Literasi Digital, Pojok Baca, dan Alat Permainan Edukatif Bagi Murid PAUD

0
619

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Untidar kembali berperan aktif dalam upaya membangun pendidikan di wilayah pedesaan. Kali ini Tim PkM yang diketuai oleh Prof. Dr. Sukarno, M.Si. melalui program PkM Unggulan, memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para guru PAUD di Kelurahan Gunungpring, Muntilan, Magelang. Pelatihan ini terkait pengembangan literasi digital, penyediaan pojok baca, dan penggunaan alat permainan edukasi bagi murid PAUD.

Terdapat tiga PAUD yang menjadi fokus program pelatihan dan pendampingan ini, yaitu TK ABA, Ikhsannutaqwim, dan Muslimat NU yang ketiganya berada di Kelurahan Gunungpring. Rangkaian kegiatan ini diawali pada bulan Juli 2020 dengan terlebih dahulu mengadakan diskusi mengenai kondisi pembelajaran PAUD di wilayah pedesaan dengan pihak sekolah. Berdasarkan hasil diskusi tersebut, tim PkM menetapkan tiga kegiatan utama yang diharapkan dapat meningkatkan kondisi pendidikan masyarakat, yaitu pemberian alat bantu mengajar, pembuatan pojok baca, dan pemberian alat permainan edukatif.

Pada realisasi kegiatan, tim PkM yang beranggotakan C. Prima Ferri K., M.Pd., Boris Ramadhika, M.Pd., dan Ika Setyowati, M.Eng, memberikan alat bantu pembelajaran berupa projektor mini guna mendukung terciptanya proses pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi murid PAUD. Inisiasi pojok baca juga dikembangkan melalui pengadaan buku cerita serta buku dan alat tulis. Selain itu, tim PkM juga mengenalkan dan memberikan berbagai jenis alat permainan edukatif beserta dengan referensi penggunaannya sehingga nantinya dapat digunakan oleh para guru untuk mendukung proses pembelajaran. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan mampu membantu meningkatkan kompetensi guru sehingga pada akhirnya dapat berkontribusi positif pada kualitas pendidikan dini bagi para murid.

Bagikan :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY