Kompetensi Lulusan :
A. Sikap :
- Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, menunjukkan sikap positif, mandiri, berjiwa wirausaha, dan bertanggung jawab dengan menjunjung tinggi etika profesi, berperilaku reflektif, adaptif, dan berpusat pada peserta didik.
B. Keterampilan Umum :
- Melakukan tugas guru secara profesional.
- Menggunakan pengetahuan tentang materi dan ilmu pendidikan dalam pengambilan keputusan secara independen dalam menjalankan tugas guru berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis,dan kreatif.
- Menerapkan komunikasi efektif dalam menyampaikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan profesi guru sesuai dengan kebijakan nasional.
- Melakukan evaluasi secara kritis terhadap kinerja dan keputusan sendiri atau sejawat.
- Melibatkan diri dalam kolaborasi dengan sejawat, profesi lain, dan pemangku kepentingan untuk memecahkan permasalahan pendidikan dalam meningkatkan mutu sumber daya dan pengembangan organisasi.
- Menerapkan perilaku yang sesuai dengan kode etik guru secara bertanggung jawab.
- Melakukan pengembangan diri secara berkelanjutan melalui kebiasaan refleksi yang berbasis data.
- Menggunakan pengetahuan pedagogik dan bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah terkait pembelajaran.
C. Ketrampilan Khusus
- Melaksanakan pembelajaran berpusat pada peserta didik yang efektif sesuai dengan kebenaran konten bidang ilmu menggunakan teori pembelajaran dan TIK secara adaptif.
- Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman serta memfasilitasi peserta didik belajar dengan melibatkan orang tua dan masyarakat.
- Melaksanakan praktik pembelajaran profesional yang terdiri dari merancang, melaksanakan, dan melaporkan asesmen serta melakukan refleksi hasil asesmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.
- Menerapkan strategi efektif dan reflektif dalam pengembangan diri untuk mewujudkan pembelajaran berkualitas dan berkelanjutan.
D. Pengetahuan
- Menguasai teori dan konsep bidang ilmu dan pedagogi untuk menyusun alur belajar berdasarkan tingkat kompleksitasnya.
- Menguasai pengetahuan tentang pemetaan tingkat penguasaan peserta didik untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
- Menguasai pengetahuan tentang teori pedagogi dan kurikulum dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.