Visi dan Tujuan

Visi Keilmuan

Menjadi Pengembang Inovasi Pendidikan Biologi yang Unggul dalam Bidang Kewirausahaan Berbasis Sumber Daya dan Kearifan Lokal”.

Tujuan

  1. Menghasilkan pendidik Biologi professional yang inovatif dan unggul dalam bidang kewirausahaan berbasis sumber daya dan kearifan lokal;
  2. Menghasilkan karya penelitian inovatif untuk memecahkan permasalahan Pendidikan Biologi yang berorientasi pada pengembangan nilai-nilai wirausaha berbasis sumber daya dan kearifan lokal;
  3. Menghasilkan layanan yang unggul kepada masyarakat untuk memecahkan permasalahan Pendidikan Biologi serta pengembangan kewirausahaan berbasis sumber daya dan kearifan lokal;
  4. Menghasilkan tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil;

Makna dalam Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Biologi

  1. Pengembang inovasi Pendidikan Biologi menunjukkan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNTIDAR sebagai program studi penghasil pendidik Biologi yang inovatif dalam menemukan dan memecahkan permasalahan di bidang Pendidikan Biologi
  2. Unggul dalam kewirausahaan menunjukkan bahwa penyelenggaraan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNTIDAR diarahkan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kewirausahaan yang mencakup semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan untuk menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan prosedur dan teknologi, serta merancang produk baru yang lebih efisien dalam rangka pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat
  3. Sumber daya menunjukkan segenap daya dukung berupa sumber daya pendidikan yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNTIDAR yang mencakup Sumber Daya Manusia (SDM), prasarana, sarana, finansial, kemitraan, kerja sama, dan lain-lain. 
  4. Kearifan lokal menunjukkan kekayaan budaya yang mengandung kebijakan dan pandangan hidup yang mengakomodasi kebijakan dan kearifan hidup, serta gagasan-gagasan lokal yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik dan diikuti oleh masyarakat sebagai salah satu sumber pembelajaran di bidang Pendidikan Biologi