Dosen FKIP Berburu Beasiswa Doktoral Melalui Talent Scouting 2016

0
204

FKIP – UNTIDAR (13/10), Program Talent Scouting yang merupakan kerjasama Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi dan Universitas Tidar dilaksanakan pada 13-15 Oktober 2016 di Rumah Dinas Rektor Universitas Tidar, Jl. Perintis Kemerdekaan, Sanden. Program ini diawali dengan sambutan Rektor Universitas Tidar, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd. “Peningkatan SDM terutama tenaga pendidik diharapakan dapat mendukung perkembangan Universitas Tidar yang baru 2 tahun berubah status dari perguruan tinggi swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri”, kata beliau. “Memang rumah dinas rektor adalah tempat yang unik untuk melaksanakan program ini”, tambah beliau. Dr. Muklas Ansori, M.Si, Direktur Kualifikasi Sumber Daya Manusia di Direktorat Jenderal Sumber daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, menambahkan bahwa program ini adalah rangsangan untuk mendorong dosen-dosen muda untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi dengan meraih program beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) maupun BUDI (Beasiswa untuk Dosen Indonesia).

Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, setelah mengikuti Workshop Pengembangan Pariwisata Borobudur dan Sekitarnya, singgah di rumah dinas rektor untuk memberikan motivasi bagi dosen yang mengikuti program ini. Beliau menekankan bahwa kampus adalah mitra pengembangan daerah atau “glokalisasi” (global dan lokal), istilah beliau. Beliau menambahkan bahwa kampus seharusnya mempunyai akar budaya tradisional (local wisdom), tetapi juga harus memiliki pemahaman nasional, dan sadar sebagai bagian dari penduduk global.

Sebagai salah satu peserta talent scouting, Rini Estiyowati Ikaningrum, S.S., M.Pd., salah satu dosen FKIP mengatakan: “Program ini memotivasi saya untuk melanjutkan studi S3 ke luar negeri karena selama ini dininabobokkan dengan rutinitas mengajar.” (LL)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY