PEDULI SESAMA MELALUI PROGRAM LIVE IN

0
46

Sebanyak 10 mahasiswa FKIP mengikuti program Live In yang diselenggarakan tahunan oleh UNTIDAR. Kegiatan yang bermanfaat untuk menumbuhkan kepedulian mahasiswa terhadap sesama, terlebih yang lemah, miskin, tersingkir, dan disabilitas ini merupakan bagian dari program kerja bidang Pembinaan dan Pendidikan Karakter Universitas Tidar tahun 2016. Kegiatan yang mengambil tempat di 3 panti sosial, yaitu Panti Wreda Pelkrim dan Panti Asuhan SLBC Rindang Kasih di Magelang, Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita di Temanggung,  boleh diikuti secara sukarela oleh semua mahasiswa semester 3 dan 5.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 2 Agustus sampai 2 September 2016 ini juga diikuti oleh Anik Solehah, mahasiswa FKIP Semester 3. “Untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama soalnya sejalan dengan passion saya”, tutur mahasiswa yang masuk ke UNTIDAR melalui jalur SNMPTN ketika ditanya motivasi mengikuti kegiatan ini.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan Live In, Desy Sri Fatimah, mahasiswa Semester 3,  mengatakan dia tertarik dengan kegiatan ini untuk mengisi liburan. “Selama kegiatan Live In, Kita harus tinggal disana dan ga boleh pulang,” ujar Desy.

Menurut ketua Tim Pendidikan dan Pembinaan Karakter, Dr. Sri Haryati, M.Pd., pembagian lokasi Live In berdasarkan pada undian. Selain itu juga mempertimbangkan aktivitas mahasiswa yang berhubungan dengan kepanitian mahasiswa baru dan juga jadwal pengisian KRS. Beliau juga mengatakan bahwa selama 2 minggu berada di panti sosial, mahasiswa diharapkan bisa membantu petugas yang berada di panti sosial tersebut dalam melayani warga panti sosial sehingga akan tumbuh dan berkembang nilai-nilai humanis dalam diri mahasiswa. Syarat utama mengikuti program ini adalah mahasiswa harus memiliki IP lebih dari 3.

Kegiatan ini akan dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama dari 2 – 15 Agustus 2016, sedangkan gelombang kedua 16-29 Agustus 2016. Penerjunan setiap gelombang, masing-masing 3 orang di Panti Wreda Pelkrim dan Panti Asuhan SLBC Rindang Kasih. Khusus untuk Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita hanya dilaksanakan 1 gelombang dengan menerjunkan 5 orang. (GF)

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY