Penarikan Magang Non Flagship Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tidar di Mebelika Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tidar (Untidar) telah menyelesaikan magang non-flagship di Mebelika Universitas Negeri Semarang. Empat mahasiswa yang mengikuti magang ini yaitu Ago Huwanda, Farid Azhar, Wimala Hettha Putri Saddha, dan Madiyatu Zulfa. Penarikan mahasiswa magang dilaksanakan pada hari Senin, 9 Desember 2024 di Gedung D7 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes). Penarikan magang dihadiri oleh Dr. Mulyono, M.Si. (Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Unnes), Prof. Isti Hidayah, M.Pd., Dr. Dra. Emi Pujiastuti, M.Pd., pihak Untidar diwakili oleh Aprilia Nurul Cahsanah, M.Pd., Yesi Franita, M.Pd., dan Dita Aldila Krisma, M.Pd, serta keempat mahasiswa yang mengikuti magang.

Program magang non-flagship ini merupakan bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Magang di Mebelika mengambil tema pengembangan media pembelajaran matematika dan pemasarannya. Tujuan dari magang ini adalah mengembangkan pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari Universitas, menambah pengetahuan tentang praktk terbaik dalam insustri dan sektor yang diminati, serta memperluas jaringan dan hubungan dalam industri tempat magang.

Dalam kegiatan penarikan ini, perwakilan dosen pembimbing mahasiswa magang, Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd., mengucapkan terima kasih kepada mitra, Mebelika Universitas Negeri Semarang, yang telah menerima mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Untidar untuk magang di Mebelika Unnes. Selama kurang lebih 3 bulan, mahasiswa telah mendapat banyak ilmu dan pengalaman selama magang. Dalam pelaksanaan magang, tentu saja terdapat evaluasi yang telah disampaikan saat Focus Group Discussion Evaluasi Magang menjadi bahan perbaikan untuk magang selanjutnya.

Pada magang ini,terdapat 9 mata kuliah sebanyak 20 SKS direkognisi selama pelaksanaan magang. Pengalaman mahasiswa selama magang diantaranya media pendidikan matematika berbasis manipulative konkret, media pendidikan matematika berbasis STEM, manajemen pembelajaran matematika, pembelajaran mikro, multimedia pembelajarna matematika, pendidikan konservasi, dan kewirausahaan.

Pihak Pendidikan Matematika Untidar dan Pendidikan Matematika Unnes juga berharap kerja sama ini dapat terus dilanjutkan tidak hanya dalam kegiatan magang saja tetapi dalam pendidikan, penelitian, maupun pengabdian.

Editor : Fibra