Berhasil Menjadi Grand Finalist Seleksi Tingkat Wilayah, Tim NUDC Untidar Melaju ke Seleksi Tingkat Nasional

0
148

Tim NUDC UNTIDAR berhasil menjadi grand finalist pada seleksi NUDC tingkat wilayah. Ajang bergengsi tersebut dilaksanakan pada tanggal 5-6 Juli 2018 bertempat di Universitas Dian Nuswantoro. Peserta seleksi sebanyak 32 tim yang merupakan perwakilan perguruan tinggi di Jawa Tengah. Setiap perguruan tinggi hanya mengirimkan satu tim perwakilan. Tim NUDC UNTIDAR diwakili oleh 2 mahasiswa FKIP yaitu Yusuf Yuliyanto (PBI) dan Novia Indri (PBI) sebagai debaters dan 1 mahasiswa FE yaitu Novia Suci (EP) sebagai N1 adjudicator.

Terdapat tujuh tahap dalam seleksi NUDC tingkat wilayah yaitu preliminary round 1, preliminary round 2, preliminary round 3, preliminary round 4, quarter final round, semi final round, dan final round. Tim NUDC UNTIDAR unggul di preliminary round 1-4 hingga melaju ke babak semi final bertemu dengan tim NUDC UNNES, POLINES, UPS Tegal. Meskipun menghadapi lawan yang tangguh, tim NUDC UNTIDAR mampu bersaing hingga maju ke babak final. Di babak final tim NUDC UNTIDAR bertanding dengan Tim NUDC UNNES, UNDIP, dan UNSOED untuk merebutkan champion, runner up, dan grand finalist. Perjuangan tak kenal lelah tim NUDC UNTIDAR membuahkan hasil yang memuaskan. Tim NUDC UNTIDAR berhasil menjadi grand finalist pada seleksi NUDC tingkat wilayah dan berhak melaju ke seleksi tingkat nasional mewakili Kopertis VI.

Kegiatan seleksi NUDC tingkat wilayah memberikan kesan bagi peserta yang terlibat. Novia Indri, salah satu anggota tim NUDC UNTIDAR, menyampaikan bahwa banyak peserta yang memiliki public speaking dan critical thinking bagus. Hal tersebut mendorong dirinya untuk terus belajar. “Semoga debat berbahasa inggris di UNTIDAR semakin maju. Karena banyak hal yang dapat diasah dalam debat seperti public speaking dan critical thinking” imbuhnya di akhir wawancara. (RI)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY