Lomba Esai Kependidikan 2017:  Menjaring Esai Fenomenal Para Guru dan Mahasiswa

0
347

Sebanyak 10 esai dari guru dan 10 esai dari mahasiswa  lolos seleksi  Lomba Esai Kependidikan 2017 dalam rangka Pekan Keguruan FKIP 2017. Lomba esai kependidikan yang mengusung tema “Implementasi Peningkatan Keprofesionalan Guru Berkelanjutan antara Tantangan dan Harapan”  berlangsung pada hari Jumat, 26 Mei 2017.

Tujuan dari kegiatan  kompetisi esai ini adalah untuk menyemarakan acara Pekan Keguruan 2017 FKIP Universitas Tidar, sebagai media pendorong dan motivasi agar guru dan mahasiswa tertarik memahami dan mendalami  serta menambah wawasan mengenai isu-isu kependidikan, menumbuhkan kembali cara berpikir kritis terhadap isu-isu kependidikan, dan mendorong guru dan mahasiswa untuk dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam lomba esai kependidikan 2017 untuk guru dan mahasiswa, para peserta harus melewati dua tahap seleksi untuk menjuarai kompetisi ini. Tahap pertama yaitu tahap seleksi untuk penentuan 10 besar yang mana 10 peserta terpilih tersebut  akan mengikuti seleksi di tahap yang kedua.  Tahap kedua yaitu tahap presentasi oleh 10 finalis yang masuk ke 10 besar. Di tahap kedua ini, akan ada tiga juara dari guru dan tiga juara dari mahasiswa.

Berdasarkan seleksi tahap 2 yaitu tahap presentasi, berikut pemenang lomba esai kependidikan 2017:

Lomba Esai Kependidikan Guru

  Juara I             : Bakti Sukmoko Aji                 (SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA)

  Juara II            : Rini Eka Handayani, M.Pd.     (SMP NEGERI 1 MAGELANG)

  Juara III           : Sri Herlina, M.Pd.                  (SMP  NEGERI  1 KAJORAN)

Lomba Esai Kependidikan Mahasiswa

  Juara I             : Bondan Prakoso                   (PBSI)

  Juara II            : Yusuf Yuliyanto                    (PBI)

  Juara III           : Ita Irawan                           (PBSI)

Ketua penanggung jawab lomba esai kependidikan 2017, Retma Sari, M.Pd. menyampaikan “Lomba esai kependidikan 2017 berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan konsep yang panitia buat. Semua orang yang terlibat dalam kepanitiaan esai baik dosen, mahasiswa, dan dewan juri memberikan kerjasama yang baik dan dedikasi yang tinggi untuk menyukseskan lomba esai ini. Selain itu peserta lomba (guru dan mahasiswa)  sangat mengapresiasi kerja tim panitia dan mereka merasa kalau lomba esai ini sangat bermanfaat untuk mereka baik dalam bidang pengembangan ilmu ataupun karir. Para peserta berharap agar kegiatan lomba esai ini bisa menjadi kegiatan lomba tahunan sehingga bisa mewadahi kebutuhan mereka dalam menyampaikan ide atau gagasan melalui esai kependidikan.” (CA)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY