FKIP Untidar Jalin Kerjasama Peningkatan di Bidang Pengajaran, Penelitian, Pengabdian, dan SDM

0
334

FKIP Universitas Tidar (Untidar), FKIP Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM), dan FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) melakukan penandatanganan MoU dalam bidang pendidikan, penelitian, pegabdian kepada masyarakat, dan SDM. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 5 Juni 2017 pukul 11.30 WIB di ruang micro teaching FKIP Untidar. Hadir pada acara tersebut, para Dekan dari ketiga Fakultas dan para pejabat struktural FKIP Untidar.

Penandatangan MoU dilakukan oleh Dekan FKIP Untidar Prof. Dr. Sukarno, M.Si, Dekan FKIP UMM  Drs.Subiyanto, M.Pd. dan Dekan FKIP UMP Yuli Widiyono, M.Pd. Masa berlaku MoU tersebut disepakati selama lima tahun terhitung sejak tanggal penandatanganan. Sebelum penandatanganan MoU, Prof. Dr. Sukarno, M.Si selaku dekan FKIP Untidar sekaligus tuan rumah menyampaikan, “Kerjasama antara FKIP Untidar, FKIP UMM, dan FKIP UMP dilaksanakan karena adanya kesepakatan bersama. Hal ini diawali dengan kedekatan kami secara informal, maka kami ingin berlanjut dengan kedekatan secara formal. Selain itu, masing-masing FKIP memiliki kelebihan, seperti FKIP UMM yang lebih senior. Nah, tentunya ini sangat bagus jika di sinergiskan untuk meningkatkan kualitas di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian dan SDM. Saya harap kerja samini akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang baik kepada ketiga institusi.

Dekan FKIP UMM Drs. Subiyanto, M.P.d menyampaikan rasa terimakasih dan berharap kerjasama yang disepakati tidak hanya berupa tanda tangan saja, tetapi juga ada action nyata. Senada dengan hal itu, Dekan FKIP UMP Yuli Widiyono, M.Pd menyatakan, “Kami berharap setelah MoU ini, agenda-agenda yang direncanakan dapat terealisasi. Kami siap melaksanakan peningkatan SDM di perguruan tinggi.”

Setelah penandatanganan MoU, kemudian dilaksanakan rapat  pelaksanaan program penguatan keilmuan di bidang pengajaran dengan metode active learning. Program tersebut direncanakan akan dimulai pada akhir Juli atau awal Agustus. Peserta program utamanya ditujukan untuk dosen-dosen muda agar dapat meningkatkan ketrampilan dan mengembangkan kemampuan dalam mengajar. Telah ditentukan tim penilai dari masing-masing institusi untuk menilai dan mengevaluasi para peserta program tersebut. Adapun mengenai anggaran masih akan dibahas di lain kesempatan.

Acara penandatangan MoU antar FKIP tersebut kemudian ditutup dengan penyerahan cinderamata dari masing-masing pihak dan dilanjutkan dengan foto bersama. (DZ)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY