Mahasiswa PBI Untidar Ikuti  Lomba Debat Berbahasa Inggris Tingkat Kopertis VI

0
110

Lomba Debat Berbahasa Inggris (NUDC) tingkat Kopertis VI tahun 2017 kembali diadakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan berlangsung selama 3 hari, yaitu dimulai pada hari Rabu-Jumat tanggal 12-14 Juli 2017. Kopetisi tahunan tersebut bertujuan untuk memilih wakil dari Universitas di wilayah Kopertis VI untuk maju mengikuti lomba (NUDC) tingkat nasional pada bulan September nanti di UPGRIS Semarang.

Tercatat 40 peserta lomba dari berbagai perguruan tinggi baik PTS maupun PTN wilayah kopertis VI tarmasuk tim dari Untidar yang diwakili oleh mahasiswa Program Studi Bahsa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Mahasiwa tersebut ialah Yusuf Yuliyanto dan Novia Indri Susanti dari mahasiswa semester 2 sebagai peserta debat dan May Willyana maasiswa semeseter 8 sebagai peserta N-1 Adjudicator.

Menurut Yusuf,  pencapaian yang di raih kali ini lebih baik dari tahun kemarin karena berhasil masuk ke babak 16 besar, namun belum dapat lanjut ke babak selanjutnya setelah berhadapan dengan Universitas PGRI Semarang, Universitas Kristen Satyawacana, dan Universitas Jenderal Soedirman. Tema debat yang dibahas pada babak 16 besar oleh tim PBI FKIP Untidar adalah “As newly developing countries THW prioritize establishing democracy over economic development”.

Lebih lanjut Yusuf menyampaikan kesan-kesannya setelah mengikuti kompetisi debat itu. “Kami sangat senang karena bertemu dengan debater-debater hebat dari universitas lain. Kami mendapat ilmu debat baru serta memperoleh pengalamn yang takkan terlupakan.  Selain itu kami juga menjadi lebih semangat untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas dalam latihan agar menjadi lebih baik,” terang Yusuf penuh semangat.

Pada akhir wawancara, Yusuf juga menyampaikan bahwa dia bangga menjadi mahasiswa FKIP Untidar karena sudah mulai diperhitungkan dalam kompetisi debat di tingkat Kopertis VI. Dia juga berharap kepada teman-teman mahasiswa di semua prodi yang ingin mengasah kemampuan debat untuk mengikuti English Debating Society Untidar. Kegiatan latihan debat tersebut rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 08.00 WIB di lantai 2 Perpustakaan Untidar.

Selamat kepada Yusuf Yulianto dan kawan-kawan, terus semangat berlatih. Mudah-mudahan tahun depan dapat lebih berjaya lagi.

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY