KKL Prodi: PBSI Adakan Kunjungan ke Yogyakarta

0
60

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Untidar mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Yogyakarta pada Kamis (19/10). Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa dan dosen pembimbing mengunjungi Museum Merapi, Kantor Kedaulatan Rakyat, dan Museum Sono Budaya di Yogyakarta.

“Acara ini merupakan agenda rutin PBSI untuk mengadakan KKL. Jika tahun-tahun sebelumnya KKL dilakukan pada tingkat fakultas, tahun ini KKL difokuskan di tingkat prodi agar kebermanfataannya lebih besar,” kata Drs. Hari Wahyono, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKIP Untidar saat memberikan pengarahan  kepada dosen pendamping KKL.

“KKL PBSI tahun 2017 bertujuan untuk mengenalkan profil lulusan yang lain, selain menjadi guru. Profil tersebut adalah jurnalis dan peneliti. Mahasiswa mempelajari proses produksi berita di Kantor Kedaulatan Rakyat. Selain itu, mahasiswa melihat berbagai macam naskah kuno dan barang-barang peninggalan budaya Jawa di Museum Sono Budaya,” tutur Rangga Asmara, M.Pd., Koordinator PBSI.

Acara tersebut diikuti oleh 118 mahasiswa semester 5 PBSI dan 14 dosen pendamping. “ Mahasiswa tidak dipungut biaya untuk penyelenggaraan acara ini. Semua kegiatan selama KKL menggunakan dana dari fakultas,” kata Molas Warsi Nugraheni, M.Pd., Koordinator KKL PBSI.

“Sebelumnya, saya hanya mengerti tugas-tugas jurnalis untuk mencari dan menulis berita. Setelah berkunjung ke Kantor Kedaulatan Rakyat, kami bisa melihat proses pencetakan berita menjadi bentuk surat kabar yang dibaca semua orang,” kata Muhammad Dwi Raharjo, mahasiswa peserta KKL.

KKL Prodi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pembelajaran. Setelah KKL berlangsung, mahasiswa diminta untuk menyusun straight news dan feature. Dengan KKL ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman dan pengetahuan yang bertambah.WJ

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY