[:id]Dosen Prodi Pendidikan Matematika Narasumber Seminar: Menjadi Guru Matematika Inspiratif di Era Revolusi Industri 4.0[:en]Lecturer of Mathematics Education Study Program Become Speaker in Seminar: Become an Inspiring Mathematics Teacher in the Industrial Revolution 4.0 Era[:]
[:id]
Bertempat di Ruang E2.03.06 Fakultas Teknik, Prodi Pendidikan Matematika UNTIDAR mengadakan Seminar Pendidikan dengan tema “Peran Pendidikan Matematika dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Seminar Pendidikan yang digelar pada hari Jum’at, 12 Juli 2019 ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Dr. Dafid Slamet Setiana, M. Pd. dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta dan Aprilia Nurul Chasanah, M. Pd. yang merupakan dosen Prodi Pendidikan Matematika UNTIDAR.
Kegiatan yang merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA) UNTIDAR ini bertujuan untuk menyebarluaskan dan membagikan ilmu mengenai Pendidikan Matematika dalam menghadapi perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UNTIDAR. Seminar ini diikuti oleh para dosen dan seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UNTIDAR.
Selain dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Seminar Pendidikan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Sukarno, M. Si. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr. Ahmad Muhlisin, M. Pd. selaku Ketua Jurusan MIPA, Siswanto, M. Pd. selaku sekretaris Jurusan MIPA, serta beberapa perwakilan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas dan Himaprodi.
Mengusung subtema “Menjadi Guru Matematika Inspiratif di Era Revolusi Industri 4.0”, materi pertama Seminar
Pendidikan ini disampaikan oleh Aprilia Nurul Chasanah, M. Pd. Dosen Prodi Pendidikan Matematika ini menjelaskan kiat-kiat untuk menjadi guru yang inspiratif. Narasumber kedua, Dr. Dafid Slamet Setiana, M. Pd., menyampaikan tentang fenomena pendidikan yang terjadi di era 4.0. Pembicara yang merupakan dosen prodi matematika UST Yogyakarta ini menjelaskan terkait keterampilan apa saja yang dibutuhkan di tahun 2020, dampak pemanfaatan digital bagi pendidikan, dan tantangan pembelajaran matematika di era Revolusi Industri 4.0. Saat sesi tanya jawab dari masing-masing narasumber berlangsung, para peserta antusias memberikan pertanyaan terkait materi yang disampaikan.
Aprilia Nurul Chasanah, M. Pd. menyatakan bahwa pemilihan subtema yang disampaikannya secara khusus bertujuan untuk memberikan gambaran umum terkait fenomena pendidikan era 4.0 serta memberikan bekal mahasiswa dalam mempersiapkan diri menjadi calon pendidik yang inspiratif. “Saya sangat mengapresiasi Seminar Pendidikan ini karena mahasiswa dapat belajar mengelola suatu kegiatan dan tentunya ada sambung rasa antara dosen dan mahasiswa dalam forum ilmiah,” ungkapnya.
Dosen Prodi Matematika ini secara rinci menyampaikan tips menjadi guru yang inspiratif, yaitu life-long learner, kreatif dan inovatif, mengoptimalkan teknologi, reflektif, kolaboratif, student-centered, dan menerapkan pendekatan belajar diferensiasi.
“Mahasiswa seharusnya tidak hanya pintar tapi juga harus memperhatikan karakter sebagai bekal menjadi calon pendidik di masa depan. Jadi, mahasiswa yang oke itu harus good dan smart,” ujarnya. “Saya berharap kegiatan seperti ini (Seminar Pendidikan) dapat menjadi budaya akademik dan ilmiah di lingkungan Prodi Pendidikan Matematika.” Imbuhnya [YF]+
[:en]
Located in UNTIDAR, Mathematics Education Study Program held an Education Seminar with the theme “The Role of Mathematics Education in Facing Industrial Revolution 4.0 Era”. The Education Seminar which was held on Friday, July 12, 2019 presented two speakers, namely Dr. Dafid Slamet Setiana, M. Pd. from Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta (UST) and Aprilia Nurul Chasanah, M. Pd., lecturer of UNTIDAR Mathematics Education Study Program.
The aim of this activity, which is one of the programs of the Mathematics Education Student Association (HIMATIKA), is to disseminate and share knowledge about Mathematics Education in facing technological developments in the 4.0 Industrial Revolution Era to students, especially Mathematics Education Study Program students of Untidar. This seminar was attended by lecturers and all students of Mathematics Education Study Program.
Besides, this Education Seminar was attended by Prof. Dr. Sukarno, M. Si., dean of the Teacher Training and Education Faculty, Dr. Ahmad Muhlisin, M. Pd., head of Mathematics and Natural Sciences (MIPA) Department, Siswanto, M. Pd., secretary of the MIPA Department, and several students as representatives of Student Executive Board (BEM) of the Faculty and Himaprodi.
Carrying out the theme “Becoming an Inspiring Mathematics Teacher in Industrial Revolution 4.0 Era”, the first material of the Education Seminar was delivered by Aprilia Nurul Chasanah, M. Pd. The Mathematics Education’s lecturer explained tips for becoming an inspiring teacher. Second speaker, Dr. Dafid Slamet Setiana, M. Pd., explained about the educational phenomenon that occurred in 4.0 era. The speaker, a lecturer of mathematics study program of UST Yogyakarta, explained skills which are needed in 2020, the impacts of digital use for education, and the challenges of learning mathematics in the 4.0 Industrial Revolution Era. In the question and answer session from each speaker, the participants enthusiastically gave questions regarding the material presented.
Aprilia Nurul Chasanah, M. Pd. stated that the selection of the sub-themes that is delivered, specifically aimed to provide an overview of the phenomenon of education in 4.0 era as well as to prepare students to become inspiring educators. “I really appreciate this Education Seminar because students can learn to manage an activity and of course there is a connection between lecturers and students in scientific forums,” she said.
She also gave tips to become an inspiring teacher, they are life-long learner, creative and innovative, optimizing technology, reflective, collaborative, student-centered, and apply differentiation learning approaches. “Students should not only be smart but also must pay attention to the character as a prospective educators in the future. Therefore, students should be good and smart, “she said. “I hope activity like this (Education Seminar) can be an academic and scientific culture in the Mathematics Education Study Program.” added her [GF]
[:]
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!