Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam mengadakan Workshop Ilmu Keilmuan dan Project Based Learning – Hotel Safira Magelang

Magelang, 19 November 2024 – Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam menggelar Workshop Penyusunan Visi Keilmuan dan Project Based Leaning pada hari Senin – Selasa, 18 – 19 November 2024 di Hotel Safira Magelang. Acara ini dihadiri oleh pimpinan fakultas, dosen prodi IPA, dan tenaga kependidikan.

Workshop ini dibuka oleh Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd. yang menyampaikan pentingnya penyelarasan visi keilmuan dalam program studi. “Dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, program studi pascasarjana harus memiliki visi yang jelas dan terarah guna menjawab tantangan zaman serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan dunia akademik,” ujar Dekan dalam sambutannya.

Selama kegiatan workshop, para peserta terlibat dalam berbagai diskusi mengenai tren penelitian terbaru, inovasi dalam metode pengajaran, serta kolaborasi antarbidang ilmu.

Selain itu, acara ini juga menghadirkan narasumber dari Universitas Pasundan yaitu Prof. Dr. Didin Wahidin, M.Pd. yang membahas tentang Perencanaan Strategis dalam Pengembangan Institusi, Perumusan Visi, Misi Kelimuan, Tujuan dan Sasaran Program Studi. Menurutnya, taraf pendidikan rakyat Indonesia perlu ditingkatkan untuk menciptakan SDM yang unggul dan pengembangan visi keilmuan harus mencakup pendekatan multidisiplin yang dapat menjawab kebutuhan nyata di lapangan.

Selama workshop ini, dosen program studi pendidikan IPA telah mendalami berbagai aspek terkait visi keilmuan, dari landasan teori hingga aplikasi praktis di lapangan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, program studi pendidikan ilmu pengetahuan alam FKIP Universitas Tidar mampu mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga relevan dengan perkembangan zaman dan juga semua ini dapat menjadi bekal untuk mengembangkan keilmuan lebih lanjut.

Penulis : Fibra. (Siska)

Benchmarking ke Institute of Education, Far Eastern University

Jumat, 14 November 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tidar melaksanakan kegiatan benchmarking ke Institute of Education Far Eastern University. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom meeting ini bertujuan untuk membahas pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa, kurikulum kependidikan, serta rencana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam acara tersebut, kedua institusi berbagi pengalaman dan praktik terbaik terkait integrasi kewirausahaan dalam pendidikan. Selain itu, diskusi mengenai kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat juga menjadi fokus utama. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan inovasi dalam pengembangan program studi di FKIP Untidar serta memperkuat kerjasama internasional dalam bidang pendidikan.

Kegiatan ini merupakan langkah strategis FKIP Untidar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi kurikulum, serta memperluas jaringan akademik dan penelitian di tingkat global. Pihak FEU juga sangat terbuka untuk rencana kerjasama ini.

Penulis : Fibra

Spedsacular Tourism 3.0

Selasa, 12 November 2024, EDSA (English Department Student Association) FKIP Universitas Tidar mengadakan kegiatan “Spedsacular Tourism 3.0” yang berlangsung di Lab Rekayasa, Gedung Sidotopo. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 s.d 11.00 WIB dan diikuti lebih dari 100 peserta yang merupakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris.

                Diawali dengan sambutan dari ketua panitia, Diandra Tria Puspitowati dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Carolus Prima Feri K, M.Pd. tentang “Introduction to English for Tourism”. Kegiatan ini membahas tentang pentingnya Bahasa Inggris dalam industri pariwisata, dengan fokus pada kemampuan berkomunikasi yang efektif bagi para pelaku industry, seperti pemandu wisata, pekerja hotel, dan staf transportasi. Materi yang disampaikan oleh narasumber mencakup kosakata dan frasa yang sering digunakan dalam interaksi dengan wisatawan internasional, serta cara berkomunikasi yang ramah dan profesional. Peserta juga diperkenalkan dengan berbagai situasi yang sering terjadi di sector pariwisata, seperti memberikan arahan, menjelaskan tempat wisata, serta menangani masalah yang mungkin terjadi. Seminar ini menekankan pentingnya keterampilan Bahasa Inggris untuk meningkatkan pengalaman wisatawan dan mendukung kesuksesan bisnis pariwisata.

Pemateri kedua, Arif Taat Ujiyanto, M.Ps. menyampaikan tentang “Strategies to Improve and Maintain Eco-Tourism Indsutry”. Beliau membahas tentang berbagai strategi untuk meningkatkan dan menjaga kelangsungan industri ekowisata. Beberapa poin utama yang dibahas antara lain: pentingnya keberlanjutan dalam pengelolaan destinasi eko wisata, perlunya kerja sama pemerintah, masyarakat local, dan pelaku industri, serta penerapan prinsip- prinsip ramah lingkungan dalam operasional pariwisata. Selain itu, seminar ini juga menekankan peran pendidikan dan kesadaran wisatawan mengenai pentingnya pelestarian alam. Untuk menjaga daya tarik destinasi ekowisata, strategi pemasaran yang tepat dan pengembangan produk yang inovatif juga menjadi fokus utama. Dengan pendekatan yang berkelanjutan, diharapkan industry ekowisata dapat terus berkembang tanpa merusak lingkungan.

Penulis : Fibra

Dari Gagasan Menuju Karya: Menemukan Inspirasi dan Mengelola Proses Kreatif dalam Penulisan Sastra

dalam Penulisan Sastra

Minggu, 10 November 2024, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan kuliah umum yang bertajuk “Dari Gagasan Menuju Karya: Menemukan Inspirasi dan Mengelola Proses Kreatif dalam Penulisan Sastra.” Acara ini berlangsung di Ruang I202 serta disiarkan secara daring melalui Zoom Meeting, dan berhasil menarik perhatian banyak peserta dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa, penulis, dan pecinta sastra.

Dalam Kuliah umum ini setidaknya ada 170 peserta yang bergabung, khususnya mahasiswa semester V yang mengambil mata kuliah penulisan kreatif Sastra. Kegiatan ini mengundang  dua narasumber inspiratif, yaitu Mahwi Air Tawar dan Wicahyanti Rejeki yang diharapkan dapat menjadi inspirasi dan memberri motivasi para mahasiswa untuk berkarya sastra.

Dzikrina Dian Cahyani, M.A. selaku dosen pengampu mata kuliah penulisan kreatif sastra berharap kegiatan ini dapat menambah pemahaman dan wawasan tentang proses kreatif sastra. Acara ini tidak hanya memberikan wawasan berharga tentang penulisan sastra, tetapi juga menciptakan ruang diskusi yang interaktif antara narasumber dan peserta. Banyak peserta mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman mereka, menciptakan suasana yang hangat dan mendukung.

Dengan suksesnya kuliah umum ini, diharapkan peserta dapat lebih memahami proses kreatif dalam penulisan sastra dan terinspirasi untuk menghasilkan karya-karya yang bermanfaat. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan harapan untuk terus mengadakan kegiatan serupa di masa depan.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd.

Universitas Tidar Raih 7 Penghargaan di Ajang Abdidaya Ormawa 2024

Universitas Tidar kembali menunjukkan prestasinya di tingkat nasional dengan meraih 7 penghargaan Abdidaya Ormawa 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi Republik Indonesia di Universitas Udayana Bali, Kamis-Sabtu (7-9/11).

Abdidaya Ormawa adalah penghargaan yang diberikan kepada perguruan tinggi yang berhasil melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan ormawa secara aktif. Penghargaan ini juga menjadi bentuk apresiasi terhadap ormawa yang berperan penting dalam menyukseskan program-program kemahasiswaan, terutama yang berdampak positif bagi masyarakat luas. Program ini menilai dampak program pengabdian masyarakat, membangun desa binaan berkelanjutan, serta mendorong inovasi sosial yang berkelanjutan. Mengusung tema ‘Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan dan Soft Skills Mahasiswa sebagai Agen Transformasi Pembangunan Bangsa’, Abdidaya Ormawa tahun ini fokus pada kolaborasi, inovasi teknologi, serta kemitraan demi mewujudkan Indonesia Maju.

FKIP Universitas Tidar mendelegasikan beberapa dosen yaitu Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc.  sebagai PIC PPK Ormawa sekaligus dosen pendamping tim PPK BEM FKIP, Yesi Franita, S.Si., M.Sc. sebagai panitia PPK Ormawa, Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd. sebagai dosen pendamping HIMATIKA, dan  Dr. Setiyo Prajoko, S.Pd., M.Pd. sebagai dosen pendamping HIMAPBIO.

Karunia Galih, S.Pd., M.Sc., menjelaskan bahwa Universitas Tidar telah berhasil meraih 7 kejuaraan dalam ajang ini, diantaranya:

  1. Juara 3 Perguruan Tinggi Terinovatif diraih oleh Universitas Tidar
  2. Juara 3 Mitra Paling Partisipatif : Desa Gandusari oleh UKM PELITA
  3. Juara 2 Dosen Pendamping Terinovatif diraih oleh Tri Puji Rahayu, M.P.
  4. Juara 1 Ormawa dengan keberlanjutan terkuat diraih oleh UKM PELITA
  5. Juara 1 Tim Pelaksana dengan Luaran Terlengkap diraih oleh UKM PELITA
  6. Juara 2 Poster Terinformatif diraih oleh UKM PELITA
  7. Juara 1 Video Terinovatif diraih oleh HIMAPBIO

“Saya turut merasa bangga karena HIMAPBIO sebagai salah satu wakil dari FKIP Universitas Tidar turut memeriahkan dan berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan untuk Universitas Tidar tercinta”, tambahnya.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd. / Sis

Visitasi Penjaminan Mutu dan Pemantauan Evaluasi Penyelenggaraan PPG FKIP Universitas Tidar.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar menerima kunjungan dari tim visitasi yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau pelaksanaan penjaminan mutu dan pemantauan evaluasi penyelenggaraan PPG. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, 6 s.d. 7 November 2024 di Ruang Rapat FKIP Universitas Tidar.

Tim yang ditugaskan dalam visitasi ini adalah Dr. Muhammad Iqbal, M.Pd. dan Novita Nur Baiti, M.Pd. yang disambut hangat oleh pimpinan dan seluruh pengelola PPG FKIP Untidar. Tim visitasi yang hadir melakukan serangkaian peninjauan terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan pelaksanaan program PPG. Penjaminan mutu dan pemantauan evaluasi merupakan bagian penting untuk memastikan bahwa program PPG di FKIP Untidar berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan terus mengalami peningkatan.

 

Hari pertama, tim visitasi dibagi menjadi 2. Dr. Muhammad Iqbal, M.Pd. bersama pengelola dan tendik membahas dokumen lembar observasi kapasitas LPTK penyelenggara PPG dan memeriksa seluruh bukti dukung yang sudah disiapkan oleh pengelola PPG FKIP Untidar di Ruang Rapat FKIP. Sedangkan Novita Nur Baiti, M.Pd. bersama pengelola PPG, guru pamong, dan beberapa mahasiswa PPG membahas soal teknis dan melakukan beberapa pertanyaan seputar pelaksanaan perkuliahan PPG di FKIP Untidar di ruang I.2.02 (Lab. Microteaching PPG)

Kegiatan di hari kedua, tim visitasi melakukan kunjungan ke SMKS Muhammadiyah Magelang didampingi oleh pengelola PPG FKIP Untidar. Visitasi ke sekolah bertujuan untuk mengevaluasi dampak adanya mahasiswa PPG di sekolah tersebut dengan melakukan wawancara dan membagikan kuesioner ke kepala sekolah, guru, dan siswa.

Secara keseluruhan, program PPL bagi mahasiswa PPG menjadi sarana yang saling menguntungkan bagi mahasiswa, sekolah, dan seluruh komunitas pendidikan dalam mencapai tujuan bersama untuk menghasilkan pendidikan berkualitas dan mencetak generasi yang lebih baik.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar, baik bagi pengembangan program PPG ke depannya maupun bagi seluruh pihak yang terlibat dalam mencetak guru-guru profesional yang kompeten dan berdedikasi tinggi. Semoga segala upaya bersama ini terus mendukung tercapainya tujuan mulia dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas generasi penerus bangsa.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd. / Sis

Closing Ceremony SEA-TEACHER

Jumat, 8 November 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan kegiatan Closing Ceremony SEA-TEACHER yang dihadiri oleh mahasiswa peserta SEA-TEACHER, dosen dan tenaga kependidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk merayakan keberhasilan program ini.

                Kegiatan ini sekaligus untuk melepas mahasiswa peserta SEA-TEACHER untuk kembali ke FEU karena telah selesai masa pendidikannya di Universitas Tidar. Mereka telah melaksanakan kegiatan mengajar di Sekolah selama satu bulan penuh. Acara ini menandai akhir dari program pertukaran dan pengembangan pendidikan.

Acara ini dimulai dengan sambutan oleh Koordinator Program Studi Bahasa Inggris, Agnira Rekha, M.Pd., kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Departemen Pendidikan Far Eastern University. Universitas mengapresiasi partisipasi semua pihak dan menyoroti dampak positif dari kolaborasi ini terhadap peningkatan kualitas pengajaran. Dosen dan mahasiswa yang terlibat juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pesan dan kesan, serta berbagi pengalaman.

Kegiatan ini diakhiri dengan pelepasan jas almamater oleh Ketua Jurusan Bahasa dan Seni, Muhammad Daniel Fahmi Rizal, M.Hum. Melalui acara ini, diharapkan hubungan antar institusi pendidikan di kawasan Asia Tenggara semakin kuat, serta mendorong inovasi dan pertukaran pengetahuan di masa depan.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd.

Welcome Ceremony dan Orientasi Mahasiswa SEA-TEACHER

Rabu, 6 November 2024, Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan peserta SEA-TEACHER  secara resmi oleh Institute of Education, Far Eastern University, Filipina. FEU mengadakan Welcome Ceremony dan Orientasi untuk program Sea Teacher.

Acara dimulai dengan sambutan dari rektor dan para pengurus universitas, yang menekankan pentingnya kolaborasi antar negara dan pengembangan keterampilan pengajaran. Selain itu, mahasiswa  diperkenalkan kepada kurikulum, fasilitas, dan kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di FEU.

Mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan dosen, serta mengikuti sesi tanya jawab untuk mempersiapkan mereka menghadapi pengalaman belajar di Filipina. Acara ini dilanjutkan dengan tur kampus, memungkinkan peserta untuk lebih mengenal lingkungan belajar mereka.

Acara ini diharapkan dapat membangun semangat kolaborasi dan integrasi di antara mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd.

Empat Mahasiswa FKIP Mengikuti SEA-Teacher di Filipina

Senin, 4 November 2024 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar mengirimkan 4 Mahasiswa untuk mengikuti kegiatan SEA Teacher diantaranya: Avicenna Al- Qodr (Pendidikan Bahasa Inggris), Soraya Fayyaza Haffez Abdullah (Pendidikan Bahasa Inggris), I’issaryanti (Ilmu Pengetahuan Alam), dan Novia Ramadhanti (Pendidikan Matematika).  Mereka tiba di Far Eastern University pada tanggal 4 November 2024.

SEA TEACHER adalah (Pre –Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia) adalah program yang memberi kesempatan bagi mahasiswa pendidikan di negara-negara ASEAN untuk melakukan praktik mengajar di sekolah-sekolah di negara anggota lainnya. Mahasiswa yang mengikuti program ini biasanya akan mendapatkan pengalaman berharga dalam mengajar dan memahami budaya pendidikan di negara berbeda.

Mereka mengikuti SEA TEACHER mulai dari 4 November hingga 29 November 2024. Program ini memberi mereka kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mengajar dan memperluas wawasan mengenai praktik pendidikan di Filipina.

Selama periode ini, para mahasiswa akan terlibat dalam kegiatan mengajar di sekolah-sekolah setempat, berinteraksi dengan siswa, dan belajar tentang budaya pendidikan Filipina. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pengalaman langsung dalam menghadapi tantangan dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd.

Pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) Mahasiswa PPG bagi Calon Guru Tahun 2024

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Tidar menyelenggarakan Ujian Tengah Semester (UTS) bagi mahasiswa PPG bagi Calon Guru Tahun 2024. Ujian dilaksanakan mulai hari Rabu – Jumat, 30 Oktober s.d. 1 November 2024 di Kampus Universitas Tidar. Pelaksanaan UTS dilakukan secara offline dengan mekanisme diatur oleh dosen pengampu dan hasil jawaban UTS diunggah di LMS PPG bagi Calon Guru.

Pada Ujian Tengah Semester kali ini diikuti oleh 146 mahasiswa aktif yang berasal dari tiga bidang studi yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan 3 (tiga) rombel, bidang studi Bahasa Indonesia sebanyak 1 (satu) rombel dan bidang studi Bahasa Inggris sebanyak 1 (satu) rombel. Seluruh peserta akan mengikuti UTS dengan menggunakan beberapa ruang ujian yang berada di 2 (dua) lokasi yakni di kampus Tuguran menggunakan Lab. Micro PPG, Lab Micro A, Lab Micro B, dan di Gedung Lab. Rekayasa yang berada di Sidotopo menggunakan Ruang LR.2.07, Ruang LR.3.08.

Ujian Tengah Semester akan diujikan sebanyak  5 (lima) mata kuliah yakni Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya, Prinsip Pengajaran dan Asesmen 1, Filosofi Pendidikan Indonesia, Literasi Lintas Mata Pelajaran, Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Kearifan. Kegiatan UTS ini menjadi bagian dari evaluasi yang wajib dilakukan untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa memaknai dan memahami materi-materi yang sudah disampaikan.

Penulis : Fibra