Apresiasi Karya Sastra: Memadukan Teori dan Praktik Bersastra

0
208

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Tidar menggelar acara Apresiasi Karya Sastra pada Sabtu (17/12) di Auditorium Untidar. Acara tersebut diadakan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Apreasiasi Karya Sastra kelas A dan C. Pada umumnya, mata kuliah tersebut diambil oleh mahasiswa PBSI semester III.

“Kami menyiapkan acara ini selama kurang lebih sebulan. Jauh-jauh hari Pak Imam (Dosen Apresiasi Karya Sastra) sudah memberi tahu untuk menyiapkan karya yang akan kami apresiasi,” kata Mohammad Fauzan, ketua panitia. Acara ini diikuti oleh 78 mahasiswa yang menyajikan 34 penampilan, meliputi deklamasi, monolog, baca puisi berantai, musikalisasi puisi, dan teatrikal. Selain penampil, acara ini juga dipadati oleh dosen PBSI dan mahasiswa Untidar. Hadir pula sastrawan nasional asal Magelang Bambang E.P. dan E.S. Wibowo yang turut membacakan puisi mereka.

“Saya berharap mahasiswa PBSI tidak hanya mengetahui cara mengapresiasi karya sastra, tetapi turut langsung praktik mengapreasi karya sastra di panggung sastra. Selain itu, adanya kegiatan ini diharapkan gelora sastra di Untidar makin tumbuh dan berkembang,” ujar Imam Baihaqi, M.A., Dosen Matakuliah Apresiasi Karya Sastra Kelas A dan C.

Kegiatan apreasiasi karya sastra sendiri dapat dilakukan dengan membaca, memahami, sampai pada mereproduksi karya sastra. Pada acara ini mahasiswa diperkenankan untuk mengapreasiasi karya sastra yang sudah ada atau mereproduksi karya sastra menjadi karya baru.

Imam Baihaqi, M.A., menambahkan kehadiran para sastrawan diharapkan dapat memberikan semangat kepada mahasiswa PBSI dan Untidar pada umumnya untuk menghidupkan sastra di Untidar.

“Di sini, saya pernah membacakan puisi berjejer dengan Christine Hakim dan Slamet Raharjo sekitar tahun 1980-an, artinya Untidar yang dulunya adalah UTM (Universitas Tidar Magelang) pernah menjadi pusat sastra orang Magelang. Saya juga melihat potensi mahasiswa Untidar ini sangat besar dalam bidang sastra. Suatu saat nanti akan muncul sastrawan-sastrawan baru dari sini,” kata E.S. Wibowo setelah membacakan puisinya.

IMG-20161220-WA0014
Salah satu penampilan dalam acara Apresiasi Karya Sastra yang digelar oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Tidar

Panitia dan Penampil

Mahasiswa kelas A dan C mata kuliah Apreasiasi Karya Sastra menjadi penampil sekaligus panitia pada acara ini. “Kami akan mendapatkan dua nilai, yaitu nilai kontribusi kegiatan dan penampilan. Jadi, setiap sub-seksi memiliki tim, misalnya tim konsumsi, dekor, dan lainnya. Semua mahasiswa terlibat sebagai panitia dan penampil,” kata Mohammad Fauzan. Kegiatan ini juga diharapkan melatih kerjasama antarmahasiswa, tambah Imam Baihaqi, M.A.

Beberapa penampil mengaku menyiapkan acara ini dalam waktu singkat. “Sebenarnya sudah beberapa bulan yang lalu kami diberi tahu adanya kegiatan ini, tetapi kami belum memiliki teks sastra yang bisa kami apreasiasi. Baru lima hari yang lalu teksnya fix,” kata Indah Cahya Rahmadani yang menampilkan monolog berantai bersama empat orang temannya. Persiapan acara dilakukan mulai akhir November 2016.  Semoga sastra makin tumbuh di Untidar. (WJ)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY