Dr. Mimi Bergabung di Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tidar

0
424

Profesional dan sayang keluarga, itulah motto dari wanita paruh baya, dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kelahiran Bandung  57 tahun silam.   Memulai karier tahun 1989 di Universitas Negeri Semarang, beliau rela menempuh 60 KM setiap harinya. Doktor Mimi, panggilan akrabnya, memiliki nama lengkap Dr. Mimi Mulyani, M.Hum. menempuh pendidikan sarjana di IKIP Bandung, dilanjutkan pendidikan magister di kota yang sama yaitu di Universitas Padjajaran Bandung. Untuk menambah profesionalitasnya, beliau mendalami ilmu pendidikan doktoral di Universitas Pendidikan Indonesia dengan bidang ilmu pendidikan.

Tiga puluh tahun meniti karir di Universitas Negeri Semarang, Doktor Mimi telah menghasilkan banyak karya berupa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Fokus penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan adalah pendidikan bermuatan budaya kearifan lokal. Doktor Mimi juga memiliki sederet catatan orasi ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional yang pernah diikuti. Penghargaan Satyalancana Karya Satya sebagai penghargaan tertinggi, dua kali diraih yaitu Satyalancana Karya Satya 10 Tahun pada tahun 2005 dan Satyalancana Karya Satya 20 Tahun pada tahun 2012, dengan institusi pemberi penghargaan yaitu presiden.

Murah senyum, ramah, dan akrab terhadap mahasiswa menjadikan Doktor Mimi favorit mahasiswa di manapun beliau mengajar. Doktor Mimi merupakan dosen baru di Universitas Tidar pada Program Studi Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Meski baru di PBSI, doktor Mimi telah banyak dikenal karena kiprah beliau di dunia pendidikan. Beberapa Dosen PBSI pernah diajar oleh beliau di Universitas negeri Semarang, juga banyak kegiatan kerjasama yang dilaksanakan Doktor Mimi dengan Dosen PBSI Universitas Tidar. Dengan demikian, meski relatif baru, beliau sudah familiar dengan rekan sesama prodi PBSI maupun di kelas pascasarjana.

Seperti diketahui, Program pascasarjana Universitas Tidar telah menerima mahasiswa sejak tahun 2017, hingga saat ini proses akademik telah berlangsung 4 semester. Doktor Mimi merupakan salah satu tenaga pengajar profesional di program pascasarjana. Jadi selain mengajar di program pasca, doktor Mimi juga mengampu di program studi bahasa dan sastra Indonesia jenjang sarjana.

Salah satu alasan besar bergabungnya doktor Mimi ke Universitas Tidar tidak lain karena kecintaan beliau terhadap keluarganya yang berdomisili di Magelang. hingga Tuhan mengabulkan permohonan beliau untuk kembali ke Magelang setelah 30 tahun mengabdi di Semarang. Doktor Mimi memiliki seorang suami yang saat ini berdinas di kantor Pemkot Magelang. Beliau dianugerahi 3 orang anak. (MW)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY