Workshop Visi Keilmuan dan Project-Based Learning (PBL) yang diselenggarakan oleh Prodi S1 Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tidar
Prodi S1 Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Tidar menyelenggarakan Workshop Visi Keilmuan dan Project-Based Learning (PBL) pada tanggal 28-29 November 2024 di Hotel Atria Magelang. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat visi keilmuan setiap program studi dan memperkenalkan metode project-based learning sebagai strategi pembelajaran inovatif di era modern.
Kegiatan ini dihadiri oleh Koorprodi Pendidikan Biologi, seluruh dosen pendidikan biologi, dan tenaga kependidikan. Selain itu, turut hadir narasumber ahli dalam bidang pendidikan dan pengembangan kurikulum, seperti Prof. Dr. Paidi, M. Si. dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Dra. Eny Tarliany, M.Pd. dari SMA Negeri 3 Magelang
Dalam pembukaan, Koorprodi Pendidikan Biologi, Ika Sukmawati, M.Pd., menyampaikan bahwa workshop ini merupakan langkah penting untuk memastikan keselarasan antara visi keilmuan program studi dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini. “Kita ingin menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki kemampuan akademik, tetapi juga keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, visi keilmuan yang kuat harus diimbangi dengan metode pembelajaran inovatif, seperti project-based learning,” ujar Ika Sukmawati.
Workshop terbagi menjadi dua sesi utama:
- Visi Keilmuan Program Studi
Sesi ini membahas pentingnya merumuskan visi keilmuan yang spesifik dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta kebutuhan lokal dan global. Peserta diajak untuk mendiskusikan tantangan yang dihadapi program studi dalam merancang visi yang berorientasi masa depan.
- Implementasi Project-Based Learning (PBL)
Pada sesi ini, peserta diperkenalkan pada konsep, strategi, dan implementasi project-based learning. Narasumber memberikan pelatihan langsung terkait penyusunan proyek pembelajaran yang melibatkan kolaborasi, pemecahan masalah, dan pengembangan keterampilan abad ke-21.
Sebagai hasil dari workshop ini, program studi diminta untuk menyusun rencana aksi implementasi visi keilmuan dan PBL dalam kurikulum masing-masing. FKIP juga akan membentuk tim monitoring untuk memastikan keberlanjutan program.
Penutupan workshop diisi dengan pemaparan komitmen dari program studi pendidikan biologi, serta penyerahan sertifikat kepada narasumber. Dengan terlaksananya kegiatan ini, FKIP berharap dapat terus menghasilkan pendidik yang inovatif dan berdaya saing tinggi.
Penulis : Fibra (Siska)