Selasa, 29 April 2025 kegiatan benchmarking prodi PBSI Univet ke Prodi PBSI Untidar. Sejumlah 9 Tenaga Pendidik dari Univet dan 49 mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Bersepakat melaksanakan kegiatan “Membangun Kerjasama dalam Pengelolaan Program Studi dan Sumber Daya Manusia yang UNGGUL” Tahun Akademik 2024/2025″ pada bulan April 2025 bertempat di Universitas TIDAR Magelang yang dilaksanakan secara luring.
Adapun pemateri Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; 1) Dr. Muhlis Fajar Wicaksana (Materi tentang Jumal Ilmiah K.LITIKA); 2) Dr. Dewi Kusumaningsih, S.S., M.Hum., (Materi Tim Teaching Pengajaran); 3) Pardyatmoko, M:Pd. (Materi Pertukaran Mahasiswa).
Implementation of Agreement ini kami buat agar menjadi acuan penyelenggaraan kegiatan sebagai tindak lanjut kerjasama antara Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Veteran Bangun Nusantara dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas TIDAR Magelang. Pada kegiatan ini, pihak pertama berkewajiban memberi materi, dan pihak kedua menyediakan fasilitas kegiatan. Naskah implementation ofAgreement ini dibuat dalam rangkap dua bermaterai cukup. Masing-masing memiliki kekuatan hukum yang sama dan berlaku sejak ditandatangani.
Penulis : Adri Agustiningrum, S.Pd.
https://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2025/05/01.png6561167adminfkiphttps://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/07/fkip-blu-speed-300x68-1-1.pngadminfkip2025-05-05 05:48:162025-05-05 05:48:17Benchmarking Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar membuka kesempatan bagi para calon mahasiswa untuk bergabung dalam Program Magister khususnya dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggis. Dengan komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mencetak lulusan yang berkompeten, program studi ini menawarkan berbagai spesialisasi yang relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini. Bagi Anda yang ingin meningkatkan karir dan pengetahuan di bidang Pendidikan Bahasa Indoneisa dan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Magister Universitas Tidar adalah pilihan yang tepat. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat pada leaflat berikut ini :
https://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2025/04/WhatsApp-Image-2025-04-21-at-15.05.32.jpeg11372560adminfkiphttps://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/07/fkip-blu-speed-300x68-1-1.pngadminfkip2025-04-21 08:25:332025-04-21 08:25:34PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNTUK PROGRAM STUDI PASCA SARJANA FKIP UNTIDAR
Rabu 26 Februari 2025 telah dilaksanakan sosialisasi kegiatan PLP I tahun 2025 yang diikuti oleh 50 perwakilan sekolah dari wilayah Kabupaten dan Kota Magelang. Kegiatan ini dimulai pukul 09.30 melalui zoom meeting Kegiatan dibuka oleh pembawa acara yaitu Bapak Irsyadi Shalima, M.A dilanjutkan oleh sambutan dari penyelenggara (FKIP) yang diwakilkan Ketua Jurusan Bahasa dan Seni Muhammad Daniel Fahmi Rizal, M.Hum.
Salah satu tujuan kegiatan ini adalah perencanaan PLP I tahun 2025 dengan sekolah-sekolah di Kota dan kab Magelang.Harapannya, PLP I ke depan bisa lebih terkoordinasi dan tertata rapi melalui sosialisasi ini. Inti acara (sosialisasi) disampaikan oleh Ibu Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd. Terdapat 50 sekolah yang akan menjadi mitra dalam kegiatan PLP I 2025. Rencananya, akan ada perubahan skema terkait PLP II, dari yang semula diselenggaran dalam rentang waktu 1 bulan menjadi 3 bulan. Penyesuaian itu merupakan tidak lanjut dari perubahan aturan yang mengharuskan PLP II terkonversi dalam 10 sks. PLP I masuk dalam mata kuliah sebanyak 1 SKS. Sasaran PLP I adalah observasi, analisis, dan penghayatan terkait kultur, manajemen, dan dinamika di sekolah. Observasi lapangan PLP I: Pertemuan ke-5 hingga ke-11 (10 Maret hingga 14 April 2025). Hanya ada 1 kelompok/prodi untuk setiap sekolah (10 sampai 15 mahasiswa).Tidak ada pendanaan untuk PLP I. Yang ada hanya sertifikat 30—60 JP untuk Kepsek/guru yang ditugaskan.
Sesi Diskusi dimulai dengan pertanyaan dariTri Kusnandi perwakilan SMP Negeri 8 Magelang: Mungkin (mahasiswa) koordinator kelompok PLP I bisa ke sekolah dulu untuk berkoordinasi, membicarakan apa saja yang kiranya dibutuhkan dalam pelaksanaan PLP I. Koordinasi awal ini sebaiknya dilakukan sekitar pukul 14.00 hingga 15.30 WIB.
Tambahan dari Ibu Rini Estiyowati dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), FKIP: khusus dari PBI, mungkin jumlah mahasiswa dalam 1 kelompok PLP I adalah 17-18 orang mengingat banyaknya jumlah mahasiswa di prodi PBI. Kegiatan di tutup pukul 10.00 WIB oleh bapak Irsyadi Shalima, M.A selaku pembawa acara.
Penulis : Adri Agustiningrum, S.Pd.
https://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2025/03/Cover-01.jpg607971adminfkiphttps://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/07/fkip-blu-speed-300x68-1-1.pngadminfkip2025-03-06 02:32:412025-03-06 02:32:45Sosialisasi Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan I tahun 2025
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris melaksanakan survei untuk menilai tingkat kepuasan dan layanan Program Studi. Hal ini dilakukan untuk bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan terhadap mahasiswa. survei yang di usung meliputi hal-hal seperti pelayanan akademik, perkuliahan, dan administrasi akademik.
Hasil Survei bisa di lihat pada tautan di bawah ini:
Dengan demikian, hasil survei kepuasan mahasiswa ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas Pendidikan. Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi kebutuhan mahasiswa, sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas.
Penulis : Fibra
https://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2019/04/002-1.jpg424776adminfkiphttps://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/07/fkip-blu-speed-300x68-1-1.pngadminfkip2025-01-24 08:04:092025-01-30 00:44:06Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa Mahasiswa Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Senin, 20 Januari 2024 Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan Orientasi calon pembina pramuka mahasiswa PPG calon guru di Gedung H.R. Soeparsono Universitas Tidar. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB. Narasumber kegiatan tersebut antara lain : Susilowati, S.Pd., S.Kom, Drs. Kartono,M.Pd, Heriyono, M.Pd., C.M.SA, Nurwiyono, S.Pd., M.Pd, dan Waluyo, M.Pd. Materi 1 yang disampaikan oleh Susilowati, S.Pd.,S.Kom mengenai tujuan orientasi yaitu Paham pola kursus, Berperan aktif dalam giat, Siap dukung kursus, Bekerjasama. Pola kursus; Segmental, Blended learning, Berbentuk DORA ( Do, Observation, Reflective, Aplication) Bersama sama berproses menebar energi positif. Pengalaman Kak Susi yang sangat menarik dan menginspirasi salah satunya berhasil mendaki gunung Rinjani.
Materi kedua disampaikan oleh Drs.Kartono, M.Pd yang menerangkan bahwa Kursus orientasi belum memberi hak kakak untuk menjadi pembina, masih ada tahap Kursus Mahir Dasar dan beberapa tahap tahap selanjutnya. Kepramukaan adalah proses Pendidikan non formal diluar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan untuk pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti. Pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai – nilai kepramukaan. Tujuan gerakan pramuka : Membentuk generasi muda yang Terampil, kebangsaan, karakter,
Sistem among; Ing ngarso sung tuladha (didepan menjadi teladan), Ing madyo mangun karso (di tengah membangun kemauan), Tut wuri handayani (di belakang memberi dorongan). Tujuan Pramuka yaitu untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, mandiri, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi. Selain itu, Pramuka memiliki nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dan menjaga serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Materi ketiga mengenai Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan disampaikan oleh Kak Heriyono, M.Pd., C.M.SA . Setangan leher itu berbingkai merah, AD ART tidak membenarkan setangan leher berbingkai putih. Metode Kepramukaan bisa diterapkan dalam bebebrapa cara, Pengamalan kode kehormatan, ada Tri Sathya dan Dasa Dharma. Belajar sambal melakukan atau learning by doing,Berkelompok bekerjasama dan berkompetisi. Kegiatan yang menarik dan menantang. Kegiatan di alam terbuka seperti contoh pengembaraan. Perlunya kehadiran orang dewasa memberi bimbingan seperti pembina pramuka. Penghargaan berupa tanda kecakapan. Sistem satuan terpisah antara anggota pramuka putra dan anggota pramuka putri. Kiasan dasar dan Sistem among.
Materi ke 4 mengenai Peran, Tugas, dan Tanggungjawab Pembina Pramuka. Dengan Narasumber Kak Nurwiyono, S.Pd.,M.Pd .Kepramukaan merupakan system pembinaan dan pengembangan sumberdaya atau potensi kaum muda agar menjadi warga negara yang berkualitas yang mampu memberikan sumbangan positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat baik nasional maupun internasional. Pembina pramuka adalah anggota dewasa yang langsung bergiat Bersama peserta didik, membimbing, memberikan dukungan dan fasilitas. Pembina pramuka menggunakan prinsip dasar kepramukaan, metode kepramukaan,kiasan dasar dan sistem among. Pembina pramuka hendaknya peka terhadap kebutuhan peserta didiknya, menerima dan mau mengerti terhadap kebutuhan peserta didik. Sebagai pembina pramuka kita akan menjadi subjek yang akan ditiru oleh para peserta didik.
Penulis : Adri Agustiningrum, S.Pd.
https://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2025/01/04_1.jpg4761600adminfkiphttps://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/07/fkip-blu-speed-300x68-1-1.pngadminfkip2025-01-22 07:45:322025-01-22 07:45:37PPG FKIP UNTIDAR : KURSUS ORIENTASI CALON PEMBINA PRAMUKA MAHASISWA PPG CALON GURU
Kamis, 12 Desember 2024 – Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan diklat Wawasan Kebhinekaan Global dengan tema “Harmony of Nusantara”, diklat ini dilaksanakan di Ruang Besar Gedung FT 3 Universitas Tidar. Kegiatan wawasan kebhinekaan global sebagai bagian integral dari persiapan calon guru untuk menghadapi tantangan multikulturalisme di ruang kelas. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pemahaman peserta terhadap keanekaragaman budaya, agama, dan nilai- nilai di dunia yang semakin terglobalisasi.
Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB. Acara dibuka oleh dekan FKIP, Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., beliau menyampaikan aka nada kegiatan semacam expo kewirausahaan yang dibalut dengan kebudayaan nasional bagi mahasiswa PPG yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Januari 2025. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menumbuhkan teloransi terhadap keberagaman yang ada di Indonesia.
Kegiatan ini menghadirkan 5 pemateri, diantaranya Dr. Sri Sarwanti, M.Hum., Dr. Lilia Indriani, M.Pd., Dr. Yanti Sariasih, M.Pd., Dr. Linda Eka Pradita, M.Pd., dan Ayu Wulandari, M.Pd. Berbagai materi yang menarik disampaikan oleh pemateri. Setiap pemateri memiliki waktu satu jam untuk memaparkan materinya.
Kegiatan yang diikuti 160 peserta mahasiswa PPG Calon Guru ini dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing dari mereka bekerja sama untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan dan juga mengerjakan tugas dari pemateri. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian hadiah kepada 3 pemenang dengan kostum adat terbaik.
Penulis : Fibra
https://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/12/WhatsApp-Image-2024-12-14-at-08.31.02-1-scaled.jpeg19202560adminfkiphttps://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/07/fkip-blu-speed-300x68-1-1.pngadminfkip2024-12-12 02:57:162024-12-14 03:00:22Wawasan Kebhinekaan Global “Harmony of Nusantara”
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tidar (Untidar) telah menyelesaikan magang non-flagship di Mebelika Universitas Negeri Semarang. Empat mahasiswa yang mengikuti magang ini yaitu Ago Huwanda, Farid Azhar, Wimala Hettha Putri Saddha, dan Madiyatu Zulfa. Penarikan mahasiswa magang dilaksanakan pada hari Senin, 9 Desember 2024 di Gedung D7 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes). Penarikan magang dihadiri oleh Dr. Mulyono, M.Si. (Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Unnes), Prof. Isti Hidayah, M.Pd., Dr. Dra. Emi Pujiastuti, M.Pd., pihak Untidar diwakili oleh Aprilia Nurul Cahsanah, M.Pd., Yesi Franita, M.Pd., dan Dita Aldila Krisma, M.Pd, serta keempat mahasiswa yang mengikuti magang.
Program magang non-flagship ini merupakan bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Magang di Mebelika mengambil tema pengembangan media pembelajaran matematika dan pemasarannya. Tujuan dari magang ini adalah mengembangkan pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari Universitas, menambah pengetahuan tentang praktk terbaik dalam insustri dan sektor yang diminati, serta memperluas jaringan dan hubungan dalam industri tempat magang.
Dalam kegiatan penarikan ini, perwakilan dosen pembimbing mahasiswa magang, Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd., mengucapkan terima kasih kepada mitra, Mebelika Universitas Negeri Semarang, yang telah menerima mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Untidar untuk magang di Mebelika Unnes. Selama kurang lebih 3 bulan, mahasiswa telah mendapat banyak ilmu dan pengalaman selama magang. Dalam pelaksanaan magang, tentu saja terdapat evaluasi yang telah disampaikan saat Focus Group Discussion Evaluasi Magang menjadi bahan perbaikan untuk magang selanjutnya.
Pada magang ini,terdapat 9 mata kuliah sebanyak 20 SKS direkognisi selama pelaksanaan magang. Pengalaman mahasiswa selama magang diantaranya media pendidikan matematika berbasis manipulative konkret, media pendidikan matematika berbasis STEM, manajemen pembelajaran matematika, pembelajaran mikro, multimedia pembelajarna matematika, pendidikan konservasi, dan kewirausahaan.
Pihak Pendidikan Matematika Untidar dan Pendidikan Matematika Unnes juga berharap kerja sama ini dapat terus dilanjutkan tidak hanya dalam kegiatan magang saja tetapi dalam pendidikan, penelitian, maupun pengabdian.
Editor : Fibra
https://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/12/01.png732976adminfkiphttps://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/07/fkip-blu-speed-300x68-1-1.pngadminfkip2024-12-09 03:20:082024-12-14 03:22:16Penarikan Magang Non Flagship Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tidar di Mebelika Universitas Negeri Semarang
Senin, 9 Desember 2024, EDSA (English Department Student Association) mengadakan kegiatan dua jam bersama prodi di Ruang J.2.02 dan J.2.03 Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kegiatan ini dilakukan setiap satu semester sekali. Peserta yang hadir adalah mahasiswa PBI, dosen dan tenaga kependidikan.
Dua Jam Bersama Prodi ini bertujuan untuk memperkuat komunikasi antara mahasiswa dan pihak Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Acara inti dari kegiatan ini adalah penyampaian dan evaluasi kepuasan mahasiswa, kinerja dosen, kendala bimbingan pengerjaan skripsi, dan penyampaian aspirasi mahasiswa secara langsung.
Dalam acara ini terdapat diskusi aktif saat penyampaian aspirasi mahasiswa dan ditanggapi langsung oleh dosen Pendidikan Bahasa Inggris. Selain itu, diakhir acara terdapat award untuk dosen, kategorinya adalah MVP of Lecture Edition Award 2024, The Most Matching Outfit Award 2024, The Calmest Award 2024, The Most On Time Award 2024, The Most Inspiring and Motivating Award 2024, dan The Most Eciting Vibe Maker Award 2024.
Penulis : Fibra
https://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/12/WhatsApp-Image-2024-12-14-at-10.45.05-scaled.jpeg19222560adminfkiphttps://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/07/fkip-blu-speed-300x68-1-1.pngadminfkip2024-12-09 03:17:142024-12-14 03:53:43Dua Jam Bersama Prodi #2 S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Magelang, 6 September 2023 – Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam baru-baru ini sukses menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) yang berfokus pada evaluasi pelaksanaan magang kewirausahaan. Kegiatan yang berlangsung di Ruang I.2.02 Lantai 2 Gedung FKIP.
Acara FGD ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk koordinator program studi, ketua dan sekretaris jurusan, dosen-dosen, mahasiswa peserta magang dan 2 mitra yang bekerja sama sebagai tempat magang yaitu, D’Kaafie Kopi Gedong, dan PT Nira Lestari Internasional. Acara yang dimoderatori oleh Ibu Agista Sintia, M.Pd. dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kata sambutan dari Ketua Jurusan MIPA, Ibu Aprilia Nurul Khasanah, M.Pd.
Sesi pertama acara ini fokus pada penyampaian materi dari mitra D’Kaafie yang disampaikan untuk dapat mengetahui lebih dalam mengenai bidang usaha terutama di bidang kewirausahaan. Kemudian tahap selanjutnya melakukan pemasaran, yang telah dilakukan dengan baik dan sempurna oleh anak magang di D’Kaafie. Materi kedua disampaikan oleh mitra PT Nira Lestari International yang mengevaluasi beberapa poin penting dimulai dengan pemilihan kurikulum antara pegawai dan wirausaha. Anak magang di PT Nira Lestari memilih wirausaha yang dimulai dengan sertifikasi tanah, inpeksi petani dll. Anak magang terbagi menjadi : CEO, CFO, CMO, COO untuk mengerjakan sesuai jobdesk masing masing, dan juga terdapat bussiness plan yang dilaksanakan dari awal dengan mencari investor hingga pemasaran produk. Dilanjutkan sesi diskusi yang diisi dengan kesan pesan yang disampaikan dari anak magang di D’Kaafie dengan masukan masukan untuk D’Kaafie kedepannya agar dapat membranding brandnya menjadi lebih besar.
Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Magang Kewirausahaan resmi ditutup dengan harapan besar untuk peningkatan kualitas program di masa depan. Melalui diskusi yang konstruktif, seluruh peserta telah berhasil mengidentifikasi berbagai tantangan sekaligus merumuskan solusi strategis untuk meningkatkan efektivitas program. Penyelenggara menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta, narasumber, dan pihak terkait atas kontribusi mereka dalam menyukseskan kegiatan ini. Rekomendasi yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi landasan untuk menciptakan program magang kewirausahaan yang lebih inovatif, relevan, dan berdaya saing, demi mencetak generasi wirausaha muda yang unggul dan kompeten.
Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd. / Siska
https://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/12/01-6.jpg7641021adminfkiphttps://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/07/fkip-blu-speed-300x68-1-1.pngadminfkip2024-12-07 08:28:032024-12-10 08:29:48Prodi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Untidar Gelar Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Magang Kewirausahaan
Kamis, 5 Desember 2024, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menerima kunjungan dari Prodi PBSI FKIP Universitas Negeri Yogyakarta di Gedung Fakultas Teknik Ruang E3.3.01. Kunjungan ini bertujuan untuk memperluas kerja sama antar kedua universitas sekaligus mendiskusikan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Salah satu agenda utama yang dibahas adalah rencana pertukaran dosen mengajar, yang direncanakan dapat dimulai pada semester ganjil bulan September. Fokus awal dalam pertukaran ini adalah mata kuliah linguistik, namun ke depannya terbuka peluang untuk mata kuliah lain sesuai dengan kebutuhan program studi yang bersangkutan. Untuk mendukung kelancaran program ini, disarankan agar dibentuk wadah yang terstruktur sebagai tempat koordinasi dan manajemen. Pembentukan wadah ini memerlukan pengajuan resmi terlebih dahulu kepada pimpinan fakultas untuk mendapatkan persetujuan.
Pelaksanaan Tridharma, khususnya penelitian dan pengabdian, dapat dilakukan melalui pendekatan “in kind” untuk kontribusi yang sifatnya nonfinansial. Namun, jika dibutuhkan, pendanaan juga dapat dikelola secara fleksibel dalam bentuk “in case” atau ditanggung secara mandiri oleh masing-masing pihak yang terlibat. Meskipun demikian, salah satu kendala yang dihadapi adalah belum adanya sistem internal di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang dapat mengakomodasi dosen dari luar universitas ke dalam skema pendanaan internal. Hal ini memerlukan solusi jangka panjang untuk menciptakan kebijakan atau sistem yang lebih inklusif.
Dalam mendukung kolaborasi lintas universitas, terdapat beberapa skema pendanaan yang dapat dimanfaatkan, seperti Katalis dan Rising Fund, yang memungkinkan kerja sama antara institusi berbeda. Selain itu, kolaborasi penelitian dapat dilakukan melalui pengajuan dua proposal terpisah, namun dengan luaran berupa artikel yang sama. Strategi ini dianggap efektif untuk meningkatkan produktivitas akademik dan memperluas dampak penelitian. Keseluruhan poin ini diharapkan dapat mendukung implementasi kerja sama yang lebih terintegrasi dan produktif di masa mendatang.
Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan hubungan antara UNY dan UNTIDAR dapat semakin kuat, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.
Penulis : Fitri Nurjanah, S.Pd.
https://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/12/01-1-scaled.jpg13702560adminfkiphttps://fkip.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2024/07/fkip-blu-speed-300x68-1-1.pngadminfkip2024-12-06 09:23:012024-12-06 09:23:07Kunjungan dari Prodi PBSI FBSB UNY ke Prodi PBSI FKIP UNTIDAR