Workshop Penyusunan Visi Keilmuan dan Project Based Learning Pendidikan Biologi

                 Kamis, 28 November 2024, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tidar mengadakan Workshop Penyusunan Visi Keilmuan dan Project Based Learning (PBL) di Hotel Atria selama dua hari. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat visi keilmuan dalam pendidikan biologi serta membekali dosen dan pendidik dengan metode pembelajaran inovatif yang berbasis proyek, guna meningkatkan kualitas pendidikan biologi di Indonesia.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber yang sangat kompeten di bidang pendidikan dan pembelajaran biologi, yakni Prof. Dr. Paidi, M.Si., dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan Dra. Eny Tarliany, M.Pd., seorang guru berpengalaman dari SMA Negeri 3 Magelang. Mereka berdua berbagi wawasan dan pengalaman mengenai pengembangan kurikulum serta implementasi Project Based Learning (PBL) dalam pendidikan biologi yang dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan abad ke-21.

Pada sesi pertama, Prof. Dr. Paidi, M.Si., memberikan pemaparan mengenai pentingnya penyusunan visi keilmuan dalam pendidikan biologi yang responsif terhadap kebutuhan zaman. Beliau menekankan bahwa visi keilmuan harus berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, serta pemecahan masalah yang relevan dengan isu-isu lingkungan dan kesehatan global.

Selanjutnya, pada sesi kedua, Dra. Eny Tarliany, M.Pd., berbagi pengalaman praktis mengenai penerapan Project Based Learning (PBL) dalam pembelajaran biologi di tingkat SMA. Beliau menjelaskan bahwa PBL memungkinkan siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar, mengembangkan keterampilan kolaboratif, serta menerapkan teori dalam proyek-proyek yang mengatasi masalah dunia nyata.

Pada hari kedua, kegiatan berfokus pada penyusunan langkah-langkah strategis dalam implementasi visi keilmuan dan PBL dalam kurikulum Pendidikan Biologi. Para peserta diajak untuk merumuskan pendekatan pembelajaran yang dapat menggabungkan aspek teori dan praktik dalam pendidikan biologi, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah melalui kolaborasi dan eksplorasi.

Di akhir acara, workshop ini menghasilkan beberapa rekomendasi penting untuk pengembangan kurikulum Pendidikan Biologi, termasuk peningkatan penggunaan metode PBL, penguatan kolaborasi antar institusi pendidikan, serta pengembangan program riset yang melibatkan mahasiswa dalam proyek-proyek biologi terapan.

Workshop Penyusunan Visi Keilmuan dan Project Based Learning S2 Pendidikan Bahasa Indonesia

Program Studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Tidar sukses mengadakan Workshop Visi Keilmuan yang berlangsung selama dua hari, pada 25 hingga 26 November 2024 di Hotel Atria. Kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum., seorang pakar dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dari Universitas Negeri Semarang, sebagai narasumber utama.

Workshop ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman para peserta tentang pentingnya pengembangan ilmu pendidikan bahasa Indonesia dan strategi dalam menghadapi tantangan pendidikan di era globalisasi. Acara ini dihadiri oleh dosen, mahasiswa, serta praktisi pendidikan bahasa yang ingin mengembangkan wawasan serta keahlian dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia.

Selain pemaparan dari narasumber, workshop ini juga diisi dengan sesi diskusi kelompok, dimana peserta diajak untuk berbagi ide dan pengalaman terkait penerapan visi keilmuan dalam konteks pendidikan bahasa Indonesia. Diskusi ini membuka peluang bagi pengembangan kurikulum serta metode pengajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Pada hari kedua, acara dilanjutkan dengan sesi perumusan langkah-langkah konkret dalam menyusun visi keilmuan untuk program studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, yang melibatkan seluruh peserta dalam merumuskan rekomendasi dan rencana tindak lanjut. Diharapkan, hasil workshop ini dapat memberikan sumbangsih yang besar bagi pengembangan kualitas pendidikan bahasa Indonesia di masa yang akan datang.

Dengan suksesnya pelaksanaan workshop ini, diharapkan Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia dapat terus berkembang dan berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan, khususnya dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

Workshop Penyusunan Visi Keilmuan dan Project Based Learning Pendidikan Matematika  

 Rabu, 20 November 2024, Program Studi Matematika FKIP Universitas Tidar berhasil menyelenggarakan Workshop Visi Keilmuan pada tanggal 20 hingga 21 November 2024 di Hotel Atria. Kegiatan ini mengundang Prof. Dr. Mardiyana, M.Si., seorang pakar matematika dari Universitas Sebelas Maret (UNS), sebagai narasumber utama. Workshop ini bertujuan untuk memperkuat arah pengembangan keilmuan dalam program studi matematika serta mendiskusikan tantangan dan peluang dalam dunia pendidikan matematika.

Pada sesi pertama, Prof. Dr. Mardiyana memaparkan materi mengenai pentingnya pengembangan visi keilmuan dalam pendidikan matematika. Ia menjelaskan bahwa matematika harus dilihat tidak hanya sebagai disiplin ilmu yang terpisah, tetapi juga sebagai alat untuk memecahkan masalah-masalah praktis di berbagai bidang kehidupan. Workshop ini juga mencakup sesi diskusi interaktif, di mana peserta diajak untuk berbagi pemikiran dan pengalaman mengenai tantangan yang dihadapi dalam pengajaran matematika dan bagaimana mengembangkan kurikulum serta metodologi yang lebih efektif. Peserta juga membahas tentang bagaimana teknologi dan digitalisasi dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa.

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan perumusan visi keilmuan yang lebih aplikatif untuk Program Studi Matematika. Dalam sesi ini, Prof. Mardiyana memberikan panduan tentang bagaimana menyusun rencana pengembangan keilmuan yang sejalan dengan perkembangan dunia pendidikan tinggi dan kebutuhan industri. Rencana ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika dan mencetak lulusan yang lebih siap bersaing di pasar global.

Sebagai penutupan, workshop ini menghasilkan beberapa rekomendasi penting terkait dengan penguatan kurikulum matematika yang berbasis pada perkembangan teknologi, peningkatan kolaborasi antara dunia akademik dan industri, serta penguatan riset matematika terapan yang memiliki dampak langsung pada masyarakat.

Melalui workshop ini, diharapkan Program Studi Matematika dapat semakin memperkuat visinya dalam menjawab tantangan global dan berkontribusi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang matematika.

Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam mengadakan Workshop Ilmu Keilmuan dan Project Based Learning – Hotel Safira Magelang

Magelang, 19 November 2024 – Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam menggelar Workshop Penyusunan Visi Keilmuan dan Project Based Leaning pada hari Senin – Selasa, 18 – 19 November 2024 di Hotel Safira Magelang. Acara ini dihadiri oleh pimpinan fakultas, dosen prodi IPA, dan tenaga kependidikan.

Workshop ini dibuka oleh Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd. yang menyampaikan pentingnya penyelarasan visi keilmuan dalam program studi. “Dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, program studi pascasarjana harus memiliki visi yang jelas dan terarah guna menjawab tantangan zaman serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan dunia akademik,” ujar Dekan dalam sambutannya.

Selama kegiatan workshop, para peserta terlibat dalam berbagai diskusi mengenai tren penelitian terbaru, inovasi dalam metode pengajaran, serta kolaborasi antarbidang ilmu.

Selain itu, acara ini juga menghadirkan narasumber dari Universitas Pasundan yaitu Prof. Dr. Didin Wahidin, M.Pd. yang membahas tentang Perencanaan Strategis dalam Pengembangan Institusi, Perumusan Visi, Misi Kelimuan, Tujuan dan Sasaran Program Studi. Menurutnya, taraf pendidikan rakyat Indonesia perlu ditingkatkan untuk menciptakan SDM yang unggul dan pengembangan visi keilmuan harus mencakup pendekatan multidisiplin yang dapat menjawab kebutuhan nyata di lapangan.

Selama workshop ini, dosen program studi pendidikan IPA telah mendalami berbagai aspek terkait visi keilmuan, dari landasan teori hingga aplikasi praktis di lapangan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, program studi pendidikan ilmu pengetahuan alam FKIP Universitas Tidar mampu mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga relevan dengan perkembangan zaman dan juga semua ini dapat menjadi bekal untuk mengembangkan keilmuan lebih lanjut.

Penulis : Fibra. (Siska)

Benchmarking ke Institute of Education, Far Eastern University

Jumat, 14 November 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tidar melaksanakan kegiatan benchmarking ke Institute of Education Far Eastern University. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom meeting ini bertujuan untuk membahas pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa, kurikulum kependidikan, serta rencana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam acara tersebut, kedua institusi berbagi pengalaman dan praktik terbaik terkait integrasi kewirausahaan dalam pendidikan. Selain itu, diskusi mengenai kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat juga menjadi fokus utama. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan inovasi dalam pengembangan program studi di FKIP Untidar serta memperkuat kerjasama internasional dalam bidang pendidikan.

Kegiatan ini merupakan langkah strategis FKIP Untidar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi kurikulum, serta memperluas jaringan akademik dan penelitian di tingkat global. Pihak FEU juga sangat terbuka untuk rencana kerjasama ini.

Penulis : Fibra

Spedsacular Tourism 3.0

Selasa, 12 November 2024, EDSA (English Department Student Association) FKIP Universitas Tidar mengadakan kegiatan “Spedsacular Tourism 3.0” yang berlangsung di Lab Rekayasa, Gedung Sidotopo. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 s.d 11.00 WIB dan diikuti lebih dari 100 peserta yang merupakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris.

                Diawali dengan sambutan dari ketua panitia, Diandra Tria Puspitowati dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Carolus Prima Feri K, M.Pd. tentang “Introduction to English for Tourism”. Kegiatan ini membahas tentang pentingnya Bahasa Inggris dalam industri pariwisata, dengan fokus pada kemampuan berkomunikasi yang efektif bagi para pelaku industry, seperti pemandu wisata, pekerja hotel, dan staf transportasi. Materi yang disampaikan oleh narasumber mencakup kosakata dan frasa yang sering digunakan dalam interaksi dengan wisatawan internasional, serta cara berkomunikasi yang ramah dan profesional. Peserta juga diperkenalkan dengan berbagai situasi yang sering terjadi di sector pariwisata, seperti memberikan arahan, menjelaskan tempat wisata, serta menangani masalah yang mungkin terjadi. Seminar ini menekankan pentingnya keterampilan Bahasa Inggris untuk meningkatkan pengalaman wisatawan dan mendukung kesuksesan bisnis pariwisata.

Pemateri kedua, Arif Taat Ujiyanto, M.Ps. menyampaikan tentang “Strategies to Improve and Maintain Eco-Tourism Indsutry”. Beliau membahas tentang berbagai strategi untuk meningkatkan dan menjaga kelangsungan industri ekowisata. Beberapa poin utama yang dibahas antara lain: pentingnya keberlanjutan dalam pengelolaan destinasi eko wisata, perlunya kerja sama pemerintah, masyarakat local, dan pelaku industri, serta penerapan prinsip- prinsip ramah lingkungan dalam operasional pariwisata. Selain itu, seminar ini juga menekankan peran pendidikan dan kesadaran wisatawan mengenai pentingnya pelestarian alam. Untuk menjaga daya tarik destinasi ekowisata, strategi pemasaran yang tepat dan pengembangan produk yang inovatif juga menjadi fokus utama. Dengan pendekatan yang berkelanjutan, diharapkan industry ekowisata dapat terus berkembang tanpa merusak lingkungan.

Penulis : Fibra

Dari Gagasan Menuju Karya: Menemukan Inspirasi dan Mengelola Proses Kreatif dalam Penulisan Sastra

dalam Penulisan Sastra

Minggu, 10 November 2024, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan kuliah umum yang bertajuk “Dari Gagasan Menuju Karya: Menemukan Inspirasi dan Mengelola Proses Kreatif dalam Penulisan Sastra.” Acara ini berlangsung di Ruang I202 serta disiarkan secara daring melalui Zoom Meeting, dan berhasil menarik perhatian banyak peserta dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa, penulis, dan pecinta sastra.

Dalam Kuliah umum ini setidaknya ada 170 peserta yang bergabung, khususnya mahasiswa semester V yang mengambil mata kuliah penulisan kreatif Sastra. Kegiatan ini mengundang  dua narasumber inspiratif, yaitu Mahwi Air Tawar dan Wicahyanti Rejeki yang diharapkan dapat menjadi inspirasi dan memberri motivasi para mahasiswa untuk berkarya sastra.

Dzikrina Dian Cahyani, M.A. selaku dosen pengampu mata kuliah penulisan kreatif sastra berharap kegiatan ini dapat menambah pemahaman dan wawasan tentang proses kreatif sastra. Acara ini tidak hanya memberikan wawasan berharga tentang penulisan sastra, tetapi juga menciptakan ruang diskusi yang interaktif antara narasumber dan peserta. Banyak peserta mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman mereka, menciptakan suasana yang hangat dan mendukung.

Dengan suksesnya kuliah umum ini, diharapkan peserta dapat lebih memahami proses kreatif dalam penulisan sastra dan terinspirasi untuk menghasilkan karya-karya yang bermanfaat. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan harapan untuk terus mengadakan kegiatan serupa di masa depan.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd.

Universitas Tidar Raih 7 Penghargaan di Ajang Abdidaya Ormawa 2024

Universitas Tidar kembali menunjukkan prestasinya di tingkat nasional dengan meraih 7 penghargaan Abdidaya Ormawa 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi Republik Indonesia di Universitas Udayana Bali, Kamis-Sabtu (7-9/11).

Abdidaya Ormawa adalah penghargaan yang diberikan kepada perguruan tinggi yang berhasil melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan ormawa secara aktif. Penghargaan ini juga menjadi bentuk apresiasi terhadap ormawa yang berperan penting dalam menyukseskan program-program kemahasiswaan, terutama yang berdampak positif bagi masyarakat luas. Program ini menilai dampak program pengabdian masyarakat, membangun desa binaan berkelanjutan, serta mendorong inovasi sosial yang berkelanjutan. Mengusung tema ‘Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan dan Soft Skills Mahasiswa sebagai Agen Transformasi Pembangunan Bangsa’, Abdidaya Ormawa tahun ini fokus pada kolaborasi, inovasi teknologi, serta kemitraan demi mewujudkan Indonesia Maju.

FKIP Universitas Tidar mendelegasikan beberapa dosen yaitu Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc.  sebagai PIC PPK Ormawa sekaligus dosen pendamping tim PPK BEM FKIP, Yesi Franita, S.Si., M.Sc. sebagai panitia PPK Ormawa, Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd. sebagai dosen pendamping HIMATIKA, dan  Dr. Setiyo Prajoko, S.Pd., M.Pd. sebagai dosen pendamping HIMAPBIO.

Karunia Galih, S.Pd., M.Sc., menjelaskan bahwa Universitas Tidar telah berhasil meraih 7 kejuaraan dalam ajang ini, diantaranya:

  1. Juara 3 Perguruan Tinggi Terinovatif diraih oleh Universitas Tidar
  2. Juara 3 Mitra Paling Partisipatif : Desa Gandusari oleh UKM PELITA
  3. Juara 2 Dosen Pendamping Terinovatif diraih oleh Tri Puji Rahayu, M.P.
  4. Juara 1 Ormawa dengan keberlanjutan terkuat diraih oleh UKM PELITA
  5. Juara 1 Tim Pelaksana dengan Luaran Terlengkap diraih oleh UKM PELITA
  6. Juara 2 Poster Terinformatif diraih oleh UKM PELITA
  7. Juara 1 Video Terinovatif diraih oleh HIMAPBIO

“Saya turut merasa bangga karena HIMAPBIO sebagai salah satu wakil dari FKIP Universitas Tidar turut memeriahkan dan berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan untuk Universitas Tidar tercinta”, tambahnya.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd. / Sis

Visitasi Penjaminan Mutu dan Pemantauan Evaluasi Penyelenggaraan PPG FKIP Universitas Tidar.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar menerima kunjungan dari tim visitasi yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau pelaksanaan penjaminan mutu dan pemantauan evaluasi penyelenggaraan PPG. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, 6 s.d. 7 November 2024 di Ruang Rapat FKIP Universitas Tidar.

Tim yang ditugaskan dalam visitasi ini adalah Dr. Muhammad Iqbal, M.Pd. dan Novita Nur Baiti, M.Pd. yang disambut hangat oleh pimpinan dan seluruh pengelola PPG FKIP Untidar. Tim visitasi yang hadir melakukan serangkaian peninjauan terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan pelaksanaan program PPG. Penjaminan mutu dan pemantauan evaluasi merupakan bagian penting untuk memastikan bahwa program PPG di FKIP Untidar berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan terus mengalami peningkatan.

 

Hari pertama, tim visitasi dibagi menjadi 2. Dr. Muhammad Iqbal, M.Pd. bersama pengelola dan tendik membahas dokumen lembar observasi kapasitas LPTK penyelenggara PPG dan memeriksa seluruh bukti dukung yang sudah disiapkan oleh pengelola PPG FKIP Untidar di Ruang Rapat FKIP. Sedangkan Novita Nur Baiti, M.Pd. bersama pengelola PPG, guru pamong, dan beberapa mahasiswa PPG membahas soal teknis dan melakukan beberapa pertanyaan seputar pelaksanaan perkuliahan PPG di FKIP Untidar di ruang I.2.02 (Lab. Microteaching PPG)

Kegiatan di hari kedua, tim visitasi melakukan kunjungan ke SMKS Muhammadiyah Magelang didampingi oleh pengelola PPG FKIP Untidar. Visitasi ke sekolah bertujuan untuk mengevaluasi dampak adanya mahasiswa PPG di sekolah tersebut dengan melakukan wawancara dan membagikan kuesioner ke kepala sekolah, guru, dan siswa.

Secara keseluruhan, program PPL bagi mahasiswa PPG menjadi sarana yang saling menguntungkan bagi mahasiswa, sekolah, dan seluruh komunitas pendidikan dalam mencapai tujuan bersama untuk menghasilkan pendidikan berkualitas dan mencetak generasi yang lebih baik.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar, baik bagi pengembangan program PPG ke depannya maupun bagi seluruh pihak yang terlibat dalam mencetak guru-guru profesional yang kompeten dan berdedikasi tinggi. Semoga segala upaya bersama ini terus mendukung tercapainya tujuan mulia dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas generasi penerus bangsa.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd. / Sis

Closing Ceremony SEA-TEACHER

Jumat, 8 November 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan kegiatan Closing Ceremony SEA-TEACHER yang dihadiri oleh mahasiswa peserta SEA-TEACHER, dosen dan tenaga kependidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk merayakan keberhasilan program ini.

                Kegiatan ini sekaligus untuk melepas mahasiswa peserta SEA-TEACHER untuk kembali ke FEU karena telah selesai masa pendidikannya di Universitas Tidar. Mereka telah melaksanakan kegiatan mengajar di Sekolah selama satu bulan penuh. Acara ini menandai akhir dari program pertukaran dan pengembangan pendidikan.

Acara ini dimulai dengan sambutan oleh Koordinator Program Studi Bahasa Inggris, Agnira Rekha, M.Pd., kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Departemen Pendidikan Far Eastern University. Universitas mengapresiasi partisipasi semua pihak dan menyoroti dampak positif dari kolaborasi ini terhadap peningkatan kualitas pengajaran. Dosen dan mahasiswa yang terlibat juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pesan dan kesan, serta berbagi pengalaman.

Kegiatan ini diakhiri dengan pelepasan jas almamater oleh Ketua Jurusan Bahasa dan Seni, Muhammad Daniel Fahmi Rizal, M.Hum. Melalui acara ini, diharapkan hubungan antar institusi pendidikan di kawasan Asia Tenggara semakin kuat, serta mendorong inovasi dan pertukaran pengetahuan di masa depan.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd.