Hadapi Revolusi Industri 4.0, Dosen FKIP Ikuti Pelatihan Elita

0
87

Revolusi Industri 4.0 menjadi kata populer diperbincangkan saat ini. Berbagai tema pembahasan dalam dunia pendidikan mulai dikaitkan dengan teknologi yang mendukung jalannya revolusi ini.  Salah satu inovasi dalam pendidikan adalah proses pembelajaran yang berbasis ICT. Universitas Tidar sebagai salah satu penyelenggara pendidikan mulai menerapkan pembelajaran berbasis ICT.

Sebuah aplikasi bertajuk ELITA (E-learning UNTIDAR) sudah dapat digunakan dalam pembelajaran di lingkungan UNTIDAR, termasuk di FKIP. Pembelajaran semester gasal 2018/2019 di FKIP sudah dapat memanfaatkan sistem ELITA. Dosen-dosen di lingkungan FKIP mendapat pelatihan penggunaan ELITA untuk memasuki pembelajaran semester gasal 2018/2019. Pelatihan tersebut meliputi penjelasan teknis penggunaan menu-menu yang terdapat dalam ELITA dan simulasi penggunaan beberapa menu tersebut. Dalam kegiatan pelatihan tersebut dijelaskan bahwa sistem ELITA sedang berada dalam proses sinkronisasi dengan sistem SIMOKUL, sehingga penggunaan ELITA kedepan dapat langsung terintegrasi dengan SIMOKUL.

Dosen FKIP menyambut baik adanya sistem ELITA ini karena dapat membantu dosen dalam kegiatan pembelajaran. Seperti diungkap oleh Dr. Ericka Darmawan, S. Si., S. Pd., M. Pd., salah satu dosen prodi pendidikan Biologi menyebutkan bahwa sistem ELITA sangat bagus untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran dan sistem sudah memiliki banyak variasi kegiatan pembelajaran yang dapat membantu dosen. Hanya saja untuk membuat kelas private, dosen harus meminta konfirmasi pada operator prodi. Sistem ini bagus untuk menjaga privasi kelas, tetapi sedikit merepotkan dosen dalam mengelola kelas. Lebih lanjut beliau memberi saran untuk pembuatan kelas private dapat dikelola oleh masing-masing dosen yang bersangkutan. ET

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY