HIMA PIPA GELAR WEBINAR SOSIALISASI ROADMAP DAN COACHING CLINIC

0
319

Himpunan mahasiswa program studi Pendidikan IPA (HimaPIPA) Universitas Tidar telah mengadakan webinar dengan tema “Sosialisasi Roadmap dan Coaching Clinic Penelitian dan Pengabdian Program Studi Pendidikan IPA”. Acara webinar tersebut dilaksanakan pada Minggu, 6 September 2020 dan digelar secara online via Zoom. Acara webinar ini dihadiri oleh 9 dosen beserta staff Universitas Tidar dan 177 mahasiswa program studi Pendidikan IPA.

Webinar ini diawali penyambutan oleh  Dr. Farikah, M.Pd. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan) menggantikan Prof. Dr. Soekarno, M.Si. (Dekan FKIP Universitas Tidar) yang berhalangan hadir dan Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd (Ketua Jurusan MIPA). Selain itu, diisi oleh beberapa pemateri yang sangat hebat seperti Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd. (Ketua Jurusan MIPA), Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd. (Koordinator Prodi Pendidikan IPA), dan Siswanto, S.Pd., M.Pd. (dosen Prodi Pendidikan IPA).

Pemateri pertama, Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd. membahas tentang sosialisasi roadmap. “Mahasiswa sebagai kaliborator penelitian antara dosen dan masyarakat,” ujar Koor Prodi Pendidikan IPA.

Dimana dalam visi Pendidikan IPA terdapat pengembangan ilmu pendidikan ipa yang mampu bersaing di tahun 2029 dalam lingkup bidang kajian Pendidikan IPA mencantum perencanaan IPA, strategi IPA, dan keilmuwan di IPA berupa fisika, biologi, kimia, dan kearifan lokal.

Pemateri kedua, Siswanto, S.Pd., M.Pd. menyampaikan mengenai coaching clinic penelitian yaitu menggali ide untuk riset di bidang Pendidikan IPA. “Penelitian adalah sebuah proses untuk menganalisis informasi¬† yang akan diteliti. Terdapat 3 tahapan penting dalam penelitian yaitu mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, dan memaparkan jawaban,” jelas Siswanto. Untuk mendapatkan topik/isu yang diteliti adalah dengan cara mengamati fenomena sekitar dan perbanyak membaca artikel.

Pemateri terakhir yaitu Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd. yang membahas tentang coaching clinic pengabdian. “Tujuan untuk peserta kegiatan yaitu mampu menyusun program pengabdian masyarakat sesuai dengan peta jalan Pendidikan IPA.” ujar Ahmad Muhlisin.

Pada penghujung acara dilakukan sesi yang telah di nanti-nantikan oleh peserta yaitu sesi tanya-jawab. Setelahnya, dilanjutkan penutupan acara oleh MC.

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY