Peningkatan Kompetensi Guru MI di Bandongan: Tim Pengabdian Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNTIDAR Gelar Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi

Magelang, 4 Oktober 2024 – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tidar (Untidar) sukses menyelenggarakan program pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis literasi numerasi. Kegiatan yang berlangsung selama bulan Agustus dan September 2024 ini diadakan di MIS Raudlatuddin Bandongan, Kabupaten Magelang, dengan melibatkan 16 guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari MIS Raudlatuddin Salamkanci dan MIS Al Ulum Wonolelo Tonoboyo.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru MI dalam merancang media pembelajaran yang mendukung literasi dan numerasi siswa. Literasi numerasi menjadi fokus penting untuk mendukung siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan cara yang interaktif dan inovatif.

Simulasi penggunaan media pembelajaran berbasis literasi numerasi

Kegiatan ini diinisiasi oleh dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untidar, yakni Yesi Franita, M.Sc. dan Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd., serta mahasiswa Untidar yang memiliki latar belakang pendidikan matematika, yaitu Ervinna Nurizkytha, Rifqi Ahlul Setiawan, dan Itsna Farikhah Anggraeni. Pelatihan berlangsung dalam tiga pertemuan. Pertemuan pertama berfokus pada pemaparan materi mengenai media pembelajaran berbasis literasi numerasi, diikuti dengan pembagian kelompok. Pada pertemuan kedua, para guru bekerja secara berkelompok untuk membuat media pembelajaran, sementara pertemuan ketiga didedikasikan untuk simulasi dan praktik penggunaan media di dalam kelas.

Dalam pelatihan ini setelah penyampaian motivasi dan materi terkait media pembelajaran berbasis literasi numerasi pada pertemuan pertama, selanjutnya para guru dibagi dalam kelompok dan ditugaskan merancang enam jenis media pembelajaran berbasis literasi numerasi, di mana satu kelompok merancang satu media pembelajaran. Setelah merancang media pembelajaran dengan pendampingan tim pengabdi serta mengacu pada buku petunjuk pembuatan dan penggunaan media pembelajaran berbasis literasi numerasi, para guru melaksanakan simulasi penggunaan media secara bergantian di kelas. Hal ini memberikan pengalaman langsung bagi para guru dalam menerapkan media pembelajaran kepada siswa, dengan harapan materi yang disampaikan menjadi lebih mudah dipahami dan lebih menarik minat siswa.

Salah satu peserta pelatihan, Ida Espriyani, S.Pd., mengungkapkan pengalamannya, “Saya sudah mencoba menggunakan media pembelajaran papan pembagian ini di dalam kelas dan mendapatkan respon positif dari siswa. Mereka tampak senang dan antusias saat belajar.”

Foto bersama tim pengabdian dan peserta

Program pengabdian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi upaya peningkatan kompetensi guru dalam menciptakan media pembelajaran inovatif yang berbasis literasi numerasi. Penggunaan media yang tepat diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi sekaligus menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan interaktif. Dengan keberhasilan program ini, Ketua PKM, Yesi Franita, M.Sc., berharap kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah-sekolah di wilayah Magelang akan terus berlanjut guna meningkatkan kualitas pendidikan dasar, terutama di bidang literasi dan numerasi.

Penulis : Yesi Franita, M.Sc