PENYULUHAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI GAME EDUKASI DALAM BAHASA INGGRIS SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERUNDUNGAN PADA SISWA SD

Siswa sekolah dasar belum memiliki kesadaran terhadap fenomena perundungan di sekolah. Mereka cenderung menganggap itu adalah sebuah candaan saja. Menurut data KPAI, pada tahun 2019, terhitung ada sekitar 50% kekerasan seksual serta perundungan kepada siswa di sekolah dasar. Sekolah yang merupakan tempat menimba ilmu, seharusnya menjadi pijakan pertama pendidikan yang berkualitas. Tidak hanya pendidikan secara akademis saja, akan tetapi pendidikan karakter pun penting untuk diajarkan sejak dini.

Dalam mengajarkan pendidikan karakter ini, siswa di dua SD dikenalkan tentang jenis – jenis perundungan atau bullying yang ada di sekitar sekolah mereka. Mereka juga diberi penjelasan bahwa segala macam perundungan itu tidak baik dan sebaiknya tidak ditiru. Jenis – jenis perundungan yang dapat dikenali yaitu fisik, sosial, verbal, dan cyber. Setelah itu, mereka diajak melafalkan beberapa kosakata dalam Bahasa Inggris yang berhubungan dengan perundungan, sebagai contoh push (mendorong), fight (berkelahi), afraid (takut), dsb. Selanjutnya mereka diminta membedakan hal yang baik dan yg tidak baik dengan mengacungkan jempol, thumbs up untuk hal yang baik, serta thumbs down untuk hal yang tidak baik.  

Setelah itu, para siswa diajak untuk bermain peran sebagai salah satu game edukasi dalam PKM ini. Tim PKM mengajak dua orang siswa untuk maju ke depan dan mereka harus memerankan situasi tertentu yang terkait dengan bullying dan melalui instruksi tim, lalu teman – teman siswa yang lain harus dapat menebak peran / aktivitas mereka. Ada 3 kelompok siswa yang mencoba permainan tebak peran ini.

Game edukasi yang selanjutnya adalah bermain tebak gambar. Setiap anak berkelompok dua orang dan menggambar di satu kertas yang sama, yang mempresentasikan gambar hal baik dan tidak baik (bullying). Agar lebih menyenangkan lagi, tim PKM memberikan batas waktu kepada siswa untuk menyelesaikan gambar dengan cepat. Antusiasme dan respon siswa di dua SD sangat baik. Mereka mengaku senang dan mengerti hal – hal yang telah dipelajari tentang bullying.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *