Lomba Essay Nasional 2020

0
351

 

Divisi Penalaran dan Keilmiahan Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Tidar telah sukses mengadakan Lomba Essay Nasional 2020. Kesuksesan ini terbukti dari antusiasme peserta yang mengikuti lomba tersebut. Peserta berasal dari universitas negeri maupun swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Pendaftaran lomba yang dilakukan dalam 2 gelombang, yaitu gelombang 1 (15 Agustus – 25 Agustus 2020) dan gelombang 2 (26 Agustus – 5 September 2020) telah berhasil menjaring 27 peserta dengan  latar belakang juga gagasan yang berbeda-beda

Lomba essay yang mengusung  tema Inovasi Penggabungan Sains dan Komputer dengan 2 sub tema, yaitu Peningkatan Kualitas Pendidikan Untuk Memperbaiki Kualitas SDM serta Inovasi Penggabungan Sains Dan Komputer Dalam Trend Era Generasi Millennial Selanjutnya telah menjadi wadah yang positif bagi mahasiswa untuk terus mengembangkan potensi, kreatifitas, serta inovasi  yang dimilikinya pada masa pandemi untuk tetap memajukan bangsa khususnya dalam bidang Pendidikan.

Penilaian essay dilakukan dalam kurun waktu 1 minggu setelah penutupan pendaftaran. Penilaian yang dilakukan oleh juri-juri yang kompeten di bidang essay telah menghasilkan skor dengan selisih skor yang kecil antar masing-masing pemenang lomba. Berikut adalah daftar pemenang lomba essay nasional dengan tema Inovasi Penggabungan Sains dan Komputer

  1. Dirwansyah-UNHAS (Juara 1)
  2. Ade Krisna Setiawan-UNTIDAR (Juara 2)
  3. Naufal Baihaqi Al Afkar-UNNES (Juara 3)

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa sertifikat serta uang pembinaan yang dikirmkan ke rekening masing-masing. Selian 3 pemenang utama, juga terdapat 3 pemenang harapan . Berikut adalah nama pemenangnya.

  1. Hendri Irawan-UNNES (Juara harapan 1)
  2. Mayinda Kusumawardhani-UNDIP (Juara harapan 2)
  3. Handika Yoga Pratama-UGM (Juara harapan 3)

“ Terdapat beberapa kendala yang muncul dalam lomba essay ini, semoga kendala yang ada bisa dijadikan pembelajaran untuk semua orang ” kata Muhammad Rifki, selaku ketua panitia Lomba Essay Nasional 2020. Kendala yang muncul disebabkana adanya missed communication antar panitia, serta terdapat salah seorang oknum yang bahkan memanfaatkan lomba essay ini sebagai ajang penipuan dengan  modus kelebihan nominal pada saat mentransfer uang untuk pendaftaran lomba. Namun, semua itu dapat diatasi dengan baik karena kerja sama dari panitia.

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY