Mahasiswa FKIP Raih Dana Hibah PKM dan PHBD Tahun 2018 Kemenristekdikti

0
179

FKIP-UNTIDAR (16/4). Seminggu yang lalu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) baru saja mengumumkan hasil seleksi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang dan Program Hibah Bina Desa (PHBD) untuk pendanaan tahun anggaran 2018. Berdasarkan pengumuman tersebut, FKIP Untidar menyumbangkan 5 proposal PKM yang didanai, 2 di antaranya dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia atas nama Garnis Bondan (Semester 6) dan Khamimah (Semester 8) , dan 1 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris atas nama Ratna Dwiyaning Raharjanti (Semester 4).

Adapun proposal PKM yang didanai yaitu PKMM dan PKMPSH dengan judul Uno PUEBI Permainan Edukatif Berbasis Learn Play Method sebagai Daya Dukung Gerakan Cinta Bahasa Indonesia pada Rumah Pintar Dumpoh di Kelurahan Potrobangsan Magelang (Garnis Bondan), Keterancaman Leksikon dan Kearifan Lokal dalam Perkakas Pertanian Tradisional Jawa (Khamimah), serta Peran Model Pembelajaran BOSARANG terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Descriptive Text (Ratna Dwiyaning R.). Selain Program PKM yang didanai, mahasiswa FKIP Untidar turut pula menyumbangkan 2 proposal Program Hibah Bina Desa (PHBD) yaitu Dian Tyas Utami mahasiswa PBSI semester 4 dan Hasan Sukron mahasiswa PBSI semester 6 dengan judul proposal PHBD Pemberdayaan Kaum Marjinal Berbasis Ekonomi Kreatif dengan Sistem Bank Limbah Swakelola Melalui Pengolahan Limbah Buah dan Tulang Daun Kelapa Menjadi Aneka Kerajinan yang Ramah Lingkungan dan Pemberdayaan Kaum Buruh Serabutan  Berbasis Ekonomi Kreatif dengan Sistem Bank Limbah Melalui Daur Ulang Limbah Daun Jati Kering Menjadi Sepatu Bermotif Tulang Daun yang Ramah Lingkungan.

Asri Wijayanti, S.Pd., M.A. salah satu dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menuturkan harapannya “Tahun depan harus lebih banyak lagi yang mengajukan dan lolos. Selain itu, harus ada pembinaan yang lebih intensif agar PKM yang diajukan lebih berkualitas.” Hasil pengumuman ini pun, menjadi pemantik semangat untuk mahasiswa lainnya yang akan mengajukan program-program dari Kemenristekdikti selain PKM dan PBHD yaitu Program Kompetisi  Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI). -WL-

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY