Visi dan Tujuan

A. VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul berbasis riset dan kewirausahaan yang bersumber dari kearifan lokal.

B. TUJUAN

  1. Menghasilkan pendidik profesional dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang unggul berbasis riset dan kewirausahaan yang bersumber dari kearifan lokal;
  2. Menghasilkan karya penelitian dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang unggul berbasis riset dan kewirausahaan yang bersumber dari kearifan lokal;
  3. Menghasilkan layanan yang unggul bagi masyarakat dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang unggul berbasis riset dan kewirausahaan yang bersumber dari kearifan lokal;

PENJELASAN MAKNA DALAM VISI KEILMUAN PROGRM STUDI

  1. Program studi pendidikan bahasa Indonesia adalah penyelenggara kegiatan akademik yang mengembangkan kurikulum dan metode pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mutakhir sehingga menghasilkan mahasiswa berkualitas yang mampu mengatasi berbagai permasalahan di bidang pendidikan.
  2. Unggul berarti Program Studi PBSI mempersiapkan mahasiswa sebagai individu yang memiliki potensi, daya saing, serta nilai tambah dalam bidang riset keilmuan yang berbasis pada sumber daya dan kearifan lokal.
  3. Riset berarti Prodi PBSI mendukung pengembangan pengetahuan baru dengan berkomitmen pada pelaksanaan penelitian, memfasilitasi kolaborasi lintas disiplin, dan penerapannya melalui pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Kewirausahaan menunjukkan prodi PBSI menyelenggarakan proses sistematis dan berkelanjutan dalam rangka mengembangkan wawasan, cara pandang, cara berfikir mahasiswa sehingga dapat mengubah jiwa atau sikap mahasiswa menjadi manusia wirausaha serta mempunyai keterampilan dan keahlian dalam membuat dan membuka usaha baru.
  5. Kearifan lokal menunjukkan bahwa prodi PBSI mengadopsi pendekatan yang terstruktur dan berkesinambungan untuk memperkaya pemahaman, pandangan, dan pola pikir mahasiswa, dengan tujuan menginspirasi mereka menjadi calon pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia yang berakar kuat pada warisan budaya lokal Magelang.