[:id]English for Children in Practice 2018 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Tidar di Selangor Malaysia[:en]English Education, Universitas Tidar Held ENGLISH FOR CHILDREN IN PRACTICE 2018  at Selangor Malaysia[:]

[:id]

Praktik Kerja Lapangan English for Children (English for Children in Practice) merupakan salah satu mata kuliah dalam kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Mata kuliah ini membekali pengalaman mengajar Bahasa Inggris anak-anak bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tidar.

Tahun ini, Program EFC in Practice Prodi PBI FKIP UNTIDAR bekerja sama dengan Jabatan Kemajuan Masyarakat (KEMAS) Negeri Selangor Kementrian Kemajuan Luar Bandar dan Wilayah, Malaysia. EFC in Practice ini akan dilaksanakan pada 11 Februari – 10 Maret 2018 di Tabika KEMAS Bandar Sungai Buaya 1 dan 2, Malaysia.

Sebanyak 8 mahasiswa akan mengikuti program ini. Mereka adalah Ines Miftakhuljanah, Linda Putri Sulistiyana, Bunga Umi Luthfiyani, Rasyda Imadita, Sholikhah Dwi Astuti, Indah Fitriliany, Shrily Hapsari Winahyu Lestari, dan Nurul Dwi Astari. Delapan mahasiswa tersebut telah melalui proses seleksi yang terdiri atas sosialisasi, pendataan, dan proses seleksi. Untuk lolos seleksi ini, dari sisi akademik, mahasiswa harus memiliki IPK lebih dari 3,50.

Moch. Malik Al Firdaus, M.Pd., Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, menyampaikan bahwa program EFC in Practice ini akan memberikan manfaat berupa proses pengembangan diri mahasiswa dalam bidang pengajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak, dalam hal ini adalah pengajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak di Malaysia. Mahasiswa-mahasiswa tersebut akan mengimplementasikan metode-metode pengajaran Bahasa Inggris bagi anak yang sudah mereka pelajari saat menempuh mata kuliah Children Language Teaching Methodology dan Program Development.

Lebih lanjut, Moch. Malik Al Firdaus, M.Pd., berharap mahasiswa-mahasiswa tersebut dapat mengambil sisi positif dari pengalaman yang berharga itu. Mereka mampu membandingkan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia dan Malaysia. Selain itu, program kerjasama dengan luar negeri ini diharapkan memberikan dampak positif bagi proses perkembangan prodi, khususnya poin positif pada akreditasi dari sisi kontribusi mahasiswa dalam kancah internasional. (ER)

[:en]

English for Children (English for Children in Practice) is one of courses in English Education curriculum, FETT, Universita Tidar. This course equips teaching practice for children to the students of English Education.

This year, EFC in Practice cooperates with Jabatan Kemajuan Masyarakat (KEMAS) Negeri Selangor Kementrian Kemajuan Luar Bandar dan Wilayah, Malaysia. EFC in Practice will be held on February 11 to March 10, 2018 in Tabika KEMAS Bandar Sungai Buaya 1 and 2, Malaysia.

There are eight students join this program. They are Ines Miftakhuljanah, Linda Putri Sulistiyana, Bunga Umi Luthfiyani, Rasyda Imadita, Sholikhah Dwi Astuti, Indah Fitriliany, Shrily Hapsari Winahyu Lestari, and Nurul Dwi Astari. Those eights students have passed the selection process that consist of socialization and administration. Academically, the students must possess GPA more than 3, 50 to pass this selection.

Moch. Malik Al Firdaus, M.Pd., the coordinator of English Education stated that EFC in Practice program will give benefit for students in term of self-development process in teaching English for children especially in Malaysia. The students will apply the methods in teaching English for children which they have learned in Children Language Teaching Methodology and Program Development.

Furthermore, Moch. Malik Al Firdaus, M.Pd., hoped that the students can gain the positive side from this program. They are able to compare English teaching in Indonesia and Malaysia. In addition, this cooperation program is hoped to be able to give positive impacts for study program development process especially in accreditation and in the students’ contribution in international level. (AW)

[:]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *