuan khusus untuk pria:
- Memakai jas berwarna hitam, hem berwarna putih polos dan berkerah, dasi hitam;
- Tidak memakai kacamata, tidak memakai kopyah/peci/topi.
Ketentuan khusus untuk wanita:
- Memakai jas berwarna hitam, hem berwarna putih polos dan berkerah, tanpa dasi;
- Bagi yang berkerudung: memakai kerudung berwarna hitam polos;
- Tidak memakai kacamata;
- Bagi yang berkerudung panjang, masih bisa diterima bila kerudungnya menutupi hem putih (dimasukkan ke dalam jas atau menutupi jas)
Seluruh berkas lapor diri diunggah melalui aplikasi lapor diri di https://smart.untidar.ac.id/ secara online dan wajib dibawa pada saat Lapor diri secara langsung ke FKIP Universitas Tidar.
Untuk mengakses laman https://smart.untidar.ac.id peserta PPG Calon Guru Universitas Tidar menggunakan:
Username : email aktif (Email yang digunakan seleksi PPG calon guru)
Password : tanggal lahir (format: tahun-bulan-tgl lahir)
Informasi lain-lain:
- Informasi lain yang berkaitan dengan orientasi akademik dan pembelajaran PPG akan disampaikan melalui website https://fkip.untidar.ac.id/prodi/pendidikan-profesi-guru/profile/ dan grup Whatsapp. Untuk informasi awal, orientasi akademik bagi mahasiswa baru akan dilaksanakan tanggal 6,7,8 September 2024 di Gedung FKIP Universitas Tidar Kampus Utama (Tuguran) Kota Magelang.
- Untuk seragam sewaktu kuliah hari Senin-Selasa: Hitam Putih, Rabu-Kamis: Baju Batik, Jumat: pagi pakaian bebas untuk dikelas
- Pertanyaan dan informasi seputar lapor diri dapat dilakukan pada hari dan jam kerja (Senin s.d. Jumat, Jam 08.00-15.00)
Kegiatan setelah lapor diri, silahkan bergabung ke grup whatsapp PPG Calon Guru (Pra Jabatan) Gelombang 2 Tahun 2024 FKIP melalui link berikut :
https://chat.whatsapp.com/E9j2InOQFMxE0JS8yBmjKW
atau menggunakan scan barcode berikut:
Demikian pengumuman ini kami sampaikan, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi WA helpdesk PPG FKIP 0822-4666-7660
Untuk surat resminya bisa di unduh di sini
KALENDER AKADEMIK PPG-PRAJABATAN
No | Kegiatan | Waktu |
1 | Lapor diri mahasiswa | 26-31 Agustus 2024 |
2 | Matrikulasi | 27 Agustus – 6 September 2024 |
3 | Orientasi | 2-6 September 2024 |
4 | Perkuliahan Semester 1 | 9 September – 21 Desember 2024 |
5 | UAS Semester 1 | 9 September – 21 Desember 2024 |
6 | Masa Input Nilai Semester 1 | 2-8 Januari 2025 |
7 | Perkuliahan Semester 2 | 20 Januari – 17 Mei 2025 |
8 | UAS semester 2 | 19 Mei – 24 Mei 2025 |
9 | Masa Input Nilai Semester 2 | 26 Mei – 31 Mei 2025 |
Catatan: Jadwal dapat berubah dan akan diinformasikan lebih lanjut