FKIP Untidar Sambut Kunjungan Studi Banding dari FPBS IKIP Saraswati Tabanan Bali

0
247

FKIP-UNTIDAR (3/05). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar, Rabu 3 Mei 2017 menyambut kunjungan studi banding dari IKIP Saraswati Tabanan Bali. Sebelum acara penyambutan, rombongan dari IKIP Saraswati Tabanan Bali yang terdiri atas mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tiba di kampus Universitas Tidar pukul 08.00 WIB. Mereka kemudian melakukan observasi lapangan guna mengamati kondisi kampus terutama di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar seperti mengamati kegiatan perkuliahan di kelas serta meninjau sarana-prasarana yang menunjang proses perkuliahan. Selain itu, rombongan dari IKIP Saraswati Tabanan Bali juga meninjau laboratorium micro teaching dan laboratorium bahasa yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Setelah melakukan observasi lapangan di lingkungan fakultas, tepat pukul 09.00 WIB Prof. Dr. Sukarno, M.Si. selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar menyambut ramah dan hangat rombongan dari IKIP Saraswati Tabanan Bali. Dalam sambutannya, Sukarno menyampaikan bahwa “Ini adalah kunjungan kedua, tahun lalu disambut di Aula Universitas dan tahun ini di Gedung Fakultas Teknik. FKIP Untidar dengan IKIP Saraswati memiliki kesamaan, sama-sama memiliki dua program studi, serta tahun berdirinya pun hampir bersamaan. Harapannya, semoga MOU dapat berlanjut dan ditingkatkan.”

Dr. I Nyoman Suaka selaku Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Saraswati kemudian menyampaikan tujuannya bahwa “Walau dipisah oleh Selat Bali, bagi kami ini bukanlah pemisah justru penghubung antara Bali dan Magelang. Kami datang di kampus Untidar disambut dengan baik oleh Dekan beserta jajarannya. Kami membawa 40 mahasiswa gabungan antara mahasiswa PBSI dan PBI. Tujuan kami berkunjung adalah untuk menjalin kerjasama dengan prodi PBSI FKIP Untidar” tuturnya.

Setelah acara penyambutan yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan, kemudian dilakukanlah penandatanganan MOU oleh Kaprodi dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selain penandatangan MOU, kegiatan studi banding ini juga diisi dengan seminar baik dari dosen maupun mahasiswa sebagai pembicaranya. Dr. Yulia Esti Katrini, M.S. mewakili dosen dari Prodi PBSI Untidar menyampaikan makalahnya yang berjudul “Belajar Bahasa-bahasa Nusantara Berbasis Riset”. Sedangkan, Dr. I Nyoman Suaka dari Prodi PBSI IKIP Saraswati menyampaikan makalahnya berjudul “Tafsir Mitos Letusan Gunung Merapi Melalui Sosok Kontroversial Mbah Marijan.”

Di akhir kunjungan, dilakukan juga sharing academic antara dosen FPBS IKIP Saraswati dengan dosen FKIP Untidar. Kegiatan penyambutan studi banding ini menjadi semakin meriah dengan adanya penampilan dari UKM Tari yang mempersembahkan tari kreasi baru. Tidak hanya itu, Teater Bengkel Seni pun turut mempersembahkan drama singkat yang sangat menarik perhatian mahasiswa dan dosen dari IKIP Saraswati Tabanan Bali. (WL)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY