Pemenang Lomba Kisah Inspiratif Universitas Mataram

                Rabu, 11 September 2024 FKIP Universitas Tidar mengikutsertakan mahasiswa PBSI yang bernama Desi Astalia dalam lomba Kisah Inspiratif yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Pembidik Prestasi Universitas Mataram. Mahasiswa Semester VII tersebut berhasil meraih juara dengan predikat Best Video Kisah Inspiratif. Acara ini diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai fakultas dan bertujuan untuk menggali dan mempromosikan kisah-kisah inspiratif dari kalangan mahasiswa.

Kegiatan yang dilaksanakan di Universitas Mataram ini diikuti oleh 4 perwakilan dari Universitas Tidar. Perlombaan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Universitas di Seluruh Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 11 sampai dengan 15 September 2024.

Desi Astalia berharap dengan mengikuti lomba ini, dia ingin berbagi pengalaman hidup yang bisa menginspirasi orang lain dan membawa nama baik Universitas Tidar agar semakin dikenal banyak orang. Selain itu dia ingin menambah pengalaman baru yang lebih luas dengan bertemu dengan teman- teman dari berbagai suku dan berbagai macam inspirasi- inspirasi hebat yang tentunya memotivasinya untuk terus berkembang ddan mencapai harapan serta impian.

Desi menyampaikan selama mengikuti lomba dia memaksimalkan setiap tahapan lomba. Mulai dari seleksi naskah hingga pembuatan video setelah dinyatakan lolos seleksi. Selain itu, ketika di Universitas Mataram ada sesi presentasi pemaparan video yang telah dibuat dan ada sesi tanya jawab dengan dewan juri. Hingga dinyatakan sebagai pemenang.

Penulis : Fibra

STADIUM GENERAL: MEMBANGUN ETOS KEWIRAUSAHAAN DENGAN SPIRIT KEGURUAN OLEH KETUA HIMPUNAN PENGUSAHA SANTRI INDONESIA (HIPSI)

Selasa, 10 September 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar menyelenggarakan kegiatan Stadium General: Membangun Etos Kewirausahaan dengan Spirit Keguruan di Auditorium dr H.R Suparsono Universitas Tidar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kewirausahaan bagi calon pendidik dan menghadirkan teladan sukses di bidang Kewirausahaan.

Dekan FKIP Universitas Tidar, Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., menyampaikan tentang visi FKIP Universitas Tidar, “Menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unggul dalam Bidang Kewirausahaan Berbasis Sumber Daya dan Kearifan Lokal”. Dalam acara ini beliau menyampaikan beberapa hal mengenai hasil survey yang telah disebarkan kepada mahasiswa semester satu yang menjadi peserta stadium general ini. Selain itu beliau menyampaikan strategi – strategi jitu untuk mahasiswa membumikan kewirausahaan.

Sebagai narasumber, K.H M. Sholahul Am Notobuwowo, S.E., MM. M.Kes ( Ketua Himpunan Pengusaha Santri Indonesia) menyampaikan beberapa hal , diantaranya:

  • Kemuliaan Guru: Al-Qur’an (QS. Al-Fathir: 28, QS. Al-Mujadalah: 11, QS. Az – Zumar : 9 ) dan Hadist ( HR Muslim dan HR Tirmidzi )
  • Amalan yang tidak terputus: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak Sholeh yang senantiasa mendoakan untuknya.
  • Etos kerja islami adalah sesuai dengan sifat yang dimiliki Rasulullah SAW yaitu Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, dan Istiqomah.

Penulis : Fitri Nurjanah

Edit and Upload : Fibra

Stadium General: Implementasi Kurikulum Merdeka Oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek

Kamis, 5 September 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan kegiatan “Stadium General: Implementasi Kurikulum Merdeka”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang komprehensif tentang program guru penggerak, mengembangkan keterampilan kepemimpinan para guru, dan memfasilitasi pertukaran ide serta praktik terbaik dalam pengajaran.

                Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi I dengan peserta dari perwakilan cabang dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, perwakilan BBGP Provinsi Jawa Tengah, dan Mitra PLP Untidar sebanyak 22 SMP dan  22 SMA di lingkungan kabupaten/ kota Magelang.  Sesi II dengan peserta mahasiswa FKIP Untidar yang mengikuti PLP.  

                Anindito Aditomo, S.Psi, M.Phil. Ph.D., Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek menyampaikan materi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka. Tujuan dan strategi Merdeka Belajar sebagai upaya transformasi Sistem Pendidikan. Dalam konteks kontemporer , belajar sepanjang hayat adalah kemampuan paling penting untuk menjadi manusia merdeka. Rumusan kompetensi dan karakter yang esensial untuk belajar sepanjang hayat menjadi tujuan transformasi pendidikan. Dalam hal ini diperlukan perubahan paradigma kebijakan serta budaya kerja dan iklim pembelajaran di satuan pendidikan. Perubahan ini dilakukan untuk mewujudkan sekolah dengan empat karakteristik utama.

  1. Pembelajaran yang berpusat pada murid.
  2. Pendidik reflektif, gemar belajar, berbagi, dan kolaborasi.
  3. Iklim sekolah yang aman, inklusif, dan merayakan kebhinekaan.
  4. Kepemimpinan untuk perbaikan layanan berkelanjutan.

Indikator Utama pendidikan diukur melalui Asesmen Nasional. Dengan fokus pada materi esensial dan struktur organisasi, Kurikulum Merdeka memudahkan guru melakukan pembelajaran terdiferensiasi, mengasah bakat dan minat, serta menumbuhkan karakter murid secara lebih menyeluruh. Lebih lanjut, Mas Nino menyampaikan pengelolaan kurikulum menjadi kewenangan sekolah (kurikulum satuan pembelajaran disahkan oleh kepala sekolah). Pembelajarn terdiferensiasi dan pembelajaran berbasis projek dengan asesmen holistik menjadi prinsip utama. Kurikulum Merdeka memberi kesempatan bagi murid untuk memilih mata pelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Sekolah di daerah tertinggal dan non-tertinggal mampu menerapkan Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan skor literasi murid. Hal ini menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka dapat memberikan manfaat bagi sekolah di berbagai konteks.  Antusias dari peserta sangat tinggi, banyak sekali pertanyaan- pertanyaan yang diajukan oleh para peserta yang mayoritas Guru Penggerak.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd.

Upload : Fibra

Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Calon Guru Tahun 2024

Rabu, 4 September 2024, FKIP Universitas menyelenggarakan kegiatan Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Calon Guru Tahun 2024 di Laboratorium Rekayasa Universitas Tidar Kampus Sidotopo. Kegiatan ini diikuti oleh 146 peserta yang berasal dari berbagai wilayah. Mahasiswa melakukan registrasi pada pukul 08.00 WIB s.d 08.30 WIB.

 

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Tidar. Wakil Dekan Bidang I, Dr. Siswanto, M.Pd. membuka acara tersebut. Mahasiswa PPG Calon Guru diharapkan aktif dalam menjalankan kegiatan perkuliahan sebagai wadah untuk mencetak generasi baru guru- guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru profesional,dan komitmen menjadi teladan. Selain itu beliau menyampaikan tentang kurikulum dan perkuliahan PPG Calon Guru sebagai berikut :

  1. Pengenalan Profil Universitas Tidar
  2. Kompetensi Lulusan PPG
  3. Capaian Pembelajaran Lulusan PPG yang terdiri dari sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan
  4. Beban belajar dan Kelompok Mata kuliah PPG untuk calon guru 2024 yaitu sebanyak 38 SKS yang terdiri dari 32 SKS mata kuliah inti 4/2 sks mata kuliah selektif, dan 2 SKS mata kuliah elektif.
  5. Alur pembelajaran PPG yaitu Merdeka. Alur merdeka merupakan akronim dari mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, dan aksi nyata.

 

Selanjutnya, penyampaian materi oleh beberapa dosen pengelola PPG. Prof. Dr. A. Sri Haryati, M.Pd. menyampaikan tentang kebijakan – kebijakan yang berkaitan dengan PPG. Di antaranya adalah penyelenggaraan dan tahapan PPG, Keterlibatan LPTK, Pembelajaran PPG, Uji Kompetensi, dan SDM PPG. 

Koordinator Prodi PPG, Dr. Dwi Winarsih, M.Pd. menyampaikan tentang Mata Kuliah PPG yang harus diambil oleh mahasiswa. PPL dilaksanakan dua (2) kali pada semester I dan II. Pada semester I selama 36 hari, dan Semester II selama 48 hari. Sistem PPL ada 4: PPL terintegrasi dengan mata kuliah teori, PPL dilaksanakan sepanjang studi PPG, Menggunakan pendekatan supervise klinis, PPL mengadaptasi lesson study untuk melatih mahasiswa melakukan refleksi secara berkelanjutan. Selain itu, beliau menyampaikan alur Aktifitas perkuliahan Mata Kuliah Seminar PPG dan Kegiatan Projek Kepemimpinan.

Dosen PPG Bidang Studi IPA, Eli Trisnowati, M.Pd. menyampaikan tentang Uji Kompetensi Pendidikan Program Profesi Guru. UKPPG ada dua jenis:

  1. Ujian Tertulis (UT) diselenggarakan berbasis komputer secara daring di TUK yang ditunjuk. UT terdiri dari tes Objektif berbasis General Pedagogy dan Pedagogical Content Knowledge (PCK), dan Laporan Studi Kasus yang kan diujikan dalam tes wawancara pada Ukin.
  2. Ujian Kinerja (Ukin) dirancang untuk menilai kompetensi peserta PPG dalam melakukan prengajaran dan pembelajaran yang efektif dikelas. Ukin terdiri dari penilaian perangkat pembelajaran, penilain video pembelajaran, dan wawancara.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd.

Editor : Fibra

Workshop Review Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

FKIP Universitas Tidar/ menyelenggarakan Workshop Review Kurikulum Program Studi Bahasa Inggris pada Kamis, 15/08/2024. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Rudi Hartono, M.Pd. dari Universitas Negeri Semarang, Kepala Dinas Pendidikan Kota Magelang, Kepala SMA Negeri 2 Magelang, Kepala SMP Negeri 9 Magelang. Guru Bahasa Inggris MAN Temanggung dan SMP Negeri 4 Kota Magelang, alumni, Dekan beserta wakil dekan, Kajur Bahasa dan Seni, dan seluruh dosen prodi pendidikan bahasa inggris.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I (Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) FKIP Untidar,      Dr. Siswanto, M.Pd., menjelaskan review kurikulum sangat urgent untuk dilakukan karena merupakan salah satu alat yang penting untuk mencapai profil lulusan. Harapannya, Prof. Rudi, tamu undangan, dan alumni bisa berbagi ilmu untuk kami, kebutuhan-kebutuhan apa yang perlu ditinjau ulang terkait dengan kurikulum. “semoga setelah kegiatan ini berlangsung mendapatkan pencerahan dari Prof. Rudi, tamu undangan dan yang lainnya, untuk PBI bisa bergerak melakukan review dan tinjau kurikulum yang nantinya mempermudah untuk pencapaian profil lulusan PBI,” ujarnya.

Agnira Rekha, M.Pd., memaparkan beberapa topik seperti Identitas Prodi, Landasan Perancangan Pengembangan Kurikulum, Visi dan Misi, Profil Lulusan, dan Mata Kuliah Prodi yang kemudian dilanjut dengan pemaparan materi oleh narasumber.

Prof. Rudi menyampaikan beberapa pokok bahasan diantaranya: Batasan Kurikulum, Cakupan Kurikulum Prodi, Kurikulum (Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023), Penyusunan Kurikulum, dan Evaluasi Kurikulum. Diakhir paparannya beliau menyampaikan hasil review kurikulum prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang dirasa sudah cukup bagus dan lengkap, namun ada beberapa poin yang perlu dikembangkan.

“Evaluasi kurikulum dan tracer study bisa dibuat lebih detail dengan analisis SWOT, membuat bagan Body of Knowledge, menambahkan profil lulusan yang lebih banyak sesuai kebutuhan mitra, membuat prosedur dan sistem penilaian yang lebih lengkap, manajemen dan mekanisme pelaksanaan kurikulum harus lebih detail dan aplikatif, dan yang terakhir adalah Kita harus menjadi pengajar dan pembelajar yang baik untuk anak-anak kita.” tambahnya.

LAPOR DIRI MAHASISWA PPG DALAM JABATAN DAN PRAJABATAN TAHUN 2024

Lapor diri mahasiswa PPG Prajabatan dilakukan pada tanggal 26 – 29 Agustus 2024, di Lab. Microteaching A, FKIP Untidar. Sedangkan lapor diri untuk mahasiswa PPG Dalam Jabatan dilaksanakan dari tanggal 22 – 28 Agustus 2024 secara daring, akan tetapi karena banyaknya kendala yang dialami oleh calon mahasiswa, maka jadwal untuk lapor diri PPG Dalam Jabatan akan diperpanjang. Mekanisme lapor diri secara luring mahasiswa diwajibkan untuk hadir ke kampus guna memverifikasi ulang berkas persyaratan yang telah diunggah pada saat lapor diri secara daring. Fakultas telah menyediakan 2 petugas verifikator yang merupakan tenaga kependidikan untuk membantu proses verifikasi tersebut.

Lapor diri wajib dilakukan untuk kebutuhan UKPPPG karena diselenggarakan LPTK (untuk mendapatkan NIM/Nomor Induk Mahasiswa dan didaftarkan ke PDDikti). Pengumuman kelulusan peserta melalui surat dari Pusat PPG dan diinfokan melalui LPTK.

LPTK Universitas Tidar menerima mahasiswa PPG bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) Tahun 2024 dan PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2024. Tahun 2024 ini, Universitas Tidar pertama kalinya menerima mahasiswa PPG Prajabatan. Untuk ploting data awal yang diterima dari kemendikbudristek, PPG Dalam Jabatan sejumlah 600 mahasiswa, dan PPG Prajabatan sejumlah 152 mahasiswa, akan tetapi mereka masih harus melewati proses Lapor Diri di setiap LPTK, jadi jumlah mahasiswa tersebut belum final.

Penulis : Fransiska 

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar MengadakanFGD Bersama Mitra Program Magang Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) 

Rabu, 21 Agustus 2024 Program Studi Pendidikan Biologi mengadakan FGD (Forum Group Discussion) bersama dengan mitra Program Magang Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) di ruang rapat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Forum dihadiri oleh dosen Pendidikan Biologi, direktur utama TKL Eco-park, direktur Pasinaon Laboratory, kepala Museum Cagar Budaya Balai Konservasi Borobudur, kepala Kebun Raya Gunung Tidar, kepala Balai Besar Guru Penggerak D.I.Y, dan kepala Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa D.I.Y.

Koorprodi Pendidikan Biologi, Ika Sukmawati, M.Pd. menyampaikan laporan kegiatan magang MBKM terkait tujuan program, jumlah mahasiswa yang ditugaskan pada setiap mitra magang, serta konversi SKS mata kuliah. Penyampaian laporan ini digunakan sebagai topik diskusi. Selain itu, dilakukan penandatanganan IA oleh Ketua Jurusan MIPA dengan direktur utama TKL Eco-park, direktur Pasinaon Laboratory, dan kepala Kebun Raya Gunung Tidar

Forum ini membahas terkait persiapan penerjunan magang MBKM mahasiswa Pendidikan Biologi semester gasal 2024/2025. Selain itu, masing-masing mitra menyampaikan potensinya terkait program magang MBKM yang akan dilaksanakan. Hasil diskusi berupa timeline penerjunan mahasiswa magang, konversi sks mata kuliah, serta gambaran kegiatan yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa magang.

Penulis : Nafa Pinki Eka Putri

Editor : Fibra

Keberhasilan PPK HIMAPIPA 2024: Juara 2 Jurnal Terbaik di Seminar Nasional Universitas Tidar

Prestasi membanggakan oleh PPK HIMAPIPA 2024 yang berhasil meraih juara 2 dalam kategori artikel terbaik pada Seminar Nasional (SEMNAS) yang diselenggarakan oleh Universitas Tidar (6/8/2024). Acara ini menghadirkan berbagai universitas di Indonesia dan melibatkan Program Penguatan Kapasitas (PPK), Program Pengembangan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), serta Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai peserta utama.

Artikel unggulan yang mengantarkan PPK HIMAPIPA 2024 meraih penghargaan ini berfokus pada alat pengukur pH dan suhu yang dikembangkan oleh tim. Penelitian ini mendapatkan perhatian khusus dari juri karena relevansinya dalam mendukung sistem akuaponik modern yang ramah lingkungan dan efisien.

Dalam SEMNAS yang diadakan di Universitas Tidar, PPK HIMAPIPA menampilkan prototipe sistem akuaponik yang berfungsi untuk mengintegrasikan budi daya ikan dengan tanaman dalam satu ekosistem. Selain itu, mereka juga mempresentasikan alat pengukur pH dan suhu yang menjadi bagian penting dalam menjaga keseimbangan sistem akuaponik tersebut. Tak hanya itu, tim juga memperlihatkan produk hasil olahan dari akuaponik, yaitu ikan lele yang diolah menjadi dimsum oleh ibu-ibu PKK Desa Temanggal. Hal ini menunjukkan keberhasilan kolaborasi antara dunia akademik dan masyarakat dalam menghasilkan produk yang inovatif dan bermanfaat.

Acara SEMNAS ini juga diwarnai dengan penyerahan beasiswa dari Pemerintah Kota Magelang kepada mahasiswa Universitas Tidar, dengan total dana sebesar Rp150 juta. Beasiswa ini diharapkan mampu mendukung pendidikan mahasiswa dalam mengembangkan potensi mereka di berbagai bidang.

Selain pameran dan presentasi, SEMNAS juga menghadirkan seminar yang sangat menarik dengan tema “Model Pemberdayaan Masyarakat” yang disampaikan oleh Prof. Dr. Uyu Wahyudin, M.Pd., Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dalam sesi ini, Prof. Uyu menekankan pentingnya pemberdayaan masyarakat berbasis pendidikan dan inovasi teknologi sebagai kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial di tingkat lokal.

Keberhasilan PPK HIMAPIPA 2024 di ajang SEMNAS Universitas Tidar ini menjadi bukti nyata bahwa semangat inovasi dan kolaborasi dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan sekaligus memberikan dampak positif bagi masyarakat. Prestasi ini diharapkan menjadi pemicu semangat bagi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi terbaiknya bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Penulis : Puteri Alysia

Editor : Fibra

Cinta Pendidikan: BEM FKIP UNTIDAR 2024 Selenggarakan Program ‘FKIP Berdampak’ di 12 SDN Kota Magelang

Jumat, 16 Agustus 2024, dalam meningkatkan kepedulian mahasiswa FKIP Universitas Tidar di bidang pendidikan, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar (BEM FKIP UNTIDAR) menyelenggarakan program kerja “FKIP Berdampak”. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah membangun rasa kepedulian terhadap pendidikan, pengabdian kepada masyarakat, memberikan pengalaman positif kepada mahasiswa baru, serta upaya untuk membangun karakter dan kreativitas mahasiswa baru sebagai calon pendidik.  Kegiatan ini bertemakan “Jejak Langkah: Meretas Jalan Baru Menyulam Harapan Melalui Pendidikan dan Kemanusiaan”. Program ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa baru dalam mempersiapkan dirinya sebagai calon pendidik. Pelaksanaan kegiatan FKIP Berdampak bekerja sama dengan 12 Sekolah Dasar Negeri di Kota Magelang yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan program kerja ini.

Kegiatan FKIP Berdampak sendiri berupa kegiatan pengajaran, yang mana mahasiswa baru dibagi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok perancang media pembelajaran (alat peraga) dan kelompok presentasi. Kelompok perancang media pembelajaran merupakan kelompok yang membuat media pembelajaran berupa alat peraga. Media tersebut telah disesuaikan dengan pembagian materi dari setiap sekolah yang tentunya sudah dikoordinasikan oleh panitia dan pihak sekolah. Hal tersebut guna meminimalisir miskomunikasi serta memaksimalkan jam pelajaran yang digunakan. Kemudian kelompok tersebut dapat berdiskusi untuk merencanakan media pembelajaran yang akan dibawa ke sekolah.

Dalam penyampaian materi dan dibantu dengan media pembelajaran, mahasiswa baru terlebih dahulu diberikan bekal oleh panitia mengenai hal apa saja yang harus dipersiapkan saat berada dikelas. Mereka menunjukkan semangat dan antusiasme tinggi dalam menciptakan media pembelajaran yang telah dibagi, mereka dengan penuh dedikasi menghasilkan karya yang sangat bagus dan kreatif, menunjukkan potensi besar dalam mendukung proses belajar-mengajar yang inovatif dan efektif.

Ketua Pelaksana FKIP Berdampak, Dea Irna Fatmawati mengatakan, ia sangat mengapresiasi kepada perwakilan mahasiswa baru yang sudah semangat dan dengan antusias mempersiapkan kegiatan FKIP Berdampak dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Terlebih ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah mempersiapkan pelaksanaan program kerja ini dengan maksimal. Melalui kegiatan ini Mahasiswa Baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dapat lebih semangat dalam mempersiapkan dirinya sebagai calon pendidik. Selain itu dapat memberikan dampak positif bagi siswa dan pihak sekolah yang sudah berkenan untuk memberikan ruang kepada panitia dan mahasiswa baru dalam melaksanakan program kerja ini.

Penulis : Fitri

Editor : Fibra

MENGENALKAN TEKNIK POUNDING ECOPRINT PADA TOTEBAG DALAM KEGIATAN WORKSHOP ECOPRINT TOGA

Program Penguatan Kapasistas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA) menyelenggarakan kegiatan Workshop Ecoprint Toga, Sabtu (10/08/2024) Pukul 13.00 WIB di Dusun Salakan, Kec. Bandongan, Kab. Magelang. Kegiatan Workshop Ecoprint ini mengusung tema “Menuju Kampung Konservasi Toga Sukosari”. Dalam Workshop Ecoprint Toga ini Diikuti oleh Kelompok Konservasi Toga 1 yang terdiri dari masyarakat Dusun Salakan, Jaban, dan Johon. Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan daun dari tanaman toga menjadi produk bernilai jual tinggi, sehingga tidak hanya dikonsumsi untuk menjadi obat keluarga saja tetapi juga dapat dijadikan sebagai penghasil ekonomi.

Kegiatan Workshop Ecoprint Toga ini dipandu oleh anggota PPK Ormawa Himatika yaitu Nurvia Lestari dari Progam Studi Pendidikan Matematika dan Tri Agustin dari Program Studi Pendidikan Biologi. Masyarakat terlihat antusias dalam rangkaian pembuatan secara langsung ecoprint tersebut. Dalam Workshop Ecoprint Toga juga diadakan praktik secara langsung di totebag. Dalam pembuatan ecoprint di totebag, hasilya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Ilmu yang didapatkan dalam Workshop Ecoprint Toga juga dapat digunakan untuk membuat usaha bagi masyarakat.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama masyarakat dan hasil dari ecoprint yang dibuat oleh masyarakat, kemudian di lajut dengan bincang-bincang santai dengan tim PPK ORMAWA HIMATIKA 2024.

Penulis : PPK ORMAWA HIMATIKA 2024.

Editor : Fibra