Mahasiswa PBSI Untidar Raih Juara Pertama Duta GenRe 2020

0
18

Burhanudin, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Tidar (FKIP Untidar) program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berhasil meraih gelar Juara Pertama Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat Kabupaten Pemalang tahun 2020. Pemilihan Duta GenRe ini diselenggarakan atas kerjasama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DINSOS KBPP). Acara dihelat pada hari Jumat, 26 Juni 2020, mulai pukul 08.00 WIB di The Winner Hotel Pemalang.

Burhan, panggilan akrab Burhanudin, adalah mahasiswa Untidar semester 4 yang berasal dari kabupaten Pemalang. Selain aktif diperkuliahan, Burhan juga bergiat di BEM KM Untidar 2020 sebagai Staff Sosial Masyarakat. Di luar kampus, Burhan turut aktif di Kelas Inspirasi Magelang angkatan 5.

Ada tiga tahap yang dilewati Burhan selama pemilihan berlangsung, yakni tahap pendaftaran, tahap penjurian, dan tahap seleksi minat dan bakat. Tahap penjurian diisi dengan penampilan peserta dalam memberikan penyuluhan dengan tema yang sudah disiapkan panitia. Burhan memilih tema Pendewasaa Usia Perkawinan (PUP). Lewat video berdurasi 5 menit, Burhan menyampaikan informasi tentang pentingnya menikah di usia ideal. Burhan juga menyampaikan dampak yang akan ditimbulkan bila remaja menikah di usia dini. Di bagian akhir presentasi, Burhan menunjukkan fase reproduksi yang baik menurut standar BKKBN.

Pada tahap seleksi minat dan bakat, Burhan menampilkan pertunjukan monolog. Di tahap terakhir ini, Burhan berusaha mengangkat isu profesi guru yang menurutnya belum banyak berhasil melahirkan generasi cerdik dan berbudi. “Banyak orang yang tidak memperhatikan fungsi profesi guru. Pendidikan terasa hanya terasa bagai menjual sertifikat dan gelar,” begitu Burhan berpendapat. “Makanya, tidak jarang murid setelah lulus malah jadi manusia yang suka menindas orang kecil dan mengesampingkan akhlak baik.”

Setelah terpilih menjadi Duta GenRe tingkat kabupaten, Burhan dijadwalkan akan mengikuti seleksi tingkat provinsi. “Insyaallah bulan September tahun  ini, saya akan maju ke tingkat provinsi,” demikian ungkap Burhan sekaligus menutup sesi wawancara.

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY