Workshop Penyusunan Visi Keilmuan dan Project Based Learning Pendidikan Biologi

                 Kamis, 28 November 2024, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tidar mengadakan Workshop Penyusunan Visi Keilmuan dan Project Based Learning (PBL) di Hotel Atria selama dua hari. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat visi keilmuan dalam pendidikan biologi serta membekali dosen dan pendidik dengan metode pembelajaran inovatif yang berbasis proyek, guna meningkatkan kualitas pendidikan biologi di Indonesia.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber yang sangat kompeten di bidang pendidikan dan pembelajaran biologi, yakni Prof. Dr. Paidi, M.Si., dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan Dra. Eny Tarliany, M.Pd., seorang guru berpengalaman dari SMA Negeri 3 Magelang. Mereka berdua berbagi wawasan dan pengalaman mengenai pengembangan kurikulum serta implementasi Project Based Learning (PBL) dalam pendidikan biologi yang dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan abad ke-21.

Pada sesi pertama, Prof. Dr. Paidi, M.Si., memberikan pemaparan mengenai pentingnya penyusunan visi keilmuan dalam pendidikan biologi yang responsif terhadap kebutuhan zaman. Beliau menekankan bahwa visi keilmuan harus berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, serta pemecahan masalah yang relevan dengan isu-isu lingkungan dan kesehatan global.

Selanjutnya, pada sesi kedua, Dra. Eny Tarliany, M.Pd., berbagi pengalaman praktis mengenai penerapan Project Based Learning (PBL) dalam pembelajaran biologi di tingkat SMA. Beliau menjelaskan bahwa PBL memungkinkan siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar, mengembangkan keterampilan kolaboratif, serta menerapkan teori dalam proyek-proyek yang mengatasi masalah dunia nyata.

Pada hari kedua, kegiatan berfokus pada penyusunan langkah-langkah strategis dalam implementasi visi keilmuan dan PBL dalam kurikulum Pendidikan Biologi. Para peserta diajak untuk merumuskan pendekatan pembelajaran yang dapat menggabungkan aspek teori dan praktik dalam pendidikan biologi, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah melalui kolaborasi dan eksplorasi.

Di akhir acara, workshop ini menghasilkan beberapa rekomendasi penting untuk pengembangan kurikulum Pendidikan Biologi, termasuk peningkatan penggunaan metode PBL, penguatan kolaborasi antar institusi pendidikan, serta pengembangan program riset yang melibatkan mahasiswa dalam proyek-proyek biologi terapan.