Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untidar menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) bertajuk Optimalisasi Literasi Digital Untuk Guru-guru

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar (Untidar) sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) bertajuk Optimalisasi Literasi Digital Guru MTs Negeri 2 Kota Magelang dan SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang Melalui Workshop Media Pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis AI guna mendukung penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah.

Workshop yang berlangsung pada bulan Agustus hingga September 2024 ini diikuti oleh 26 peserta, terdiri dari 10 guru MTs Negeri 2 Kota Magelang dan 16 guru dari SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Agus Nugroho Ponco Saputro, S.Pd., Kepala Sekolah SMPIT Ihsanul Fikri, dan Gunartomo, M.Pd., Kepala Madrasah MTs Negeri 2 Kota Magelang turut hadir sebagai salah satu peserta dalam kegiatan yang memfokuskan pada pengembangan keterampilan digital ini.

Kegiatan PKM ini dipimpin oleh Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., dosen Pendidikan Matematika Untidar, dengan anggota tim Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd., dan Dimas Dwi Putra Alamsyah, mahasiswa semester 7 Pendidikan Matematika. Selain itu, beberapa mahasiswa yang telah mahir dalam penggunaan media pembelajaran berbasis AI, seperti Sasella, Nida, Anisa, Reyhan, Nuzulla, Fajar, dan Farid, turut membantu pelaksanaan workshop ini.

Selama workshop, peserta secara aktif mempraktikkan penggunaan berbagai media pembelajaran berbasis AI, seperti Canva, Duolingo, Quizlet, dan Khan Academy. Para guru tidak hanya belajar menggunakan alat-alat tersebut, tetapi juga diajarkan cara mengelola kelas dengan memanfaatkan media tersebut secara efektif.

Di akhir kegiatan, para peserta mengaku mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan media pembelajaran berbasis AI. Media ini dianggap sangat membantu guru dalam mempersiapkan materi ajar yang menarik dan interaktif, tidak hanya untuk mata pelajaran matematika, tetapi juga untuk pelajaran lainnya, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan Pancasila.

“Media pembelajaran berbasis AI ini memungkinkan kami untuk membuat perangkat ajar yang lebih bervariasi, seperti LKS, kuis, bahan presentasi, video, poster, bahkan kami bisa mengeksplorasi materi sesuai dengan kebutuhan siswa,” ujar salah satu peserta. Harapannya, dengan adanya pelatihan ini, para guru dapat terus berinovasi dalam pembelajaran dan mampu memaksimalkan potensi teknologi digital untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.

Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam memperkuat kolaborasi antara universitas dan institusi pendidikan di daerah, menciptakan sinergi yang bermanfaat bagi pengembangan profesionalisme guru. Selain itu, dengan pelatihan ini, para guru diharapkan dapat terus mengembangkan diri dan menerapkan berbagai inovasi dalam proses belajar mengajar. Sisi lain yang tak kalah penting, kegiatan ini juga menekankan pentingnya adaptasi teknologi dalam pendidikan, terutama di era digital yang terus berkembang. Dengan demikian, guru tidak hanya siap menghadapi tantangan dalam mengajar, tetapi juga mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang responsif terhadap perubahan dan kebutuhan siswa. Program ini diharapkan dapat menjadi model bagi kegiatan serupa di masa depan, demi meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Magelang dan sekitarnya.

Penulis : Tim PKM FKIP

Banding Asesmen Lapangan Program Studi Pendidikan IPA FKIP Untidar

Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar melakukan banding atas hasil akreditasi yang dilakukan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) pada Oktober 2024.

Asesmen Lapangan (AL) Banding ini menghadirkan Prof. Dr. Didin Wahidin, M.Pd., selaku Majelis LAMDIK serta dua asesor yang turut mendampingi yakni Dr. Jusniar, S.Pd., M.Pd., dari Universitas Negeri Makasar dan Dr. Mohammad Budiyanto, M.Pd. dari Universitas Surabaya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Suyitno, M.Sc., IPM., membuka Banding Asesmen Lapangan ini di Ruang Multimedia Universitas Tidar, Senin pagi, 7 Oktober 2024. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan pelaksanaan asesmen lapangan, sesi konfirmasi terkait rencana pengembangan UPPS, sistem tatapamong, sistem pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan, konfirmasi data kualitatif dan kuantitatif, pembahasan penjaminan mutu, dan kunjungan ke sarana dan prasarana. Kemudian, acara berlanjut dengan sesi tanya jawab antara asesor dengan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni, serta penilaian mandiri oleh asesor.

Usulan banding akreditasi ini diajukan berdasarkan hasil yang telah diumumkan LAMDIK bahwa peringkat akreditasi Prodi S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam adalah Baik Sekali dengan nilai 356 yang berlaku sejak 24 Juli 2024. Meskipun program studi ini merupakan program studi yang baru di FKIP Untidar, diharapkan dengan adanya banding bisa menunjukkan Prodi IPA FKIP Untidar memang layak mendapat akreditasi terbaik.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd. 

Mahasiswa PPG Calon Guru Berlatih Podcast

Kamis, 3 Oktober 2024, Mahasiswa PPG Prajab berlatih podcast di ruang PSB FKIP Universitas Tidar. Tema podcast itu adalah tentang Pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, kreativitas dan penggunaan teknologi media. Selain itu juga untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum dan teknik wawancara.

Dalam satu kelompok terdiri dari Lima mahasiswa, satu orang host dan empat orang narasumber. Kelompok satu yang diketuai oleh Mifta membahas tentang Merdeka Belajar. Tentu saja hal ini sangat menarik karena berkaitan dengan kurikulum yang saat ini sedang diterapkan di seluruh sekolah maupun Universitas. Ada 4 kelompok yang mengikuti latihan podcast ini. Mereka diberi waktu minimal 15 menit untuk tiap kelompok.

Podcast ini merupakan ajang untuk para mahasiswa calon guru mendapatkan kesempatan untuk membuat podcast yang dapat dipublikasikan, memberikan mereka pengalaman praktis yang berharga dan memperkuat portofolio mereka. Melalui kegiatan ini, mereka tidak hanya belajar tentang dunia media, tetapi juga dapat mengeksplorasi isu- isu social, budaya, dan politik yang relevan.

Penulis : Fitri

Pelaksanaan UTS Semester Gasal TA 2024/2025

Senin, 7 Oktober 2024 Mahasiswa Universitas Tidar melaksanakan Ujian Tengah Semester Gasal. Ruang Ujian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar terbagi di dua tempat yakni di Kampus FKIP Tuguran dan di Lab Rekayasa Sidotopo. UTS ini dimulai pukul 7.00 WIB setiap hari dan akan selesai pada tanggal 18 Oktober 2024 mendatang.

Dalam Ujian Tengah Semester (UTS) Gasal ini, mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik. Karena pelaksanaan di dua tempat, mahasiswa diharapkan untuk memperhatikan jadwal dan ketentuan- ketentuan yang ditetapkan oleh pohak fakultas.

Selama ujian berlangsung mahasiswa tidak diperkenankan bekerja sama dengan teman yang lain. Selain itu juga mahasiswa yang mengikuti ujian harus menaati tata tertib yang telah dibuat oleh Fakultas.

Penulis : Fitri

Peningkatan Kompetensi Guru MI di Bandongan: Tim Pengabdian Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNTIDAR Gelar Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi

Magelang, 4 Oktober 2024 – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tidar (Untidar) sukses menyelenggarakan program pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis literasi numerasi. Kegiatan yang berlangsung selama bulan Agustus dan September 2024 ini diadakan di MIS Raudlatuddin Bandongan, Kabupaten Magelang, dengan melibatkan 16 guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari MIS Raudlatuddin Salamkanci dan MIS Al Ulum Wonolelo Tonoboyo.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru MI dalam merancang media pembelajaran yang mendukung literasi dan numerasi siswa. Literasi numerasi menjadi fokus penting untuk mendukung siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan cara yang interaktif dan inovatif.

Simulasi penggunaan media pembelajaran berbasis literasi numerasi

Kegiatan ini diinisiasi oleh dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untidar, yakni Yesi Franita, M.Sc. dan Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd., serta mahasiswa Untidar yang memiliki latar belakang pendidikan matematika, yaitu Ervinna Nurizkytha, Rifqi Ahlul Setiawan, dan Itsna Farikhah Anggraeni. Pelatihan berlangsung dalam tiga pertemuan. Pertemuan pertama berfokus pada pemaparan materi mengenai media pembelajaran berbasis literasi numerasi, diikuti dengan pembagian kelompok. Pada pertemuan kedua, para guru bekerja secara berkelompok untuk membuat media pembelajaran, sementara pertemuan ketiga didedikasikan untuk simulasi dan praktik penggunaan media di dalam kelas.

Dalam pelatihan ini setelah penyampaian motivasi dan materi terkait media pembelajaran berbasis literasi numerasi pada pertemuan pertama, selanjutnya para guru dibagi dalam kelompok dan ditugaskan merancang enam jenis media pembelajaran berbasis literasi numerasi, di mana satu kelompok merancang satu media pembelajaran. Setelah merancang media pembelajaran dengan pendampingan tim pengabdi serta mengacu pada buku petunjuk pembuatan dan penggunaan media pembelajaran berbasis literasi numerasi, para guru melaksanakan simulasi penggunaan media secara bergantian di kelas. Hal ini memberikan pengalaman langsung bagi para guru dalam menerapkan media pembelajaran kepada siswa, dengan harapan materi yang disampaikan menjadi lebih mudah dipahami dan lebih menarik minat siswa.

Salah satu peserta pelatihan, Ida Espriyani, S.Pd., mengungkapkan pengalamannya, “Saya sudah mencoba menggunakan media pembelajaran papan pembagian ini di dalam kelas dan mendapatkan respon positif dari siswa. Mereka tampak senang dan antusias saat belajar.”

Foto bersama tim pengabdian dan peserta

Program pengabdian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi upaya peningkatan kompetensi guru dalam menciptakan media pembelajaran inovatif yang berbasis literasi numerasi. Penggunaan media yang tepat diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi sekaligus menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan interaktif. Dengan keberhasilan program ini, Ketua PKM, Yesi Franita, M.Sc., berharap kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah-sekolah di wilayah Magelang akan terus berlanjut guna meningkatkan kualitas pendidikan dasar, terutama di bidang literasi dan numerasi.

Penulis : Yesi Franita, M.Sc

Orientasi Akademik Mahasiswa Baru PPG bagi Guru Tertentu Tahap 3 Tahun 2024

Magelang, 30 September 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar menggelar kegiatan orientasi akademik bagi mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Guru Tertentu Tahap 3 Tahun 2024. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan memperkenalkan para mahasiswa baru terhadap lingkungan akademik dan budaya kampus, serta memberikan bekal awal yang diperlukan dalam menjalani program studi PPG di LPTK Universitas Tidar.

Orientasi akademik dilaksanakan secara hybrid. Seluruh mahasiswa mengikuti secara daring karena mahasiswa PPG tersebar di berbagai wilayah. Sedangkan untuk pimpinan beserta pengelola dan tenaga kependidikan melaksanakan orientasi secara luring di Hotel Sriti, Magelang. Orientasi akademik berlangsung selama satu hari, diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan, termasuk laporan kegiatan oleh Koorprodi PPG FKIP, sambutan dari Rektor, pembekalan akademik oleh dosen-dosen senior, serta sesi diskusi yang melibatkan para mahasiswa PPG Guru Tertentu. Melalui sesi ini, para mahasiswa diberikan pemahaman mendalam mengenai kebijakan PPG bagi Guru Tertentu, kurikulum PPG, pemaparan mengenai UKPPPG (Uji Kompetensi Peserta PPG), dan pengenalan sistem PMM (Platform Merdeka Belajar).

Kegiatan orientasi berjalan dengan lancar dan diikuti dengan semangat penuh antusias oleh seluruh mahasiswa PPG.  FKIP Universitas Tidar berkomitmen untuk terus mendukung dan membimbing mahasiswa agar menjadi guru-guru profesional yang siap berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Penulis : Fitri

Pertemuan Puncak Forkom pimpinan FKIP Se-Indonesia

Universitas Sriwijaya menjadi tuan rumah Pertemuan Puncak Forum Komunikasi (Forkom) Pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Negeri se-Indonesia pada tanggal 19 – 22 September 2024 tepatnya di Hotel Santika Premiere Bandara – Palembang. Acara ini dihadiri oleh pimpinan FKIP dari berbagai universitas negeri di seluruh Indonesia, termasuk Universitas Tidar.

Kegiatan dibuka pada hari Kamis, 19 September 2024 oleh Pj. Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Elen Setiadi, S.H., M.S.E. Hari selanjutnya, peserta forkom mengikuti kegiatan Dialog Nasional. Materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Muchlas Samani (Ketua LAMDIK) dan  Prof. Dr. Aceng Hasani, M.Pd. (Sekretaris LAMDIK) dengan materi “Kebijakan LAMDIK Menuju Akreditasi Unggul dan Akreditasi Internasional”. Materi kedua disampaikan oleh Direktur Sumberdaya Kemendikbudristek terkait arah kebijakan dan strategi pendidikan tinggi. Setelah mengikuti dialog nasional, para peserta mengikuti sesi persidangan forum Dekan, Wakil Dekan, dan Ketua Jurusan. Di antara topik yang dibahas di forum Dekan meliputi arah kebijakan PPG dan strategi pengembangan BLU ke PTNBH. Topik yang dibahas di forum Wakil Dekan I meliputi program internasionalisi bagi FKIP se-Indonesia. Adapun topik yang dibahas di forum Wakil Dekan II meliputi penguatan peran WD 2 dalam pencapaian IKU fakultas. Topik yang dibahas di forum Ketua Jurusan MIPA meliputi penguatan program studi di lingkungan JPMIPA dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan di bidang tersebut, dan topik pembahasan di forum Ketua Jurusan Bahasa dan Seni meliputi sinergi untuk meningkatkan mutu akademik.

Selain pertemuan pimpinan FKIP, ada juga lomba-lomba prestasi antar mahasiswa anggota Forkom. Dalam perlombaan tersebut, FKIP Untidar memenangkan 2 kategori lomba, yang pertama Juara 2 Lomba Media Pembelajaran Kategori Saintek a.n. Vira Hanifatun Irbah dari Prodi Pendidikan IPA dan yang kedua Juara 2 Lomba Microteaching Kategori Soshum a.n. Dita Ariyantika Ramadhani dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Kegiatan ini didampingi oleh Dekan FKIP, Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Wakil Dekan I, Dr. Siswanto, M.Pd., Wakil Dekan II, Rolisda Yoshinta, M.Pd., Kajur Bahasa dan Seni, Muhammad Daniel Fahmi Rizal, M.Hum. dan Kajur MIPA, Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd.

Acara ini tidak hanya memperkuat jaringan antar perguruan tinggi, tetapi juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menunjukkan kreativitas dan inovasi mereka. Harapannya kegiatan ini dapat memajukan dan meningkatkan dunia pendidikan yang ada di Indonesia.

Penulis : Fitri N.

Editor : Fibra

Optimalisasi Layanan Kependidikan FKIP Untidar melalui Studi Tiru di FISHIPOL Universitas Negeri Yogyakarta

Dalam rangka optimalisasi layanan kependidikan, FKIP Universitas Tidar melakukan studi tiru di FISHIPOL Universitas Negeri Yogyakarta, pada hari Rabu, 18 September 2024. Kegiatan Studi tiru disambut oleh Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja sama, Sistem Informasi dan Usaha, Dr. Rhoma Dwi Aria Yuliantri, M.Pd., Kepala UUIK (Kerja Sama), Dr. Poerwanti Hadi Pratiwi, S.Pd., M.Si., Koordinator Layanan Administrasi, Supandi, S.I.P, dan Staf Humas dan Kerjamasa, Sugeng

Dalam sambutannya, Dr. Rhoma Dwi Aria Yuliantri, M.Pd. menjelaskan tentang sejarah, profil fakultas dan sarana yang diberikan fakultas untuk memfasilitasi staf dalam meningkatkan layanan kependidikannya. Dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FKIP Untidar, Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd. yang menjelaskan tentang profil FKIP Untidar, rencana penambahan program studi S2 Pedagogik, tujuan dan maksud dari dilaksanakannya kegiatan studi tiru ini yang mana untuk pengembangan di bidang sumber daya tenaga kependidikan dan juga rencana kerjasama FKIP Untidar dan FISHIPOL UNY kedepannya.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Poerwanti Hadi Pratiwi, S.Pd., M.Si. selaku Kepala UUIK menjelaskan program exchange tendik yang dilakukan tenaga kependidikan Fishipol UNY, salah satunya dengan dilaksanakannya staff exchange ke luar negeri. Seperti tahun lalu, fakultas mengirimkan tenaga kependidikan UNY untuk belajar terkait layanan kependidikan di Mahidol University Thailand. Rencana di akhir tahun nanti, seluruh tenaga kependidikan Fishipol UNY akan melakukan kunjungan ke UIN Malang, guna belajar tentang manajemen resiko sebanyak 20JP.

Kegiatan ini berlangsung hidup karena diskusi yang dilakukan langsung mendapat umpan balik oleh beberapa tenaga kependidikan dari FKIP Untidar. Kegiatan diakhiri dengan ucapan terima kasih dari Dekan FKIP Untidar, Dr. Ahmad Muhlisin, atas waktu dan kesempatan yang sudah diberikan kepada seluruh tenaga kependidikan FKIP Untidar, dimana hal ini sangat membantu inovasi yang akan ditingkatkan di FKIP Untidar yang nantinya akan dikembangkan dan disesuaikan dengan kepentingan kerja di lingkungan FKIP Untidar. Sebagai penutupan kegiatan studi tiru, seluruh tendik FKIP Untidar melakukan Campus Tour di lingkungan Fishipol UNY didampingi oleh Bapak Supandi dan Bapak Sugeng.

Penulis : Fitri N

Upl : Fibra

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Internasional di Filipina

Pada awal bulan September 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Kegiatan ini bertujuan untuk membangun landasan jati diri calon pendidik dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan serta bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui beberapa bentuk kegiatan di Sekolah.

                PLP ini dilaksanakan di dalam dan luar Negeri, salah satunya di Filipina. Berkat kerjasama Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar, Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., 4 mahasiswa FKIP Universitas Tidar dinyatakan lolos administrasi dan lolos interview untuk mengikuti PLP di Filipina.   Mereka adalah Sorayya Fayyaza Hafeez A (S1 Pendidikan Bahasa Inggris), Avicenna Al Qadr (S1 Pendidikan Bahasa Inggris), Novia Ramadhanti (S1 Pendidikan Matematika), dan I’issaryanti (S1Pendidikan IPA).

Dengan adanya PLP Internasional ini, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman baru dan dapat lebih berkembang, serta menjadi motivasi bagi mahasiwa baru FKIP untuk terus belajar. Selain itu melalui PLP Internasional ini, FKIP Universitas Tidar menjadi lebih dikenal dikancah Internasional.

Penulis : Fitri

BOC (Bootcamp of Creativity)

Sabtu, 14 September 2024 BEM FKIP Universitas Tidar mengadakan kegiatan BOC (Bootcamp of Creativity). Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dan online.  Kegiatan online melalui zoom meeting, dan kegiatan offline dilaksanakan di Gedung Kuliah Umum dr. H.R. Suparsono Universitas Tidar. BOC ini dikhususkan untuk mahasiswa angkatan tahun 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa FKIP semester 3 dalam karya tulis, mengenalkan mahasiswa FKIP tentang program kreativitas mahasiswa (PKM), program pembinaan mahasiswa wirausaha (P2MW) dan juga PPK Ormawa. Kegiatan ini dilaksanakan 2 kali, pada tanggal 14 dan 21 September 2024.

Kegiatan ini dilakukan untuk membekali mahasiswa dalam karya tulis. Mahasiswa yang memiliki ide kreativitas untuk bisa lebih dikembangkan dan diterapkan. Selain itu melatih dan motivasi mahasiswa FKIP dalam berfikir kreatif untuk menciptakan suatu ide menarik. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa FKIP untuk mendapatkan pengalaman diluar kampus melalui keterlibatan dalam program – program yang relevan sesuai dengan target IKU ke -2 serta meningkatkan partisipasi dosen dalam kegiatan tridarma di perguruan tinggi lain, bekerja sebagai praktisi di dunia industri atau membimbing mahasiswa berkegiatan di luar program studi dengan IKU ke – 3.

Penulis : Fitri