Mahasiswa FKIP Rebut  Kejuaraan Lomba Baca Sajak Tingkat Kota Magelang

0
172

Filsafat, Hasan Sukron, dan Nirma Melati mahasiswa FKIP Untidar berhasil maraih kejuaraan Lomba Baca Sajak Tingkat Kota Magelang. Masing-masing meraih juara 2, juara harapan 1, dan juara harapan 2.  Mereka bertiga yaitu Filsafat dan Nirma Melati saat ini tercatat sebagai mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, sedangkan Hasan Sukron adalah mahasiswa aktif pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kemenangan mereka diumumkan langsung pada akhir acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 28 April 2018 di gedung Multimedia Universitas Tidar.

Lomba Baca Sajak seleksi Kota Magelang ini adalah penyelenggraa yang kelima dari serangkaian lomba yang diagendakan kota/kabupaten di seluruh Jawa Tengah. Para Juara 1, 2, 3 dari masing-masing daerah kota/kabupaten tersebut selanjutnya akan mengikuti final tingkat Jawa Tengah. Artinya,  Filsafat  sebagai juara 2 nantinya berhak maju ke babak final tingkat provinsi.

Lomba yang digelar sejak pagi hingga sore itu menghadirkan tiga dewan juri yaitu para sastrawan dari luar Kota Magelang.  Ketiga dewan juri tersebut adalah Hendri TM, Bambang Iswanto, dan Tomas H Soekiran. Mereka begitu terpukau oleh penampilan para peserta yang terdiri atas para pelajar SMA dan mahasiswa, termasuk beberapa mahasiswa dari FKIP Untidar. Para peserta membacakan salah satu puisi yang terdapat dalam kumpulan puisi “Sumpah Setyaki” karya Bambang Sadono.

Bambang Sadono adalah mantan Ketua Dewan Kesenian Jawa Tengah dan merupakan penggagas digelarnya lomba baca sajak tersebut. Pada acara pembukaan, Bambang Sadono menyampaikan apresiasi terhadap antuasiasme peserta yang mencapai 60 orang. Beliau juga berharap kegiatan perlombaan di bidang seni dan sastra ini dapat dikembangkan dan digalakkan. Sampai saat ini, menurutnya masih jarang perlombaan di bidang puisi yang teritegrasi hingga sampai tingkat Jawa Tengah. Kompetisi kebanyakan hanya berhenti pada lomba-lomba di tingkat wilayah dan daerah saja.

Kemenangan ketiga mahasiswa FKIP tersebut disambut gembira oleh selurh keluarga besar FKIP Untidar. Selamat kepada para pemenang, semoga sukses dan terus berlatih untuk kemenangan di tingkat Jawa tengah, semangat..! DZ.

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY